Tips Memilih Merawat Alat Pemadam Api Yang Baik

Tips Memilih Merawat Alat Pemadam Api Yang Baik

alat pemadam api

DEP3

Tips Memilih Merawat Alat Pemadam Api Yang Baik menjadi sebuah bekal yang harus anda pahami saat akan membeli alat pemadam api, jangan sampai setelah membeli kemudian anda merasa kecewa atas produk yang sudah anda beli. Karena alat pemadam kebakaran adalah alat yang masih belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia secara umum. Maka dalam postingan kali ini saya akan mencoba mengulasnya.

Bagaimana memilih alat pemadam api yang baik, inilah Tips Memilih Merawat Alat Pemadam Api Yang Baik :

  1. Pastikan produk yang akan anda beli secara kualitas sudah teruji. Uji kelayakan tabung pemadam api biasanya dilakukan oleh dinas terkait dalam hal ini adalah Dinas kebakaran. Jika tabung yang akan anda beli teruji kelayakanya apakah tabung tersebut sudah pasti dapat digunakan saat di butuhkan? belum tentu. Karena ada beberapa faktor yang menjadi pendukung apakah alat pemadam kebakaran yang telah anda beli akan berfungsi secara optimal? Agar tabung yang anda beli dapat berfungsi dan bermanfaat secara optimal maka di butuhkan pendalaman tahap kedua yang harus anda pahami.
  2. Pastikan tabung tersebut memiliki instruksi penggunaan yang jelas, dan yang tidak kalah penting andapun harus memahami instruksi yang tertera pada tabung dengan baik dan benar, karena alat pemadam tidak akan berarti apa – apa jika anda tidak tahu cara penggunaanya. Alangkah baiknya anda mendapatkan informasi dari penjual bagaimana cara menggunakan alat pemadam kebakaran yang sudah anda beli. Dua hal tersebut masih belum cukup, karena dari dua hal tersebut anda harus mendapatkan layanan yang baik dari pihak suplier, layanan apa yang dimaksud ?
  3. Pastikan anda mendapatkan layanan garansi purna jual, karena sering terjadi alat pemadam api saat digunakan tidak dapat mengeluarkan media yang berfungsi untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran. kenapa masalah ini muncul ? salah satu permasalahan yang sering muncul adalah pemadam kebakaran tekanannya mengalami penurunan dengan sendirinya dan anda tidak mengetahuinya, karena sebuah tabung pemadam sebenarnya sudah dilengkapi dengan alat pengukuru tekanan ( pressure gauge ) yang berfungsi untuk mengetahui bahwa alat pemadam api tersebut siap pakai atau tidak. untuk mengantisipasi hal tersebut tabung pemadam kebakaran harus selalu dicek tekanannya, jika anda mengetahui tekanan alat peadam kebakaran yang anda miliki mengalami penurun tekanan segera hubungi suplier alat pemadam api dimana anda membeli dan pastikan anda mendapat garansi, sehingga anda dapat meng klaim garansi tersebut untuk perbaikan.
  4. Alat pemadam api memiliki masa kadaluarsa, karena alat pemadam api memiliki beberapa media dan masing masing media memiliki masa kadaluarsa yang berbeda  biasanya masa garansi berlaku sama dengan masa kadaluarsa media alat pemadam api tersebut. Sering kali terjadi kita lalai saat masa kadaluarsa sudah habis dan saatnya kita harus melakukan servis isi ulang dalam beberapa kasus tidak segera melakukan pengisian ulang tabung pemadam, atas kelalain tersebut dampak yang akan terjadi adalah alat pemadam api tidak dapat berfungsi secara optimal dan anda akan menanggung kerugian yang lebih besar daripada biaya pengisisan itu sendiri.
  5. Saat tabung pemadam api sudah kadaluarsa akan sangat bermanfaat jika media yang ada digunakan untuk latihan, dengan menggunakannya untuk latihan sebelum dilakukan pengisian ulang anda akan mendapatkan manfaat ganda, karena anda menjadi lebih paham bagaimana menggunakan alat pemadam dengan baik dan benar.

Itulah beberapa Tips Memilih Merawat Alat Pemadam Api Yang Baik, untuk mendapatkan informasi lebih detail anda dapat menghubungi kami, Untuk wilayah Semarang, Solo dan Yogyakarta kami melayani servis dan layanan pengisian ditempat, sebelum melakukan pengisian kami selalu memberikan pelatihan agar anda lebih mengetahui cara penggunaan tabung pemadam kebakaran.

Leave a Comment