Media Pemadam Kebakaran

Media Pemadam Kebakaran

Zat yang dapat memadamkan api disebut sebagai media pemadam kebakaran menurut typenya media ini dapat dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing dari media memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda namun semuanya mampu dijadikan alat untuk memadamkan kebakaran. Kelompok yang pertama adalah jenis padat, yaitu media yang dapat dipegang, berbentuk padat seperti pasir, tanah, tepung kimia (dry chemical), selimut api (fire blanker). Yang kedua adalah jenis cair, seperti Air, busa dan cairan lainnya yang mudah menguap. Jenis terakhir yaitu gas, merupakan media pemadam kebakaran yang tidak dapat dipegang karena berbentuk gas. Seperti karbon dioksida, gas argon serta gas – gas inert lainnya.32 Media pemadam kebakaran

Media Pemadam Kebakaran Padat

Media pemadam kebakaran jenis padat seperti tanah atau pasir memiliki fungsi membatasi agar kobaran api tidak menjalar, untuk kebakaran dengan skala kecil dapat difungsikan untuk menutupi permukaan bahan yang terbakar, untuk memisahkan oksigen dari api sehingga nyala akan padam. Tepung kimia atau dry chemical powder dibagi menjadi tepung kimia biasa, sangat cocok untuk kebakaran cairan, gas dan listrik. Bahan baku dari tepung kimia reguler ini adalah sodium bicarbonat atau biasa disebut baking soda, Potassium bicarbonat atau kadang disebut purple “K” sebagai zat untuk menghisap cairan, dan bahan-bahan lain dari perusahaan pembuatnya.

Media Pemadam Kebakaran Jenis Powder

Tepung kimia lain yang dapat digunakan sebagai media pemadam kebakaran disebut tepung kimia serbaguna atau multipurpose. Sebutan lain untuk tepung ini adalah tepung kimia ABC, sangat aktif untuk pemadaman api dari kelas A,B,C seperti kertas, kayu, minyak, listrik, gas. Bahan baku untuk tepung kimia multipurpose ini adalah Amonium phospate, kalium sulfate. Tepung yang terakhir adalah tepung kimia khusus. Artinya tepung ini hanya khusus digunakan untuk kebakaran logam. Bahan baku yang digunakan adalah campuran kalium chloride, magnesium chloride, barium chloride, natrium chloride, dan kalsium chloride.

Cara Kerja Media Pemadam Kebakaran Jenis Powder

Cara kerjanya tepung kimia dalam memadamkan api yaitu, jika dilihat secara fisik tepung menyelimuti bahan yang memicu kebakaran, sehingga oksigen dapat terpisah dengan bahan bakar. Sifat api tidak bisa menyala jika tidak ada oksigen. Secara kimiawi reaksi pembakaran menghasilkan radikal hidroksil dari api, dan zat itulah yang diserap oleh tepung kimia sebagai media pemadam kebakaran.

Leave a Comment