Warna Glass Bulb Pada Head Sprinkler

Warna Glass Bulb Pada Head Sprinkler

Sprinkler kebakaran atau fire sprinkler adalah salah satu komponen dari sistem sprinkler kebakaran yang berfungsi menyemburkan air ketika potensi kebakaran telah terdeteksi. Cara kerja springkler adalah dengan mendeteksi kenaikan suhu pada lokasi terpasangnya springkler tersebut. Glass Bulb Sprinkler adalah perangkat yang digunakan untuk menggerakkan sprinkler head ketika terjadi kebakaran. Warna Glass Bulb Pada Head Sprinkler terdiri dari lapisan kaca yang tipis, yang terdiri dari bohlam thermo kecil yang terbuat dari kaca berisi cairan kimia. Ketika suhu cairan mencapai tingkat tertentu, bola kaca akan meledak dengan cepat, sehingga mengaktifkan sprinkler. Tingkat kesensitifan glass bulb terhadap suhu dapat disesuaikan dan di atur sebelumnya.
Glass Bulb Sprinkler terdiri dari berbagai ukuran dan panjang, dengan diameter dari 12mm ke 2.5mm, untuk memenuhi semua desain bingkai sprinkler yang juga mempunyai beberapa pilihan bentuk dan desain.

Cara Mengenali Warna Glass Bulb Pada Head Sprinkler

Glass Bulb Sprinkler biasanya diberi kode warna untuk menggambarkan suhu operasi yang telah ditentukan. Warna yang biasanya digunakan adalah warna orange, merah, kuning, hijau, biru dan ungu. Perbedaan warna tersebut bertujuan untuk menunjukkan tingkat kesensitifan dari Glass Bulb digunakan. Misalnya saja, Glass Bulb pada Head Sprinkle dengan warna merah akan pecah jika mencapai suhu 68 Celcius, sedangkan Glass Bulb berwarna ungu, baru akan pecah apabila telah mencapai suhu 182 Celcius.

Sebenarnya, warna Glass Bulb Springkler dapat kehilangan warna cairan ketika mengalami suhu dingin, seperti yang ditemukan dalam pendingin dan freezer. The UL/FM/NFSA Standards Review Committee, juga telah melakukan pengujian pada Glass Bulb Springkler, dengan mengambil beberapa sampel Glass Bulb Springkler dari beberapa produsen Seperti Merk Viking, Tyco, Victaulic  dengan berbagai tingkat suhu dingin, yang telah disetujui oleh Underwriters Laboratories (UL) dan FM. Tercatat bahwa sejumlah sampel dengan rating suhu 155 ° F (red) kehilangan warna mereka pada suhu rendah. Namun, lampu ini akan mengubah kembali kewarna merah pada pemanasan sampai suhu kamar. Memudarnya warna juga bisa dilihat pada 175 ° F (hijau) lampu berwarna, tetapi warna cairan tidak sampai ketahap cairan bening. Sekali lagi, warna kembali bila terkena suhu panas.

Jadi, untuk menentukan apakah sprinkler harus diganti atau tidak, diperlukan pengetahuan lebih lanjut tentang cara kerja springkler dan kondisi tempat dipasangnya sprinkler tersebut.Bahkan NFPA 25 telah merevisi laporan tentang warna Glass Bulb Pada Head Sprinkler
Kesimpulannya, Glass Bulb Pada Head Sprinkler adalah cara sederhana untuk mengkonfirmasi bahwa tingkat kesensitifan terhadap suhu. Namun, yang harus dipastikan adalah cairan pada Glass Bulb sprinkler harus tersedia.Hal tersebut dimaksudkan supaya Sprinkler dapat berkerja sesuai dengan fungsinya. Terkait Sprinkler dan perangkat lainnya product viking cukup lengkap dan sudah standar UL Listed dan FM Approve.

Leave a Comment