Menghitung Diameter Pipa pada jaringan Fire Sprinkler

Menghitung Diameter Pipa pada jaringan Fire Sprinkler

Menghitung Diameter Pipa pada jaringan Fire Sprinkler

Menghitung Diameter Pipa pada jaringan Fire Sprinkler dihitung mulai dari titik yang paling jauh dari pipa utama dan pipa cabang. Perhitungan ini mengikuti peraturan yang telah dikeluarkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Indonesia serta standarisasi NFPA (National Fire Protection Association) untuk memastikan bahwa jaringan instalasi fire sprinkle dapat bekerja dengan baik memproteksi area yang memiliki potensi terhadap kebakaran. Menurut panduang pemasangan sistem sprinkle untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan rumah dan gedung tahun 1987 yang diterbitkan oleh Dinas Pekerjaan Umum ukuran pipa sprinkler untuk kebakaran ringan adalah sebagai berikut.

Jumlah Sprinkler Inch mm
2 1 25
3 1 ¼ 32
4-5 1 ½ 40
6-10 2 50
11-30 2 ½ 65
31-60 3 75
61-…. 4 100

 

Menghitung Diameter Pipa pada jaringan Fire Sprinkler gedung

Dalam sistem sprinkle perlu juga diperhatikan mengenai sumber air yang digunakan untuk mengaliri seluruh pipa saat terjadi kebakaran. Persediaan ini dapat diperoleh dari sistem air PDAM, jika tekanan dan kapasitas yang diberikan oleh perusahaan tersebut memenuhi dengan sistem yang direncanakan oleh kontraktor. Sumber lain yaitu pompa otomatis yang bisa memenuhi kebutuhan desain hidrolis, bejana tekan, dan tangki gravitasi. Sementara jumlah pasokan air minimum untuk kebakaran ringan yaitu 500-750 galon per menit, untuk waktu operasinya 30-60 menit digunakan sebagai tindakan pertama saat terjadi kebakaran sebelum petugas pemadam kota datang ke lokasi kebakaran tersebut.

Menghitung Diameter Pipa pada jaringan Fire Sprinkler sangat penting

Pompa yang digunakan harus bisa berfungsi secara otomatis saat terjadi kebakaran, pemicu pergerakan adalah keluarnya air dari head sprinkle akibat pecah karena suhu tinggi sehingga membunyikan alarm kebakaran dan sekaligus otomatis menyalakan pompa utama untuk mengalirkan air ke seluruh jaringan pipa sprinkle yang telah terbuka. Selain pompa utama, pompa lain yang digunakan adalah pompa jockey untuk mestabilkan tekanan yang turun akibat aliran terbuka agar tetap konstan pada kecepatan yang ditentukan. Jika sumber air kosong, maka harus ada supplai air ke tandon oleh petugas pemadam kebakaran agar sprinkle dapat terus memancarkan air menggunakan siamese fire department connection.

Leave a Comment