Alat Pemadam Kebakaran, Fungsi dan Penggunaannya

Mengenal Alat Pemadam Kebakaran

Mengenal Alat pemadam kebakaran adalah salah satu cara agar kita dapat menggunakan dan merawatnya. Peralatan ini adalah salah satu alat yang wajib di sediakan di lingkungan industri.

Alat pemadam kebakaran berfungsi untuk melindungi aset bisnis dan keselamatan para pekerja saat kebakaran terjadi. Namun ketersediaannya masih kurang di perdulikan.

Alat Pemadam api dan nama-nama komponennya

Bahkan tidak sedikit dari kita yang hanya tahu gambaran secara umum terkait alat pemadam kebakaran namun jarang yang paham tentang bagaimana cara kerjanya seperti apa.

Oleh karena itu di artikel kali ini akan kupas tuntas terkait dengan APAR mulai dari fungsi, komponen hingga cara kerjanya

Tabung pemadam di Indonesia pada umumnya berwarna merah lengkap dengan petunjuk penggunaan dan instruksi yang jelas.

Penempatan alat ini mengacu kepada standar minimal antara satu tabung dengan tabung lainya berjarak 15m lari. Atau jika kita hitung dalam satuan meter persegi adalah setiap 225 meter persegi 1 unit tabung APAR.

Mengenal Komponen Alat Pemadam Kebakaran

Dalam APAR terdiri atas beberapa komponen penting agar fungsi APAR bisa lebih maksimal. Komponen-komponen ini tidak boleh ada yang cacat, robek, apalagi sampai bengkok.

Jadi, berikut beberapa komponennya;

Head Grip Peralatan Pemadam Kebakaran

Pada bagian atas alat pemadam kebakaran ialah Head Grip yang berfungsi sebagai penekan katup buka tutup. Head Grip juga dapat berfungsi sebagai pegangan bagi pengguna saat menuju ke lokasi kebakaran.

Head Grip memiliki dua bagian yaitu Head Grip bagian atas dan Head Grip bagian bawah. Pada Head Grip bagian atas terdapat lubang yang berfungsi sebagai tempat safety pin (pin pengaman).

Alat Pemadam Api bagian Head GripPin pengaman di buka hanya pada saat terjadi kebakaran. Saat membuka kunci pengaman pegang atau tahan Head Grip bagian atas saja jangan memegang kedua bagian head.

Hal ini membuat kunci pengaman menjadi susah terbuka karena kunci pengaman tertekan Head Grip bagian atas dan Head Grip bagian bawah.

Pressure Gauge Alat Pemadam Kebakaran

Yang selanjutnya adalah alat pengukur tekanan atau yang sering dikenal dengan pressure gauge. Alat pengukur tekanan berfungsi untuk mengetahui tekanan kerja tabung pemadam.

Perlu diingat bahwa pressure gauge bukanlah indikator untuk isi alat pemadam kebakaran. 13 sampai dengan 15 bar adalah indikator tekanan kerja rata-rata peralatan pemadam kebakaran dan hal tersebut berlaku untuk semua ukuran APAR mulai dari 1 kg hingga 90 kg alat.

Alat pemadam kebakaran bagian pressure gaugeKode warna terdapat pada pressure gauge yaitu warna merah dan hijau, pastikan alat pemadam kebakaran milik Anda posisi jarum penujuk yang terdapat pada pressure gauge berada pada posisi warna hijau, hal ini menunjukkan bahwa alat untuk memadamkan kebakaran dalam kondisi siap digunakan.

Selang dan Pengait Selang (Hose dan Hose Holder)

Komponen lain adalah selang (hose) dan pengait selang (hose holder). Lakukan pemeriksaan berkala pada bagian selang.

Pastikan selang tidak tersumbat, penyumbatan selang terjadi karena pada bagian ujung selang sering digunakan sebagai sarang lebah.

Alat Pemadam Api komponen selang atau hoseApabila alat pemadam kebakaran anda berisi media dry chemical powder, pastikan pada bagian dalam selang tidak terdapat  powder. Jika hal ini terjadi segera hubungi teknisi terpercaya anda untuk melakukan pengecekan atau pengisian ulang.

Sering terjadi peralatan pemadam kebakaran yang sudah terpakai (walaupun hanya sedikit) kemudian di tempatkan kembali pada tempat semula.

Hal ini sangat berbahaya pada saat terjadi kebakaran alat pemadam kebakaran atau APAR tersebut sudah tidak dapat digunakan.

Cara Mudah Perawatan Alat Pemadam Kebakaran

Seperti yang sudah di bahas di awal juga bahwa dalam mengenal alat pemadam api merupakan hal terbaik untuk kita bisa mengerti bagaimana cara menggunakan dan merawatnya.

Bicara soal masalah perawatan APAR atau alat pemadam api, sekarang sudah ada loh metode yang paling mudah dan simpel untuk bisa merawat APAR.

Yaitu bisa dengan menggunakan aplikasi Firecek yang dapat di akses di berbagai perangkat seperti smartphone, iPad, hingga komputer.

Alat Pemadam Api ceknya pakai aplikasi FirecekDi dalam aplikasi Firecek terdiri dari beberapa fitur yang membantu kamu dalam merawat APAR. Beberapa fitur tersebut seperti:

  1. Scan QR yang bantu kamu melakukan perawatan APAR
  2. Inventory, adalah fitur penyimpanan data APAR agar lebih aman
  3. Agenda Inspeksi, adalah fitur yang bantu kamu membuat jadwal inspeksi APAR
  4. Notifikasi expired untuk mengetahui kapan APAR harus di refill.

Beberapa informasi tadi semoga bisa menambah wawasan lebih luas terkait penggunaan dan perawatan APAR ya.

Recommended Posts

Leave a Comment

0