Kebakaran Pasar Bunder Sragen: 7 Kios Terbakar

Kebakaran Pasar Bunder Sragen pada hari Selasa (25/12/2018) kemarin menghebohkan pedagang setempat. Pasalnya, kebakaran tersebut cukup besar hingga membakar ludes sejumlah kios.

Lalu bagaimana kronologi kebakaran tersebut? Yuk, simak fakta-faktnya berikut ini!

 

Kronologi Kebakaran Pasar Bunder Sragen

Kebakaran Pasar Bunder - Kebakaran Sragen

Sumber – Joglosemarnews

Tidak hanya di daerah Kemayoran, pada hari natal kemarin juga terjadi kebakaran di Sragen, Jawa Tengah, tepatnya di Pasar Bunder. Kebakaran tersebut terjadi pada pukul 16.40 WIB.

Mulanya api berasal dari kios makanan ringan milik Siti. Kemudian api menjalar ke enam kios lainnya, termasuk sebagian dari Bank BRI Pasar Bunder. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Kebakaran Pasar Bunder dapat dijinakkan setelah DAMKAR mengerahkan lima unit mobil pemadam. Tak hanya DAMKAR, proses pemadaman api ini dibantu pula oleh BPBD Sragen, Kepolisian, TNI, dan warga setempat.

Menurut Kepala DAMKAR Sragen, Tasripin, kebakaran terjadi akibat adanya korsleting listrik pada salah satu kios. Kerugian materiel yang diakibatkan oleh kebakaran ini kiranya mencapai Rp15 juta.

 

Kebakaran Pasar Bunder: Bagaimana Antisipasinya?

Kebakaran Pasar Bunder - APAR

Kebakaran Pasar Bunder memang tidak menyebabkan korban jiwa. Namun, kerugian materiel yang diakibatkan tentunya cukup berarti bagi pemilik usaha.

Hal ini tentunya dapat menjadi pelajaran untuk kita semua. Bahwasanya, penting untuk memiliki proteksi kebakaran untuk menjaga aset dan bisnis Anda.

Jika Anda memiliki usaha kios snack seperti bu Siti, ada hal yang perlu diketahui. Sebagian besar snack tentunya dikemas dari bahan plastik. Plastik sendiri termasuk dalam benda mudah terbakar.

Tentunya bila terjadi kebakaran, api akan dengan mudah menjalar. Lalu bagaimana untuk mengantisipasinya?

Sebuah tempat usaha bisa menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) sebagai alat proteksi kebakaran. Namun, sebelum membeli APAR, ada baiknya menilik klasifikasi kelas kebakaran terlebih dahulu agar dapat memilih media APAR yang tepat.

Menurut klasifikasi APAR, plastik dan benda-benda mudah terbakar lainnya masuk dalam klasifikasi kelas kebakaran A. Media APAR yang tepat untuk memadamkannya adalah media cair, powder, dan media foam.

Nah, sekarang Anda tahu media APAR yang tepat untuk antisipasi usaha Anda. Jangan sampai kebakaran Pasar Bunder menimpa usaha Anda akibat tidak memiliki proteksi kebakaran. Untuk mendapatkan produk APAR terbaik, Anda bisa membelinya di Bromindo.

Selain menyediakan APAR dengan kualitas terbaik, kami juga memiliki aplikasi firecek untuk mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR yang Anda miliki. Yuk, hubungi Bromindo sekarang juga!

Kebakaran Pasar Bunder - APAR GuardAll Bergaransi

Recommended Posts

Leave a Comment