VFD Teknologi Terbarukan Dari Fire Detektor

VFD Teknologi Terbarukan Dari Fire Detektor

VFD Teknologi Terbarukan Dari Fire Detektor. Video fire Detection ( VFD ) adalah teknologi lapangan untuk mendeteksi kebakaran, yang menawarkan berbagai macam manfaat termasuk respon yang cepat dan handal, VFD sangat efektif untuk pergudangan.  Salah satu tempat yang paling menuntut desainer keamanan kebakaran dan manajer bangunan adalah  gudang karena harus dalam konsidi yang sempurna agar tidak terjadi kebakaran. Biasanya, kebakaran di mulai dari gudang karena peralatan listrik yang rusak, seperti motor listrik, unit pendingin, operasi forklift, switchgear dan pekerjaan maintenance. VFD solusi proteksi kebakaran yang menawarkan kemampuan deteksi yang handal dan sangat dini yang ekonomis dari segi biaya untuk pemasangan di gudang atau pusat logistik .

Video fire Detection ( VFD) Tidak seperti sistem deteksi kebakaran konvensional,

VFD Teknologi Terbarukan Dari Fire Detektor

teknologi VFD tidak menggunakan bentuk asap, panas atau perangkat deteksi api. Sebaliknya , sistem VFD bekerja dengan secara otomatis menganalisis gambar dari kamera CCTV , mencari karakteristik kemudian mengirim informasi dalam bentuk gambar yang menunjukkan adanya asap atau api.

Beberapa manfaat dari VFD lainnya, gambar dari kamera dapat digunakan untuk membangun keamanan serta untuk deteksi kebakaran, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk instalasi CCTV. Selain itu, kamera tunggal dapat mencakup wilayah yang luas , Berbeda dengan detektor konvensional yang ruang lingkupnya sempit rata untuk gudang harus di pasang fire detector untuk setiap 6M. Responnya juga jauh lebih baik , karena operator dapat melihat adegan hidup (Video) dan langsung memulai penyelidikan atau mengintervensi sebelum sistem pemadam / penekanan otomatis dioperasikan . Ini adalah isu yang sangat penting karena cukup sering kerusakan barang di gudang di karenakan air sprinkler atau alat pemadam kebakaran karena analisa yang salah.

Salah satu manfaat paling penting dari sistem VFD ,jika di bandingkan dengan Detektor asap konvensional dimana detector konvensional adalah jantung dari sitem perlindungan suatu perusahaan hanya dapat berfungsi jika asap terdeteksi oleh sensor dari ketinggian 3Meter. Bagaimana dengan langit langit gedung yang tinggi dimana asap tidak sampai ke sensor detector konvensional kalaupun terdeteksi akan membutuhkan waktu yang lama agar asap dari api mencapai detector.

Dalam kasus ini, detektor asap konvensional kurang efektif dalam memberikan respon kebakaran dini . Teknologi VFD menghilangkan masalah ini karena tidak perlu asap untuk mencapai kamera untuk mendeteksi adanya api atau kebakaran.

Bagaimana teknologi ini benar benar bekerja?

Ada dua hal yang perlu di perhatikan untuk menjalankan VFD . Yang pertama adalah dengan menggunakan kamera CCTV standar – yang mungkin sudah berada di gudang yang telah terhubung dengan Digital Video Recorder ( DVR ) dan perangkat lunak VFD yang menganalisis gambar dari kamera ini untuk mengidentifikasi tanda adanya api.

Cara kedua menerapkan teknologi VFD adalah dengan menggunakan kamera khusus dengan kemampuan analisis citra built-in (Built-in image). Kamera tersebut biasanya dihubungkan melalui jaringan IP ke Network Video Recorder ( NVR ) yang berada di sebuah stasiun pemantauan di mana gambar VFD dapat digunakan untuk tujuan keamanan, tetapi yang terpenting VDF juga langsung terkait dengan panel pengendalian kebakaran, Jika kamera mendeteksi api , VDF akan mengirimkan sinyal alarm ke fire control panel.

Sekalipun IP tidak terkoneksi karena kabel terputus atau hal lainnya, kamera masih mampu mengirim sinyal alarm ke fire control panel. Dan sebaiknya menggunakan kabel yang tidak mudah terbakar.

VFD Teknologi Terbarukan Dari Fire Detektor saat telah di kembangkan oleh FIKE Safety Technology Ltd dan masih terus di kmebangkan. dari hasil tes yang telah di lakukan sebanyak 61 dari 63 tes merespon dengan sangat bagus. Teknologi VFD ini menarik banyak minat dari perusahaan yang memberikan perlindungan kebakaran yang terbukti unggul ketimbang sistem konvensional. Kita tunggu teknologi ini di rilis di pasaran.

Sumber : Fike Intelligent Fire Detections Solutions

Leave a Comment