Water Motor Alarm

      water motor alarmWater Motor Alarm merupakan salah satu jenis alat instrumentasi dalam jaringan fire system yang akan berbunyi saat ada aliran air pada jaringan pipa. Water Motor Alarm bekerja secara otomatis terhadap zat cair yang bergerak secara mekanik (hidromekanik) yang dihubungkan dengan aktuator. Jadi, variabel yang ditinjau adalah level aliran air pada sistem. Alarm ini bekerja secara berkelanjutan atau continue selama water control valve beroperasi pada sistem. Alarm ini sangat cocok diinstal di dinding atau pipa dan dapat pula diinstal di luar ruangan. Water Motor Alarm dapat diinstal satu paket dengan loose dan strainer (¾”). Keunggulan dari Water Motor Alarm ini adalah tidak perlu mengkhawatirkan tekanan yang beroperasi karena sistem ini dapat mengatasinya sendiri, opersainya cepat dan bernilai positif, tahan terhadap segala cuaca dan kondisi alam serta tidak memerlukan pelindung sehingga sangat cocok apabila diinstal di luar ruangan.

water motor alarm yang diproduksi sebaiknya telah memiliki standart UL (Underwrite Laboratories). UL merupakan organisasi terhadap keselamatan terbesar di dunia yang terletak di Amerika serta disetujui oleh FM yang merupakan standar riset, apabila suatu produk berlisensi FM approved maka dapat dinyatakan produk tersebut berkualitas sangat tinggi. Bahan konstruksi yang digunakan adalah Gong dan Housing yang terbuat dari aluminum. Aluminum merupakan bahan tahan korosi sehingga alat dapat tahan lama selain itu bahan ini kuat namun ringan. Bolts dan Nuts yang tebuat dari baja galvinasi. Impeler terbuat dari delrin dan nozzle dari kuningan

Operasi Water Motor alarm

Ketika valve air diaktifkan atau dibuka maka air akan mengalir melewati trim pada valve, menuju strainer, strainer berfungsi untuk menyaring air agar partikel-partikel tidak menyumbat dan merusak alarm. Selanjutnya air menuju water motor inlet. Dari inlet, air mengalir melalui nozzle dan secara langsung aliran menuju ke impeler, aliran yang menggerakan impeler dan membentuk putaran poros menyebabkan lengan striker memutar dan terkoneksi ke alarm. Alarm akan dihubungkan dengan sprinkler yang akan mengeluarkan air. Air dibuang melalui sebuah saluran keluar dengan ukuran 1 inci atau 25 mm yang berada di bawah impeler housing. Air yang dibuang harus disalurkan melalui dinding ke atmosfer atau ke saluran terbuka yang sesuai.

contoha data spesifikasi water motor alarm yang dijual dipasaran sebagai berikut

Spesifikasi Gong

Outlet Sound: 90 dB

Diameter: 223 mm (9”)

Tekanan air yang bekerja

Max: 12 bar (175 psi)

Min: 1 bar (15 psi)

Berat Water Motor Alarm

3.3 kg (7.5 lbs)

Aksesoris

Sistem ini merupakan sebuah paket yang terdiri dari strainer jenis NPT dengan ukuran ¾ inci atau 20 mm pada instalasi alarm

Design Requirements:

Water Motor Alarm ditempatkan pada dinding eksterior pada valve yang menjadi pengatur aliran air. Strainer dengan ukuran ¾ inci yang telah termasuk dalam paket yang dibutuhkan pada alarm. Lokasi instalasi Water Motor Alarm harus mudah dijangkau untuk dibersihkan agar tidak cepat rusak.

Jenis pipa alarm harus 20ND dengan ukuran (¾”) dengan ukuran total panjang maksimum pipa 22,8 meter atau 75 feet. Angka tersebut telah termasuk dalam jumlah minimum pada fitting. Jika panjang pipa melebihi 22,8 meter atau 75 feet maka ukuran pipa harus lebih besar untuk mengrungai gesekan hidrolik pada pipa. Springkel sebaiknya tidak diletakkan lebih dari 1,8 m atau 6ft diatas alarm valve karena dapat merusak alarm.

Leave a Comment