Penyebab Terjadi Bunyi Fire Alarm Palsu

Penyebab Terjadi Bunyi Fire Alarm Palsu (False Alarm). Dalam benak kita saat ada fire alarm berbunyi berarti ada bahaya yang telah mengancam perusahaan, tapi setelah dilakukan pengecekan tidak ada sumber api/asap yang terlihat.

Kejadian seperti ini mungkin pernah Anda alami, fire alarm berbunyi sendiri tanpa ada penyebab yang jelas atau fire alarm error dan berbunyi terus menerus.

Anda berpikir pasti fire alarm Anda telah rusak atau fire alarm error. Artinya jika benar fire alarm Anda rusak atau error, perusahaan Anda dalam keadaan bahaya yang sangat serius.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

LOOP TROUBLE (also may display as “LOOP 1”, “LOOP 2”, “LOOP 3” followed by the word “TROUBLE” and/or “OPEN” or “SHORT”)

Keterangan di atas menunjukkan sebuah kondisi yang mungkin disebabkan oleh gangguan dari jaringan komunikasi (or signalling line circuit) yang disebabkan oleh “open” nya sirkuit, “short” sirkuit, atau kegagalan perangkat.

Penyebab Terjadi Bunyi Fire Alarm Palsu False Alarm

Selain Open Circuit dan Short Circuit, mungkin sebuah kesalahan pada bel atau rangkaian output yang akan menampilkan berbagai pesan khusus disamping pesan masalah dasar.

Penyebab terjadi bunyi fire alarm palsu diantaranya:

  • Mungkin ada kabel ground terlepas
  • Stand by power supply tidak berfungsi
  • Baterai tidak bisa di-charger atau tidak terhubung pada system
  • Sekering putus atau meledak
  • Detektor kotor terkena debu atau sejenisnya
  • Detektor memang rusak
  • Masalah pada End Of Line (EOL Fire Alarm)

Jika fire alarm Anda menggunakan system addressable ada kemungkinan mapping error atau mapping faulth dan masih banyak lagi penyebab terjadi bunyi fire alarm palsu.

Cara Mendeteksi Penyebab Terjadi Bunyi Fire Alarm Palsu

Apabila sistem alarm kebakaran yang Anda miliki sering mengganggu karena bel alarm terus berbunyi tanpa penyebab yang jelas, bahkan sistem alarm kebakaran Anda tidak pernah berbunyi (berbunyi hanya pada saat dilakukan pengujian saja), pasti ada sesuatu yang salah.

Penyebab Terjadi Bunyi Fire Alarm Palsu fire alarm rusak

Fenomena dari alarm yang salah bunyi (false alarm) dapat dideteksi pada kejadian berikut ini:

  • Sistem alarm kebakaran sering berbunyi (mengganggu): caranya panel alarm kebakaran dimatikan agar bel alarm tidak berbunyi lagi. Dengan kata lain membunuh tikus dengan membakar rumah.
  • Sistem alarm kebakaran terlihat berfungsi, tetapi bel alarm berbunyi hanya pada saat dilakukan pengetesan fungsi, selain kejadian ini bel alarm tidak pernah berbunyi. Jadi untuk apalagi dipasang sistem alarm kebakaran kalau main kucing-kucingan begini, suruh saja penjaga teriak bila melihat api.
  • Detektor yang dipasang menggunakan tipe sensor panas, bel alarm berbunyi bila pada detektor panas tersebut didekatkan dengan api atau hair dryer. Hal ini tidak berbeda dengan menyimpan detektor didalam laci, atau memajang detektor di dalam almari kaca. Ada detektor tetapi tidak berfungsi sebagai alat peringatan dini bahaya kebakaran.
  • Pada panel alarm kebakaran, lampu kuning (fault/trouble) menyala, bagian perawatan ataupun ahli dari pihak ketiga tidak berdaya memperbaikinya, inilah yang disebut permasalahan kronis sistem alarm kebakaran. Karena pemilik sebagai pembeli tidak memiliki software pemrograman untuk panel alarm kebakaran. Kisahnya seperti punya mobil tapi malah naik angkot, kunci dibawa lari oleh si supir.
  • Sistem alarm kebakaran menggunakan konfigurasi full addressable, pengguna tidak menyadari adanya kepentingan memiliki kompatibilitas dengan produk lain pada saat membeli. Kontraktor yang bersangkutan sedang memasang bom waktu, pada saatnya sistem alarm kebakaran ini tidak dapat dirawat.

Solusi Memperbaiki Fire Alarm Rusak

Banyak bunyi fire alarm yang kita dengar memberikan informasi telah terjadi kesalahan atau suatu kejadian pada fire alarm kita yang mungkin memerlukan perhatian dan perawatan sesegera mungkin.

Menghubungi operator keamanan atau pemadam kebakaran setempat, atau teknisi fire alarm bersertifikat atau tukang listrik yang kompeten akan menjadi lebih bijaksana untuk dilakukan.

Recent Posts

Leave a Comment

0