Mengenal Alat Pemadam Kebakaran

Mengenal Komponen Alat Pemadam Kebakaran.

Mengenal Alat pemadam kebakaran adalah salah satu cara agar kita dapat menggunakan dan merawatnya, alat pemadam adalah salah alat yang wajib disediakan dilingkungan industri, alat pemadam kebakaran berfungsi untuk melindungi aset bisnis dan keselamatan para pekerja saat kebakaran terjadi. Namun ketersediaannya masih kurang diperdulikan. Terkesan aneh memang di beli tetapi tak perduli. Dalam artikel ini saya ingin memberi gambaran tentang apa dan bagaimana alat pemadam kebakaran. Tabung pemadam di Indonesia pada umumnya berwarna merah dan dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan instruksi yang jelas. Penempatan alat pemadam mengacu kepada standar minimal antara satu tabung pemadam dengan tabung pemadam lainya berjarak 15m lari, atau jika kita hitung dalam satuan meter persegi adalah setiap 225 meter persegi 1 unit tabung pemadam kebakaran.Mengenal Alat Pemadam Kebakaran

Head Grip Alat Pemadam Kebakaran

Pada bagian atas alat pemadam kebakaran disebut dengan head grip yang berfungsi sebagai penekan katup buka tutup, head grip juga dapat berfungsi sebagai pegangan bagi pengguna saat menuju ke lokasi kebakaran. Head grip memiliki dua bagian yaitu head grip bagian atas dan head grip bagian bawah, pada head grip bagian atas terdapat lobang yang berfungsi sebagai tempat safety pin ( pin pengaman ). Pin pengaman dibuka hanya pada saat terjadi kebakaran. Saat membuka kunci pengaman pegang atau tahan head grip bagian atas saja jangan memegang kedua bagian head, hal ini membuat kunci pengaman menjadi susah dibuka karena kunci pengaman tertekan head grip bagian atas dan head grip bagian bawah.

Pressure Gauge Alat Pemadam Kebakaran

Alat pemadam kebakaran dilengkapi dengan alat pengukur tekanan ( pressure gauge ), alat pengukur tekanan berfungsi untuk mengetahui tekanan kerja tabung pemadam bukan sebagai indikator isi alat pemadam, hal ini perlu diluruskan karena banyak orang yang beranggapan demikian. 13 hingga 15 bar adalah tekanan kerja rata rata alat pemadam kebakaran, tekanan ini berlaku untuk semua ukuran mulai dari 1 kg hingga 90 kg alat. banyak orang yang berpandangan keliru, mereka beranggapan kapasitas alat pemadam kebakaran semakin berat tekanannya semakin besar. Kode warna terdapat pada pressure gauge yaitu warna merah dan hijau, pastikan alat pemadam kebakaran milik anda posisi jarum penujuk  yang terdapat pada pressure gauge berada pada posisi warna hijau, hal ini menunjukkan bahwa alat pemadam kebakaran dalam kondisi siap digunakan. Komponen lain adalah selang ( hose ) dan pengait selang ( hose holder ), lakukan pemeriksaan berkala pada bagian selang. Pastikan selang tidak tersumbat, penyumbatan selang terjadi karena pada bagian ujung  selang sering digunakan sebagai sarang lebah. Apabila alat pemadam kebakaran anda berisi media dry chemical powder, pastikan pada bagian dalam selang tidak terdapat  powder, jika hal ini terjadi segera hubungi teknisi terpercaya anda untuk melakukan pengecekan atau pengisian ulang. Sering terjadi alat pemadam kebakaran yang sudah digunakan ( walaupun hanya sedikit ) kemudian di tempatkan kembali pada tempat semula, Hal ini sangat berbahaya pada saat terjadi kebakaran alat pemadam kebakaran tersebut sudah tidak dapat digunakan.

Leave a Comment