ROR dan Fixed Heat Detektor: Fungsi, Cara Kerja, Keunggulannya

Deteksi kebakaran merupakan salah satu aspek kritis dalam sistem keamanan gedung. Dua jenis detektor yang umum dipakai untuk mendeteksi kebakaran adalah ROR dan Fixed Heat Detektor. Apa sih perbedaannya? Artikel ini akan menjelaskan kedua jenis detektor tersebut secara lengkap.

Apa Itu ROR dan Fixed Heat Detektor?

Fire detection system adalah salah satu komponen fire alarm yang sangat penting. Komponen ini berfungsi untuk mendeteksi kebakaran secepat mungkin. Ada dua jenis detektor yang umumnya digunakan, yaitu ROR dan Fixed Heat Detektor.

ROR dan fixed heat detector standar UL FM

Rate of Rise (ROR) Heat Detector adalah jenis detektor panas yang bereaksi terhadap perubahan suhu yang cepat. Detektor ini mengandalkan sensor yang dapat mendeteksi peningkatan suhu yang terjadi dalam waktu singkat.

Apabila suhu di sebuah area meningkat dengan cepat dalam interval waktu yang ditetapkan, detektor ini akan memicu alarm. Ini sangat berguna dalam situasi di mana kebakaran berkembang dengan sangat cepat, sehingga memerlukan tindakan segera.

Prinsip kerja ROR Detektor biasanya melibatkan bimetal strips atau sensor termal yang mengembang dengan cepat ketika terpapar panas. Perubahan fisik pada bimetal atau sensor tersebut akan mengaktivasi switch yang terhubung dengan sistem alarm kebakaran.

Fixed Heat Detektor adalah jenis detektor yang dirancang untuk bereaksi ketika suhu mencapai ambang batas tertentu yang telah diprogram. Detektor ini tidak mengukur perubahan suhu, melainkan suhu mutlak yang tercapai.

Detektor ini menggunakan elemen yang sensitif terhadap panas, seperti fusible alloy atau thermistor. Elemen ini mengubah karakteristiknya secara permanen atau sementara ketika terpapar suhu tinggi, menghasilkan sirkuit tertutup yang akan memicu alarm kebakaran.

Perbedaan ROR dan Fixed Heat Detektor dalam Mendeteksi Kebakaran

Baik ROR Detektor dan Fixed Heat Detektor, keduanya sama-sama berfungsi untuk mendeteksi suhu tinggi yang bisa menjadi tanda awal kebakaran. Namun, ada beberapa perbedaan kedua jenis detektor tersebut yang meliputi:

1. Prinsip Kerja

ROR dan fixed heat detector bergaransi

ROR Detector bekerja berdasarkan deteksi laju kenaikan suhu. Sensor dalam ROR Detectors mengukur seberapa cepat suhu naik dalam periode waktu tertentu. Jika suhu naik melebihi threshold yang ditetapkan (biasanya 6.7-8.3°C per menit), alarm akan terpicu.

Sementara itu, Fixed Heat Detector adalah komponen fire alarm yang diaktifkan berdasarkan pencapaian suhu spesifik. Sensor ini dirancang untuk merespons ketika suhu lingkungan mencapai nilai tetap yang telah diprogram, umumnya berkisar antara 57-77°C.

2. Respon Terhadap Kebakaran

ROR Detektor cepat merespons kebakaran yang menyebabkan kenaikan suhu yang cepat, membuatnya ideal untuk situasi yang memerlukan deteksi awal. Sementara itu, Fixed Heat Detectors mungkin tidak segera merespons kebakaran yang berkembang lambat.

3. Potensi Alarm Palsu

ROR dan fixed heat detector standar NFPA

ROR Detektor cenderung lebih sensitif terhadap perubahan suhu tiba-tiba yang disebabkan oleh hal-hal selain kebakaran, seperti pengoperasian sistem HVAC, membuka pintu ke ruang yang panas, atau ada alat pemanas lainnya. Hal ini bisa menyebabkan alarm palsu.

Fixed Heat Detektor lebih resisten terhadap alarm palsu karena sistem ini hanya akan aktif ketika suhu telah mencapai tingkat tertentu. Hal ini mengurangi kemungkinan alarm palsu di lingkungan yang memiliki variasi suhu reguler.

Baca juga: Penyebab Terjadi Bunyi Fire Alarm Palsu

4. Aplikasi Penggunaan

ROR Detectors umumnya digunakan di area yang mana kebakaran perlu dideteksi secepat mungkin, seperti di area penyimpanan bahan kimia. Sistem ini juga bermanfaat di lingkungan dimana tidak ada fluktuasi suhu besar yang diharapkan.

Di sisi lain, Fixed Heat Detector lebih sesuai untuk tempat-tempat seperti dapur komersial atau area industri yang biasa bekerja pada suhu tinggi, dimana ROR Detectors mungkin terlalu sensitif dan sering memberikan alarm palsu.

Kelebihan dan Kelemahan ROR dan Fixed Heat Detektor, Mana yang Lebih Direkomendasikan?

ROR dan fixed heat detector kualitas terbaik

ROR dan Fixed Heat Detektor memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, sehingga penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik suatu tempat. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan kedua jenis detektor tersebut.

Kelebihan ROR Detektor:

  • Respon Cepat: ROR Detektor bereaksi terhadap kenaikan suhu yang cepat, membuatnya efektif dalam mendeteksi kebakaran pada tahap awal, terutama yang berkembang dengan sangat cepat.
  • Sensitif Terhadap Api yang Berkembang Cepat: Cocok untuk ruang yang mengandung banyak bahan yang mudah terbakar dan dimana kebakaran bisa berkembang dengan cepat.
  • Pencegahan Kebakaran Besar: Dengan deteksi dini, ROR detektor bisa mencegah kebakaran menjadi besar, sehingga meminimalisir kerusakan dan potensi korban.

Kekurangan ROR Detektor:

  • Alarm Palsu: Suhu yang meningkat dengan cepat karena alasan lain, seperti kesalahan sistem HVAC, bisa memicu alarm palsu.
  • Kurang Efektif di Lingkungan yang Suhunya Sudah Tinggi: Di lingkungan dengan suhu yang sudah tinggi atau fluktuatif, ROR Detektor mungkin kurang efektif.
  • Perawatan dan Kalibrasi: Memerlukan perawatan dan kalibrasi yang rutin untuk memastikan keakuratan dan menghindari alarm palsu.

ROR dan fixed heat detector harga teraik

Kelebihan Fixed Heat Detektor:

  • Stabilitas: Lebih stabil dalam lingkungan dengan fluktuasi suhu, detektor ini akan bereaksi hanya ketika suhu mencapai batas tertentu.
  • Kurangnya Alarm Palsu: Karena berbasis suhu tetap, Fixed Heat Detektor memiliki kemungkinan lebih rendah untuk alarm palsu di lingkungan tertentu.
  • Tahan terhadap Variabel Lingkungan: Elemen deteksi tidak terlalu dipengaruhi oleh debu, asap, atau uap yang mungkin mengganggu jenis detektor lain.

Kekurangan Fixed Heat Detektor:

  • Respon Lebih Lambat: Karena perlu mencapai titik suhu tertentu, mungkin tidak secepat ROR Detektor dalam mendeteksi kebakaran yang berkembang cepat.
  • Tidak Efektif untuk Kebakaran yang Menyebar Cepat: Dalam kasus kebakaran yang menyebar dengan sangat cepat, detektor ini mungkin tidak memberikan peringatan yang cukup cepat.
  • Posisi Pemasangan yang Kritis: Pemasangan detektor ini harus sangat diperhitungkan agar suhu tetap dapat terdeteksi dengan tepat.

Memilih antara ROR dan Fixed Heat Detektor harus didasarkan pada analisis risiko yang teliti. Faktor-faktor seperti tipe bangunan, kegiatan yang dilakukan di dalamnya, serta barang-barang yang disimpan harus diperhitungkan.

Kombinasi ROR dan Fixed Heat Detektor juga bisa menjadi solusi yang efektif. ROR Detektor ditempatkan di area dimana kebakaran cepat diperkirakan, sedangkan Fixed Heat Detektor digunakan pada area yang memiliki suhu operasional tinggi atau fluktuatif.

Cari produk fire detector standar NFPA dengan harga terbaik? Beli DISINI.

Distributor ROR dan Fixed Heat Detektor Resmi Harga Terbaik

Dalam industri proteksi kebakaran, pentingnya mengintegrasikan sistem deteksi kebakaran yang canggih dan handal tak bisa diabaikan. Bromindo, sebagai distributor resmi ROR dan Fixed Heat Detektor, telah lama dikenal sebagai nama yang dipercaya di Indonesia.

ROR dan fixed heat detector distributor resmi harga terbaik

Sebagai distributor resmi, Bromindo menjamin setiap produk ROR dan Fixed Heat Detektor yang dijual adalah asli dan berkualitas tinggi. Salah satu produk unggulan kami adalah Heat Detector GuardALL 2 Wire yang sudah berstandar NFPA.

Selain itu, Bromindo menawarkan rangkaian produk ROR dan Fix Heat Detektor dari merek-merek terkemuka di dunia yang telah terbukti keandalannya, antara lain:

  • Hooseki
  • Notifier
  • Secutron
  • dan lain-lain

Kami menawarkan harga yang kompetitif untuk setiap produk ROR dan Fixed Heat Detektor. Dengan pilihan produk yang luas, Bromindo memungkinkan pelanggan untuk memilih solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka

Dengan reputasi yang solid, harga yang kompetitif, dan dukungan pelanggan yang kuat, Bromindo berdiri sebagai pilihan tepat bagi Anda yang mencari solusi deteksi kebakaran yang terpercaya. Untuk informasi lebih lanjut terkait kebutuhan ROR dan Fixed Heat Detektor Anda, hubungi kontak kami.

Recommended Posts

Leave a Comment

0