Sistem Fire Alarm Full Addresable Pengertian dan Cara Kerja

Sistem Fire Alarm Full Addressable, kita sudah mengetahui, bahwa instalasi fire alarm sistem memiliki 2 jenis sistem, yaitu fire alarm konvensional, dan fire alarm addresable. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Sistem fire alarm full addresable, apa itu fire alarm full addreasable.

wiring diagram sistem fire alarm full addressable

Sistem fire alarm yang kebanyakan digunakan untuk instalasi Fire Alarm di gedung bertingkat adalah sistem addresable, misalnya perkantoran, mall, hotel dan gedung yang memiliki banyak ruang. Perbedaan mendasar antara sistem addresable dan sistem konvensional adalah dalam hal Address (Alamat).

Perbedaan sistem Fire Alarm Konvensional dan Addresable

Pada sistem addresable setiap detector memiliki alamatnya masing-masing guna menyatakan identitas ID dirinya sendiri. Jadi titik kebakaran dapat dengan mudah diketahui dengan pasti. Karena panel dapat memberikan informasi mengenai deteksi yang berasal dari detector yang mana.

Sedangkan sistem konvensional hanya memberikan informasi deteksi berasal dari Zone tertentu atau Loop, tanpa bisa memastikan detector mana yang mendeteksi kebakaran, sebab 1 Zone bisa terdiri dari 5 bahkan 10 detector, bahkan terkadang bisa lebih.

Mengapa disebut Sistem Fire Alarm Full Addresable?

Agar dapat memberikan informasi alamat ID, maka diperlukanlah sebuah module yang disebut dengan Monitor Module. Dengan ketentuan satu module untuk satu, sehingga sistem menjadi benar-benar addressable sepenuhnya ( full addressable). Sedangkan addressable detector adalah detector konvensional yang memiliki module yang sudah built-in.

Sistem Fire Alarm Full AddresableApabila detector konvensional akan dijadikan addressable, maka wajib dihubungkan dahulu ke monitor module yang terpisah. Dengan teknik rotary switch ataupun DIP switch, alamat module detector dapat ditentukan secara berurutan, misalnya dari 001 sampai dengan 127.

Kelemahan Sistem Full Addresable

Sampai sejahu ini fire alarm full addresable masih menjadi sistem fire alarm paling baik dibandingkan dengan konvensional, karena dengan menggunakan sistem Fire Alarm Full Addresable kita dapat dengan mudah langsung menuju titik kebakaran terjadi. Sehingga dapat mengantisipasi kebakaran yang menjalar dan merambat ke ruang di sebelahnya.

Sistem Fire Alarm Full AddressableUntuk itu, segera konsultasikan pemasangan fire alarm Anda bersma kami. Bromindo, kontraktor fire alarm terbaik. Kami sudah melayani di berbagai kota di seluruh Indonesia. Datang langsung ke kantor kami di Jakarta, Semarang, dan Jogja.

Kami akan memberikan solusi yang terbaik untuk melindungi aset Anda yang berharga. Tehnisi kami berpengalaman, dan produk kami sudah tersebar luas di seluruh Indonesia. Tunggu apalagi? Hubungi kami sekarang juga!

Recommended Posts

Leave a Comment

0