Terapkan Cara Menggunakan APAR yang Benar Agar Api Padam

Cara Menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Anda harus memahami terlebih dahulu tentang cara menggunakan APAR (alat pemadam api ringan) yang baik dan benar, sebelum membeli alat pemadam kebakaran tersebut. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara menggunakan APAR yang baik dan benar, itu sama saja alat pemadam kebakaran tidak akan membantu padamkan api kebakaran.

Sebenarnya untuk prosedur/ cara penggunaan APAR sudah tertulis pada setiap tabung pemadam kebakaran yang Anda beli. Namun, ada juga orang-orang yang memiliki APAR, tapi kurang memperhatikan. Sehingga saat kebakaran terjadi kebingungan mencari instruksi. Jika hal ini terjadi, tentu akan sangat berbahaya bagi keselmatan Anda dan orang-orang disekitar Anda.

Langkah-langkah dan Cara Menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Nah, alangkah lebih baiknya, Anda pelajari terlebih dahulu tentang bagaimana cara memadamkan api menggunakan APAR. Dibawah ini akan kami bahas secara lengkap terkait dengan cara pemakaian APAR secara benar.

cara menggunakan apar

  1. Tahapan pertama menggunakan alat pemadam kebakaran ringan yaitu, tarik kunci pengaman atau segel yang berada di bagian tuas.
  2. Pegang bagian ujung selang dan arahkan ujung selang ke sumber api.
  3. Tekan tuas semaksimal mungkin, agar media bisa keluar semua dengan tekanan maksimal.
  4. Kibaskan ujung selang pada sumber api secara perlahan sampai api padam.

Lalu, Berapa Jarak Menggunakan APAR pada Saat Memadamkan Api?

Jadi, untuk penggunaan APAR, tidak bisa sembarangan asal semprot, ya! Idealnya jarak diri Anda dengan api, yaitu 15 meter dan itu merupakan acuan untuk kebakaran skala kecil. Namun, jika api sudah semakin besar, jarak bisa didekatkan lagi agar media bisa secara penuh menyelimuti sumber api. Kharena, jika jarak terlalu jauh, dikhawatirkan dengan satu APAR saja tidak cukup.

Kesalahan Dalam Menggunakan APAR yang Sering Dilakukan

Cara menggunakan APAR seperti di atas adalah acuan standar bagaimana cara menggunakan alat pemadam api. Namun, dari pengalaman para pengguna sering terjadi kesalahan-kesalahan yang perlu diperhatikan. Dibawah ini akan kami berikan ilustrasi berupa gambar, terkait dengan kesalahan yang sering terjadi dan jarang diketahui.

1. Kesalahan Pertama dalam Membawa APAR

cara menggunakan apar

Saat mengambil alat pemadam kebakaran biasanya di bawa dengan cara menenteng. Nah, cara menggunakan APAR seperti ini akan membuat kita kelelahan, kalau jarak antara posisi APAR dengan sumber api jaraknya jauh, apalagi kalau kalau tabung yang dibawa memiliki berat 6 kg ke atas.

Terus, bagaimana dengan tabung APAR yang berisi media CO2 (karbon dioksida) dengan kapasitas 6,8 kg yang bentuk silindernya panjang?

Anda yang memiliki tinggi badan 160 cm akan kesulitan jika membawa APAR CO2 6,8 kg dengan cara ditenteng. Akhirnya yang sering juga terjadi APAR CO2 di bawa dengan cara diseret.

Selain itu, teknik pembawaan APAR  seperti ini sangat tidak disarankan, apalagi dalam keadaan darurat. Kenapa? Karena itu akan akan sangat menghambat mobilitas. Ketika Anda berjalan cepat atau bahkan berlari, tabung akan berbenturan dengan lutut.

cara menggunakan apar

Nah, gambar di atas merupakan contoh pembawaan APAR yang benar dan efektif. Karena mobilitas menjadi lebih mudah dan APAR tidak terasa berat.

2. Kesalahan Kedua Dalam Mebuka Segel APAR

cara menggunakan apar

Kesalahan lain dalam penggunaan APAR biasa terjadi ketika membuka segel. Karena sebagian besar orang yang belum paham, menarik segel akan menjadi sangat sulit karena tidak ada yang memahami tentang bagaimana cara melepaskan segel dengan benar. Itulah mengapa Anda harus benar-benar mengetahui tentang bagaimana cara menggunakan APAR yang benar.

cara menggunakan apar

Kesalahan yang sering terjadi adalah saat Anda menarik segel, posisi tangan menggenggam tuas sampai pin segel terjepit. Dalam kondisi seperti ini, tentu segel menjadi sulit dilepas.

3. Kesalahan Ketiga Dalam Menyemprotkan Media APAR

cara menggunakan apar

Memegang selang APAR pada bagian tengah selang saat Anda tekan tuas APAR. Karena tekanan APAR mencapai 13 bar maka selang akan bergerak kesana kemari tidak tentu arah. Selang yang tidak terarah akan menyebabkan media pemadam tidak dapat memadamkan api secara efektif.

cara menggunakan apar

Nah, cara yang benar adalah dengan memegang bagian ujung selang APAR. Kemudian arahkan ke arah sumber api. Mungkin terlihat sepele, tapi tanpa adanya pengetahuan tentang cara menggunakan APAR dengan benar, pemadaman tidak bisa berjalan dengan lancar.

4. Kesalahan Keempat Cara Menggunakan APAR

Biasanya, pada saat mengeksekusi kebakaran, orang-orang akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghemat media agar tidak cepat habis dengan cara menekan tuas sedikit demi sedikit. Cara itu salah!

Justru Anda harus menekan tuas sampai penuh, terus-menerus, sampai api benar-benar padam. Tenang, karena media APAR bisa diisi ulang.

Mungkin Anda juga ingin bertanya, Apakah APAR hanya sekali pakai saja?

Jadi, dalam penggunaan APAR sendiri memang bisa digunakan beberapa kali, tergantung isi dari media APAR tersebut. Jika memang baru digunakan sedikit, ada kemungkinan APAR masih bisa digunakan lagi.

Akan lebih baik jika APAR yang habis digunakan, apalagi untuk memadamkan kebakaran lumayan besar bisa langsung diisi ulang saja. Sehingga, pada saat terjadi kebakaran serupa, APAR dalam keadaan siaga dan siap digunakan kembali.

cara menggunakan apar dipandu teknisi alat pemadam api

Anda Ingin Mendapat Pelatihan Cara Menggunakan APAR dari Ahlinya?

Bromindo siap datang memberikan pelatihan cara menggunakan APAR ke tempat Anda. Kami yang akan menyiapkan segala peralatan dan kebutuhan pelatihan di tempat Anda. Jadi Anda tinggal mengikuti pelatihan dengan seksama agar menguasai cara menggunakan APAR yang baik dan benar.

Kami telah berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang sistem proteksi kebakaran dan telah banyak memberikan pelatihan cara menggunakan APAR kepada berbagai instansi dan perusahaan. Beberapa diantaranya yaitu:

Dan masih banyak lagi training alat pemadam api yang telah kami berikan kepada mitra-mitra kami.

Selain itu, setelah dilakukan pelatihan cara menggunakan APAR, kami akan melakukan isi ulang APAR Anda saat itu juga. Jadi, aset dan penghuni gedung tetap dalam keadaan aman karena alat pemadam api langsung dipulihkan lagi performanya setelah digunakan.

Cara Menggunakan APAR yang baik dan benar

Beli APAR di Bromindo, Gratis Aplikasi Inspeksi APAR Digital

Kami juga akan memberikan fasilitas eksklusif untuk mitra kami, yaitu aplikasi pengecekan alat pemadam api FIRECEK yang bisa Anda install di smartphone dan kami berikan GRATIS.

Dengan aplikasi pengecekan alat pemadam api FIRECEK, Anda akan dimudahkan dalam mengontol dan mengatur kepemilikan alat pemadam api Anda. Didalam aplikasi ini, Anda bisa menyimpan data alat pemadam api, membuat jadwal pengecekan alat pemadam api rutin, dan melakukan pengecekan alat pemadam api.

Selain memberikan pelatihan cara menggunakan APAR di tempat Anda, kami juga memberikan pelayanan maksimal, dan solusi pengecekan alat pemadam api terbaik agar nantinya alat pemadam api Anda selalu dalam keadaan siap digunakan.

Bromindo juga menyediakan berbagai macam alat-alat proteksi kebakaran, terutama APAR. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi kami atau kunjungi kantor kami di Jakarta, Semarang, atau Yogyakarta untuk mendiskusikan jadwal pelatihan APAR di tempat Anda. Kami selalu siap memberikan pelayanan terbaik di mana pun Anda berada. Jangan lupa juga untuk tetap menerapkan cara menggunakan APAR yang baik dan benar di atas.

Recommended Posts
Comments
  • Safety Mart Indonesia
    Balas

    Oooh. Pegang selang pada bagian ujung selang APAR.

Leave a Comment

0