Kebakaran SPBU Poncol Semarang

Kebakaran SPBU Poncol SemarangSPBU Poncol terbakar pada hari Senin (15/9) pukul 05.00 WIB. Kebakaran ini terjadi ketika seorang Pengendara Honda Megapro H-5440-ZD, bernama Ameng warga Kuningan Semarang Utara mengisi bensin. saat itu, posisi mesin motor sudah mati namun tiba-tiba dari bawah tangki bensin terbakar. dari kejadian tersebut Ameng mengalami luka bakar di tangan kiri dan punggung kiri. Saat ini dia dirawat di RS Panti Wilasa Citarum. saat ini Petugas Laboratorium Forensik Polri Cabang Semarang mengambil sisa-sisa barang di Kebakaran SPBU Poncol Semarang, pada Selasa (16/9) untuk melakukan investigasi kebakaran. Barang yang diambil meliputi sisa arang sepeda motor, dispenser premium, dan atap yang terbuat dari seng dan alumunium dan barang lainnya yang diperlukan. Pengambilan barang bukti itu untuk mendalami identifikasi awal dari Inafis Polrestabes Semarang pada Senin (15/9). Kapolsek Semarang Utara, AKP M Ridwan mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi dari karyawan dan korban. “Pemeriksaan masih berlangsung,” ujarnya. Lokasi tersebut saat ini ditutup dengan seng untuk menjaga tempat kejadian perkara (TKP) dari jamahan orang-orang yang melintas.

Kronologi Kebakaran SPBU Poncol Semarang

Dari rekaman CCTV SPBU diketahui, Kebakaran SPBU Poncol Semarang mengakibatkan ledakan yang terjadi pada Senin (15/9), pukul 05.00 WIB dari bagian kanan sepeda motor itu. Diduga tangki sepeda motor bocor dan mengenai busi, sehingga tidak langsung terbakar, tetapi meledak. Dalam hitungan detik ledakan juga terjadi di dispenser premium di sebelahnya. Dispenser solar yang berjarak dua meter itu lalu ikut terbakar dan merambat atap juga.

Kerugian Kebakaran SPBU Poncol Semarang

sementara itu menurut Manajer SPBU Poncol, Lefi Kurniawan mengatakan, total kerugian Kebakaran SPBU Poncol Semarang tersebut diperkirakan mencapai Rp 1 miliar. beruntung Kebakaran tersebut tidak merembet ke tangki pendam, karena mesin pompa telah mengunci secara otomatis saat terjadi kebakaran. untuk proteksi pemadam kebakaran di dalam area SPBU, sebaiknya menggunakan alat pemadam yang menggunakan media powder karena media ini cocok untuk kebakaran benda padat maupun cair. kuantitasnya pun harus disesuaikan dengan luas SPBU sehingga saat terjadi kebakaran petugas dapat segera mengambil tindakan pemadaman.

sumber: (suaramerdeka.com/ Zakki Amali)

Leave a Comment