Pelatihan APAR Columbia Asia Semarang

Pelatihan APAR Columbia Asia Semarang dilakukan pada hari Jumat, 23 November 2018. Kali ini, tim Bromindo berkesempatan untuk memberikan materi pelatihan APAR di salah satu rumah sakit terkemuka di Semarang ini. Pelatihan APAR ini juga dalam rangkaian layanan isi ulang on-site yang juga dilakukan oleh tim Bromindo.

Pelatihan APAR kali ini diikuti hampir 50 staf Rumah Sakit Columbia Asia, Semarang. Pelatihan ini ditunjukan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kebakaran dan cara menanggulanginya.

Pelatihan APAR Columbia Asia Semarang dan Pembekalan dari Bromindo

Pelatihan APAR dimulai dengan pembekalan materi seputar kebakaran yaitu: teori segitiga api, kelas kebakaran, pengenalan APAR, media APAR dan cara menggunakan APAR. Dalam sesi ini juga diadakan tanya jawab seputar penggunaan APAR dan cara memadamkan api, supaya informasi tentang cara memadamkan api dapat dipahami secara utuh.

 

Pelatihan APAR Columbia Asia, Praktek Langsung di Lapangan

Setelah mendapatkan materi seputar APAR dan cara memadamkan api, barulah para peserta pelatihan diajak untuk praktek langsung di lapangan. Praktek ini dimulai dengan memadamkan api menggunakan karung goni. Meskipun kelihatannya mudah, namun pemadaman api menggunakan karung goni harus dengan benar dan tepat.

Karung goni yang digunakan untuk memadamkan api harus dalam keadaan basah. Hal ini bertujuan untuk menutup pori-pori karung goni. Supaya ketika diaplikasikan pada titik api, oksigen akan sulit masuk karena terhalang karung goni basah. Setelah itu, para peserta pelatihan juga diberitahu cara mengangkat karung goni dan menggunakannya untuk memadamkan api.

Pelatihan APAR Columbia Asia Semarang Praktek Langsung dengan Tim Bromindo

Selesai menggunakan karung goni, para peserta diajak langsung untuk memadamkan api menggunakan APAR secara langsung. Di sesi ini, para peserta pelatihan dapat langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat di awal pelatihan tadi. Jadi ilmu yang diberikan tidak hanya teori, namun juga dipraktekan.

Pelatihan APAR Columbia Asia Semarang Praktek Mengangkat APAR

Saat peserta mencoba langsung memadamkan api dengan APAR, para trainer-pun tetap mendampingi supaya ketika mengangkat APAR, menarik safety pin dan menyemprotkan media APAR sudah sesuai dengan standar. Karena jika masih ada kesalahan, dikhawatirkan jika nanti dihadapkan pada situasi nyata akan berdampak bahaya. Maka dari itu, supervisi dari para trainer akan menyempurnakan pelatihan APAR.

 

Manfaat yang Didapat dari Pelatihan APAR Columbia Asia Semarang

Manfaat yang didapat dari pelatihan APAR tentu akan sangat berguna bagi para peserta. Namun, satu hal yang menjadi objektif dari pelatihan ini adalah menyiapkan individu yang siap melakukan pemadaman api pada tahap awal kebakaran (3 menit pertama) menggunakan APAR.

Pelatihan APAR Columbia Asia Memadamkan Api Secara Langsung

Supaya, kebakaran bisa ditangani lebih dini dan tidak meluas. Dengan begitu, kerugian jiwa dan materi-pun bisa diminimalisir.

Secara keseluruhan, pelatihan APAR di Rumah Sakit Columbia Asia sangat lancar dan semua peserta antusias mengikutinya. Semoga pelatihan APAR dari tim Bromindo dapat berguna jika suatu saat terjadi kebakaran dan harus ditangani.

Ayo siapa lagi yang mau melakukan pelatihan APAR seperti Rumah Sakit Columbia Asia Semarang? Bisa langsung menghubungi kami!