Pengertian Sistem Fire Alarm Konvensional

Sistem fire alarm konvensional. Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, bahwa ada 2 jenis fire sistem alarm, yaitu sistem fire alarm addressable dan sistem fire alarm konvensional. Di artikel sebelumnya, kami sudah membahas, apa itu sistem fire alarm full addressable? Nah, selanjutnya kita akan bahas sistem fire alarm yang satunya, yaitu sistem fire alarm konvensional.

Apa itu Sistem Fire Alarm Konvensional?

Sistem fire alarm yang dirancang dan dibuat untuk gedung-gedung dengan skala yang kecil. Seperti sekolahan, minimarket, dan perkantoran. Sistem alarm konvensional ini diaplikasikan di gedung-gedung dengan ruangan yang lebih simple dan tidak komplek, karena rangkaian instalasi pada fire alarm ini lebih simple dibandingkan dengan fire alarm full addressable.

sistem fire alarm konvensionalPada Sistem Fire Alarm jenis konvensional tidak memiliki kemampuan untuk mengirimkan address atau ID yang spesifik. Fire alarm jenis ini hanya mampu mengirimkan informasi tempat terjadinya bahaya melalui zona atau loop, tanpa tau detektor mana yang terpicu.

Bagaimana Sistem Fire Alarm tersebut bekerja?

Pada sistem ini detektor terhubung dengan control panel menggunakan kabel. Jika detektor mendeteksi adanya sinyal kebakaran, berupa asap maupun suhu yang naik secara signifikan, maka detektor akan mengirimkan sinyal ke panel dan membunyikan alarm.

fire alarm sistem konvensionalContorl panel akan menginformasikan zona mana di dalam gedung yang telah terjadi kebakaran. Kita bisa mengatur tiap zona. Misal zona 1 diatur untuk lantai bawah, zona 2 untuk hall, zona 3 untuk gudang dan seterusnya.

Berbeda halnya dengan full addressable yang dapat mengidentifikasi dengan tepat detector mana yang berbunyi. Misal di sebuah hotel, kamar nomor 101 yang mendeteksi adanya kebakaran. Maka detektor di kamar tersebut akan mengirimkan sinyal ke kontrol panel dan memunculkanya melalui annunciator, bahwa kamar 101 terjadi kebakaran.

Keuntungan menggunakan sistem konvensional

Dari segi harga masih tergolong terjangkau. Pemasangan yang tidak sekompleks jenis addressable. Sistem konvensional cocok sekali untuk gedung-gedung kecil yang menginginkan standar keamanan yang tinggi, agar bisnis, aset dan bangunan anda tetap terlindungi.

Konsultasikan kebutuhan pemasangan Fire Alarm Anda bersama kami. Kami siap melayani Anda. Hubungi Call center kami di (021) 50102088 untuk wilayah Jakarta, (024) 7499802 untuk wilayah Semarang, atau (0274) 517585 Untuk wilayah DIY. Atau langsung saja datang ke kantor kami di

CoHive 101 Building – Lt. 15 Jl. Mega Kuningan Barat Blok E.4.7 No. 1 Kawasan Mega Kuningan, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan 12950.

Kami siap membantu melindungi aset berharga Anda dari bahaya kebakaran.

 

Recommended Posts

Leave a Comment