Servis Alat Pemadam Api Ringan Apa Standar yang Harus Diperhatikan?

Sebagai pemilik alat pemadam api, kita tidak boleh mengabaikan servis alat pemadam api ringan. Namun, sebelum kita memulai melakukan servis ada baiknya untuk mengetahui standar-standar dalam melakukan servis APAR. Mau tahu apa saja standar-standar dalam menyervis APAR? Yuk, cek infonya di bawah ini!

Servis Alat Pemadam Api Ringan Menurut Anjuran NFPA 10

Perlu diingat alat pemadam api memiliki jangka “usia” sekitar 25-35 tahun. Bahkan ada yang lebih dari masa tersebut, mengingat teknologi dan riset APAR semakin maju.

Namun, sebagian besar pengguna APAR di Indonesia tetap membutuhkan perawatan atau servis alat pemadam api kebakaran secara rutin oleh teknisi yang kompeten. Supaya APAR tetap beroperasi dengan aman dan efektif.

Sesuai isi undang-undang keselamatan kebakaran/keselamatan kerja, kurangnya pemeliharaan APAR dapat menyebabkan alat pemadam api tidak bisa dipakai saat diperlukan. Atau kemungkinan yang lebih buruk adalah tabung meledak saat tekanan over, apalagi jika tabung dalam keadaan sudah karatan.

Servis Alat Pemadam Api Ringan Menurut Anjuran NFPA 10

Tidak ada aturan ketat di Indonesia yang mengatur tentang perawatan atau servis alat pemadam api. Pada umumnya, sebagian besar negara mengadopsi dari NFPA.

Servis APAR memerlukan inspeksi setiap 30 hari untuk memastikan unit-unit APAR bertekanan normal dan tidak terhalang/terpasang pada posisi yang semestinya yang dapat dilakukan oleh pemilik APAR. Lalu, untuk pemeriksaan tahunan harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.

Sedangkan, pengetesan Hidrostatik tekanan untuk semua jenis alat pemadam juga diperlukan. Umumnya pengetesan dilakukan setiap lima tahun untuk APAR bermedia dengan kandungan air dan CO2, sedangkan untuk APAR bermedia kimia kering mencapai 12 tahun.

Baru-baru ini National Fire Protection Association (NFPA) dan ICC memilih untuk memungkinkan penghapusan persyaratan inspeksi 30 hari. Dengan catatan APAR harus tetap dipantau secara elektronik.

Menurut NFPA, sistem pengecekan APAR digital harus menyediakan pencatatan dalam bentuk event log elektronik pada panel kontrol. Sistem ini juga harus terus-menerus memantau kehadiran fisik seorang pemadam, tekanan (pressure) internal tabung dan apakah ada halangan yang bisa mencegah akses penempatan APAR.

Standar Servis Alat Pemadam Api Ringan di Inggris

Di Inggris ada 3 jenis servis alat pemadam api ringan yang diperlukan:

  • Layanan dasar : Semua jenis APAR memerlukan pemeriksaan dasar setiap tahunnya untuk memeriksa berat tabung, tekanan, tanda-tanda kerusakan seperti korosif, penyok dan lain-lain juga pemeriksaan label masa berlaku. Untuk APAR cartridge juga dilakukan inspeksi internal.
  • Layanan diperpanjang : APAR media cair, kimia basah, foam dan powder wajib melakukan pemeriksaan setiap lima tahun. Pemeriksaan termasuk debit uji media dan pengisian. Pada saat pemeriksaan tanda-tanda kerusakan dan tekanan juga diperiksa.

Servis Alat Pemadam Api Ringan di Inggris

Catatan: alat pemadam harus diuji sesuai dengan persentase jumlah unit di setiap daerah tertentu. Beberapa alat pemadam mengandung tekanan yang melebihi 1,38 MPa/13 bar/200 psi  bisa diakibatkan oleh faktor cuaca, merek dan usia tabung.

  • Overhaul: APAR CO2 yang bertekanan tinggi, harus melakukan uji tekanan hidrolik, diperiksa secara internal & eksternal serta dilabeli ulang setiap 10 tahun.

Standar Servis Alat Pemadam Api Ringan di Amerika

Di Amerika Serikat ada 3 jenis servis alat pemadam api ringan:

Pemeliharaan inspeksi: semua jenis alat pemadam harus diperiksa, minimal sekali setahun. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan volume dan tekanan yang bisa dilihat langsung pada jarum pressure gauge yang berada pada posisi hijau dan juga pengecekan berat cartridge.

Lalu, untuk jenis APAR powder diperiksa dengan cara memukul pada bagian bawah tabung menggunakan palu karet dan membolak – balikkan tabung untuk memastikan powder masih layak (harus dilakukan oleh teknisi yang kompeten).

Catatan untuk pemeliharaan fire extinguisher:

  • Air – pertahun atau 5 tahun
  • Foam – setiap 3 tahun
  • Basah kimia & CO2 – setiap 5 tahun
  • Dry chemical powder – setiap 6 tahun
  • Halon dan clean agent – setiap 6 tahun
  • Powder bertekanan cartridge – per tahun

Untuk pengujian hidrostatik: Media air, foam, kimia basah dan CO2 setiap 5 tahun . Media kimia kering, halon dan clean agent setiap 12 tahun.

Catatan: jika APAR terkena panas yang berlebihan, getaran, atau kerusakan mekanis perlu melakukan servis lebih cepat.

Untuk servis alat pemadam api ringan di Semarang, DI Yogyakarta, Solo, Jakarta dan sekitarnya, kami Bromindo siap melayani!

Servis Alat Pemadam Api Ringan di Amerika

Arti Kata : Servis (pe-layanan, bantuan, jasa, ladenan, perbaikan, reparasi pembetulan). Alat ( instrumen, perabot, perangkat, peranti, perkakas, perlengkapan, fasilitas, media, sarana). Pemadam : alat untuk memadamkan (api dsb): ~ api; orang (pasukan) yg bertugas memadamkan (kebakaran dsb): ~ kebakaran. Api( bara, cahaya, elektrik, kebakaran, nyala, obor, sinar, suluh, membakar).Ringan (enteng, gampang, kecil, ringkas).Portable (yang mudah dipindahkan, yang dpt dibawa, yang dpt diangkut)

Recommended Posts

Leave a Comment