Menghindari Masalah Alat Pemadam Api Menggumpal

Menghindari Masalah Alat Pemadam Api Menggumpal

Alat Pemadam api ringan media dry chemical powder memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan alat pemadam api media lain seperti karbon dioksida, gas liquid, dan foam. media powder berbentuk sepeti bubuk bedak kering dengan butiran lembut yang efektif untuk pemadaman api. media ini banyak digunakan karena lebih murah harganya, serta multi purpose dapat digunakan untuk memadamkan berbagai kelas kebakaran (padat, cair, elektrik). untuk itu, diperlukan perlakuan yang berbeda dalam penyimpanan dan pemakaian untuk menghindari berbagai masalah pada alat pemadam api media powder seperti penggumpalan dan tekanan turun. pada artikel kali ini akan dibahas beberapa tips yang bisa dipraktekkan untuk Menghindari Masalah Alat Pemadam Api Menggumpal. Poin-poin berikut menyoroti beberapa isu-isu yang tidak hanya akan menghemat waktu serta tenaga pemilik alat pemadam api, tetapi juga memastikan bahwa alat pemadam api dapat siap digunakan saat ada kejadian kebakaran.

Tips Menghindari Masalah Alat Pemadam Api Menggumpal

1. Hindari penanganan yang berlebihan saat mentransfer formula Media. Serbuk kimia kering terdiri dari campuran partikel yang biasanya berukuran antara 15-60 mikron. Penanganan berlebihan atau mentransfer secara asal agen-agen ini dapat mengakibatkan hilangnya beberapa partikel halus. Sebaiknya ketika transfer ulang bahan kimia kering, petugas servis harus menggunakan peralatan yang higienis yang kering dan tertutup untuk menghindari kontaminasi atau pencampuran dengan media agen lain.

2. Minimalkan potensi media menjadi lembab. karena kelembapan bisa berpengaruh terhadap serbuk kimia kering ini. penggumpalan dapat mudah terjadi, akibatnya alat pemadam tidak bisa digunakan. Jangan melakukan servis alat pemadam api saat kondisi hujan untuk
memastikan semua kontainer agen tetap kering.

3. Pastikan menyimpan bubuk kimia kering di tempat yang tepat dan suhu yang stabil. penempatan Dry chemical powder yang benar adalah di kontainer kedap udara. dengan suhu ruangan sehingga tidak terlalu panas ataupun terlalu lembab. untuk tetap menjaga media tetap kering dan kondisi yang optimal saat digunakan.

4. Pastikan agen warna tidak tercampur. Agen kimia kering sering memiliki warna yang berbeda untuk membantu identifikasi di lapangan. Pencampuran bahan kimia kering yang berbeda dapat menyebabkan penurunan kinerja dan mungkin membuat destruktif lapisan didalam alat pemadam. Jika telah terjadi percampuran serbuk kimia kering, maka sebaiknya dilakukan pembersihan terlebih dahulu. kemudian mengecek kondisi dalam tabung dari korosif sebelum mengganti media yang satu tipe.

5. Seringkali terjadi pada kemasan powder, ada gumpalan-gumpalan yang bisa dilihat secara visual. hal ini bisa terjadi karena penempatan media tidak pada tempatnya. cek kondisi gumpalan tersebut dengan menguji secara singkat di lapangan dengan cara menjatuhkan gumpalan tersebut ke permukaan keras. jika gumpalan hancur maka masih bisa digunakan. namun jika gumpalan tidak hancur atau pecah menjadi gumpalan yang lebih kecil menandakan powder tidak dapat digunakan lagi.

Menghindari Masalah Alat Pemadam Api Menggumpal setelah service

Melalui beberapa tips Menghindari Masalah Alat Pemadam Api Menggumpal diatas, kesimpulan kami adalah penempatan media powder memang harus mendapat perhatian lebih. baik sebelum dilakukan pengisian media ke tabung pemadam api. atau setelah media dimasukkan kedalam tabung. efektifnya jika memiliki alat pemadam api media dry chemical powder maka harus digantung pada tembok minimal 1 meter dari atas tanah untuk mengurangi kelembapan.

Leave a Comment