Pengecekan APAR

Pengecekan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di beberapa perusahaan menjadi kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh HSE department. Pengecekan dilakukan dalam periode 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau paling lambat 12 bulan sekali. Pengecekan APAR berfungsi untuk memastikan alat pemadam kebakaran dalam kondisi siap digunakan.

Untuk mempermudah agenda pengecekan rutin Anda, sebaiknya lakukan hal berikut:

  • Jika terindikasi ada alat pemadam kebakaran yang rusak harus segera dipisahkan untuk tindakan perbaikan.
  • Jangan membiarkan alat pemadam kebakaran yang tidak siap pakai ditempatkan pada posisi siap pakai.
  • Buatlah area khusus untuk alat pemadam kebakaran yang tidak siap digunakan. Hal ini untuk mempermudah manajemen alat pemadam kebakaran.
  • Segera hubungi vendor terpercaya untuk melakukan pengisian ulang APAR yang berada pada sektor tidak layak pakai.

 

Label dan Tag Pengecekan APAR

Dalam periode pengecekan yang sudah ditetapkan, label dan tag pengecekan APAR akan di-update oleh cheker atau petugas pengecekan alat pemadam api.

Dalam periode tertentu, label dan tag pengecekan APAR harus diganti atau diperbarui.

Kondisi ini membuat alat pemadam kebakaran terkesan kumuh atau kotor. Karena biasanya label stiker yang sudah terpasang tidak dapat dibersihkan dengan benar-benar bersih.

Tag yang menggantung pada tabung pemadam dapat mengganggu pengguna saat membawa tabung menuju ke lokasi kebakaran.

pengecekan apar yang tidak efektif

 

Bagaimana caranya agar alat pemadam kebakaran bersih dari tag yang menggelantung pada tabung dan label yang menempel?

 

Aplikasi Pengecekan APAR FIRECEK

Pertanyaan di atas dapat terjawab dengan aplikasi pengecekan APAR FIRECEK.

Aplikasi pengecekan APAR FIRECEK dirancang khusus untuk memudahkan para HSE dalam me-manage alat pemadam kebakaran menjadi lebih mudah & praktis.

Aplikasi pengecekan APAR FIRECEK menjadi aplikasi pengecekan sistem kebakaran pertama di Indonesia yang mampu me-manage ribuan APAR hanya dengan satu genggaman.

Metode penggunaan aplikasi pengecekan APAR FIRECEK begitu mudah dan sangat fleksibel yang bisa Anda lihat di sini.

Kemudahan yang Anda dapatkan dalam melakukan proses pengecekan alat pemadam kebakaran adalah sistem kerjanya yang mampu meng-inventory data hanya melalui QR CODE.

Setelah berhasil mengisikan seluruh data sistem kebakaran ke dalam aplikasi FIRECEK membuat pengguna aplikasi FIRECEK tidak perlu repot menyajikan laporan inspeksi pengecekan alat pemadam kebakaran saat dibutuhkan. Karena sistem pelaporan pada aplikasi FIRECEK dapat dikirim melaluai email, print PDF, atau WhatsApp.

pengecekan apar dengan aplikasi android

Kemudahan Aplikasi Pengecekan APAR FIRECEK

Kemudahan aplikasi FIRECEK sangat terasa manfaatnya bagi perusahaan yang memiliki lokasi atau cabang dibeberapa wilayah di Indonesia bahkan di luar negeri sekali pun.

  • Aplikasi FIRECEK memudahkan kita dalam me-manage seluruh alat pemadam kebakaran yang lokasinya berjauhan satu sama lain. Dengan kemampuan me-manage alat pemadam kebakaran yang terletak di beberapa wilayah yang berjauhan dapat menghemat biaya.
  • Kemudahan dalam menyajikan laporan hasil pengecekan. Hanya dengan menekan tombol “send” hasil pengecekan terkirim ke tujuan. Hal terserbut juga memudahkan Anda untuk mencetak laporan pengecekan APAR dengan mudah. Sistem penyimpanan berbasis cloud memudahkan kita mengakses data dari mana dan kapan saja.
  • Fitur notifikasi membantu Anda untuk mengingatkan jatuh tempo perawatan alat pemadam api, seperti pemberitahuan 7 hari sebelum tanggal kadaluarsa alat pemadam api. Sehingga alat pemadam api akan selalu terpantau dan terawat dengan baik jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
  • Perhitungan biaya yang harus dikeluarkan sudah dapat diperhitungkan secara detail. Lakukan eksekusi penghitungan biaya yang sudah disetujui untuk diteruskan ke vendor terpercaya supaya dilakukan tindakan perawatan servis alat pemadam api.

Aplikasi pengecekan FIRECEK membuat sistem kebakaran lebih terproteksi.

Leave a Comment