Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan

Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan

Alat pemadam api ringan atau sering disebut APAR membutuhkan perhatian secara khusus agar alat pemadam api tersebut dapat bekerja secara optimal, sehingga dibutuhkan perawatan secara berkala dalam masa tertentu, biasanya perawatan dapat dilakukan secara kontinyu setiap satu bulan, tiga bulan atau enam bulan sekali. Untuk melakukan perawatan tersebut ada beberapa Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan yang anda miliki.

Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan #1 Cek Segel

Beberapa Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan :

  • Cek Segel Pengaman Pada Tabung Pemadam Api.

Cara Merawat Alat Pemadam Api RinganPastikan segel alat pemadam api masih terpasang utuh pada tabung alat pemadam api anda. Jika tabung pemadam api ringan atau APAR yang anda miliki segel nya sudah terlepas langkah yang harus dilakukan adalah membuka selang yang melekat pada tabung pemadam kebakaran tersebut, amati apakah terdapat bekas powder atau busa yang melekat pada drat tersebut ( jika tabung pemadam kebakaran berisi media powder atau busa ) jika ada artinya tabung tersebut sudah terpakai dan segera lakukan pengisian ulang. Jika tabung pemadam api ringan menggunakan media carbon dioxide atau media gas lain ( karena media gas tidak dapat dilacak bekasnya ) maka langkah yang harus kita lakukan adalah dengan cara menimbang tabung pemadam api tersebut apakah beratnya mengalami pengurangan atau tidak ( berat kotor tabung pemadam biasanya tertera pada tabung pemadam api ), apabila beratnya berkurang berarti alat pemadam api tersebut telah digunakan dan sgera lakuka pengisian ulang.

Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan #2 Cek Pressure Gauge

  • Perhatikan alat pengukur tekanan yang terdapat pada tabung pemadam api.

Cara Merawat Alat Pemadam Api RinganSangat disarankan jika tekanan alat pemadam api ringan tekananya turun atau berada dibawah green sector segera servis alat pemadam api yang mengalami kondisi demikian karena jika hal ini dibiarkan akan mengakibat alat pemadam api tidak dapat bekerja dan pastinya tidak akan dapat memadamkan kebakaran biarpun media yang berada di dalam tabung masih utuh, karena pada intinya yang dapat mengeluarkan media yang terdapat didalam tabung pemadam adalah gas pendorong ( gas pendorong yang digunakan adalah N2 kering ).

Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan #2 Cek Label

  • Perhatikan label pengisian yang melekat pada tabung pemadam api.

Cara Merawat Alat Pemadam Api RinganTabung pemadam api baik kondisi baru ataupun kondisi sehabis dilakukan pengisian ulang selalu dilengkapi dengan label pengisian yang di tempelkan pada tabung alat pemadam api. Label ini difungsikan untuk memberi identifikasi kapan tabung pemadam api tersebut dibeli atau kapan alat pemadam api tersebut di isi ulang, karena setiap alat pemadam api ringan memiliki media yang berbeda beda dan perbedaan media tersebut memilki masa kadaluarsa yang berbeda. Maka yang perlu diperhatikan kapan masa pengisian ulang harus dilakukan, segara lakukan pengisian ulang sesuai dengan masa kadaluarsa masing masing media. Sebeleum tabung pemadam api diisi ulang akan lebih bermanfaat jika tabung pemadam api tersebut digunakan untuk training sehingga kita akan lebih memahami bagaimana cara menggunakan alat pemadam api ringan dan kita dapat mengenal lebih dalam bagaimana cara kerja alat pemadam api ringan.

<h3>Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan Secara Rutin</h3>

Segala pearalatan kebakaran membutuhkan perawatan yang baik dan pemahaman yang benar bagaimana cara mempergunakannya, jangan sampai alat pemadam api ringan yang tersedia tidak dapat berguna seperti yang diharapkan. Dengan memahami Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan diharapkan alat pemadam kebakaran yang ada dapat berfungis secara optimal dan dapat bekerja seperti apa yang diharapkan.

Leave a Comment