Kelebihan dan Kekurangan Fire Hydrant

Kelebihan dan Kekurangan Fire Hydrant

Kelebihan dan Kekurangan Fire HydrantSebuah perusahaan atau gedung memasang instalasi system fire hydrant tentunya mempunyai alasan tersendiri. Kelebihan dan Kekurangan Fire Hydrant ada beberapa poin yang akan disebutkan dibawah. kelebihan yang paling utama adalah sebagai upaya penanganan dini jika dalam area gedung tersebut terjadi musibah kebarakaran. Dengan adanya system fire hydrant sewaktu-waktu jika terjadi kebakaran, api akan lebih mudah dipadamkan oleh operator fire brigade perusahaan tersebut atau petugas pemadam kebakaran yang datang. Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Fire Hydrant antara lain:

Kelebihan dan Kekurangan Fire Hydrant untuk pemadam kebakaran

Kelebihan Fire Hydrant

  • Mampu memadamkan api dalam skala besar, system hydrant yang dibangun tentunya memperhatikan luas lokasi yang diproteksi. Semakin besar jaringan yang dibangun maka semakin luas pula daerah yang bisa dijangkau. Terlebih dalam satu selang bisa mencapai jarak 30meter dan bisa disambung jika jarak tempuhnya lebih panjang.
  • Penanganan kebakaran cepat, setelah ada titik api yang terdeteksi dalam sebuah bangunan tim pemadam akan dapat segera mengambil tindakan untuk memadamkan api. Letak output fire hydrant berada di tempat-tempat strategis sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mencari dan segera melakukan action pemadaman api.
  • Penggunaan mudah, peralatan hydrant umumnya memiliki dokumen-dokumen tentang cara penggunaan yang direkomdasikan. Selain itu, dari kontraktor proyek instalasi fire hydrant juga biasanya melakukan basic training cara penggunaan alat-alat fire hydrant sehingga siapapun dapat mengoperasikannya.

Kekurangan fire hydrant

  • Biaya instalasi tidak sedikit, untuk membuat satu jaringan fire hydrant di sebuah tempat paling tidak perusahaan membutuhkan dana minimal seratus juta. Biaya ini tentunya besar jika dilihat secara nominal, namun bayangkan apabila tidak ada system fire hydrant, berapa kerugian aset yang ditimbulkan jika terjadi kebakaran? Tentunya mungkin akan lebih besar.
  • Hydrant Equipment banyak, dalam sebuah instalasi fire hydrant terdapat banyak perangkat yang bekerja sebagai satu kesatuan system yang utuh. Antara lain pompa, pillar, box, pipa-pipa, selang, nozzle dll. Perangkat tersebut memiliki karakteristik tersendiri dan membutuhkan inspeksi secara berkala untuk mengetahui apakah alat tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Perawatan Berkala, untuk memastikan jaringan instalasi system fire hydrant bekerja dengan baik harus dilakukan inspeksi berkala untuk kemudian diterbitkan laporan mengenai jalannya testing. Jika ditemukan kerusakan, kebocoran atau masalah lain dalam jaringan. Maka harus dilakukan maintenance terhadap temuan tersebut. Sehingga fire hydrant dapat digunakan kembali dengan sebagai mana mestinya.

Tanggapan Kelebihan dan Kekurangan Fire Hydrant

Kelebihan dan Kekurangan fire hydrant tersebut tentunya akan ditanggapi dengan berbeda pada setiap orang. Jika orang tersebut memikirkan jangka panjang dan mempunyai keyakinan bahwa membuat instalasi fire hydrant akan lebih mempunyai manfaat daripada tidak ada jaringan hydrant, atau mempunyai pengalaman traumatis terhadap sebuah kejadian kebakaran yang memakan korban baik materi maupun korban jiwa serta hilangnya aset-aset yang telah diinvestasikan sebelumnya. maka orang tersebut tidak akan segan-segan membuat instalasi tersebut di lingkungannya. Namun jika seseorang berfikir jangka pendek dan tidak yakin kalau instalasi fire hydrant dapat membawa sebuah manfaat, maka orang tersebut akan ragu-ragu dalam membangun instalasi system fire hydrant di lingkungannya. Disamping biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan system fire hydrant yang tidak sedikit. Semua tergantung pada pribadi masing – masing individu. demikian artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Fire Hydrant. semoga bermanfaat. :mrgreen:

Leave a Comment