Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Cek Tipsnya di Sini!

cara merawat alat pemadam api ringan

Alat pemadam api ringan atau sering disebut APAR, membutuhkan perhatian secara khusus. Agar alat pemadam api ini dapat bekerja secara optimal. Sehingga, dibutuhkan perawatan secara berkala dalam masa tertentu.

cara merawat alat pemadam api ringan

Biasanya perawatan dapat dilakukan secara rutin setiap satu bulan, tiga bulan atau enam bulan sekali. Untuk melakukan perawatan tersebut ada beberapa cara.

cara merawat alat pemadam api ringan

Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan dengan Cek Segel

Dalam memulai perawatan APAR, pertama-tama kita bisa mengawali dari segel APAR. Pastikan segel alat pemadam api masih terpasang utuh pada tabung alat pemadam api.

cara merawat alat pemadam api ringan

cara merawat alat pemadam api ringan

Jika tabung pemadam api ringan atau APAR yang Anda miliki segelnya sudah terlepas. Langkah yang harus dilakukan adalah membuka selang yang melekat pada tabung pemadam kebakaran tersebut.

cara merawat alat pemadam api ringan

Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan atau APAR Cek Label APAR Sekarang Bisa Pakai Aplikasi APAR Firecek

Amati apakah terdapat bekas powder atau busa yang melekat pada drat tersebut (jika APAR bermedia powder atau busa). Jika ada bekas powder atau busa, artinya tabung tersebut sudah terpakai dan segera lakukan pengisian ulang.

Jika tabung pemadam api ringan menggunakan media carbon dioxide atau media gas lain, maka langkah yang harus kita lakukan adalah dengan cara menimbang tabung pemadam api tersebut. Apakah beratnya mengalami pengurangan atau tidak. Apabila beratnya berkurang, berarti alat pemadam api tersebut telah digunakan dan harus segera dilakukan pengisian ulang.

cara merawat alat pemadam api ringan

Cek Pressure Gauge dan Label APAR!

Perhatikan alat pengukur tekanan yang terdapat pada tabung pemadam api.

Sangat disarankan jika tekanan alat pemadam api ringan tekananya turun atau berada dibawah green sector, segera melakukan servis. APAR yang mengalami kondisi demikian jika dibiarkan akan mengakibatkan APAR tidak dapat bekerja. Juga pastinya tidak akan dapat memadamkan kebakaran, meski media di dalam tabung masih utuh.

Karena pada intinya yang dapat mengeluarkan media yang terdapat di dalam tabung pemadam adalah gas pendorong (N2 kering). Jika tekanan turun maka akan berdampak pada kinerja APAR.

Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan atau APAR Cek Komponen Pressure Gauge

Perhatikan label pengisian yang melekat pada tabung pemadam api.

Tabung pemadam api baik kondisi baru ataupun kondisi sehabis refill, selalu dilengkapi dengan label pengisian yang ditempelkan pada tabung. Label ini berfungsi sebagai tanda kapan tabung pemadam api tersebut dibeli atau kapan alat pemadam api tersebut diisi ulang.

cara merawat alat pemadam api ringan

Karena setiap alat pemadam api ringan memiliki media yang berbeda-beda dan perbedaan media tersebut memilki masa kedaluwarsa yang berbeda. Maka, yang perlu diperhatikan, kapan masa pengisian ulang harus dilakukan. Segera lakukan pengisian ulang sesuai dengan masa kedaluwarsa masing-masing media.

cara merawat alat pemadam api ringan

Sebeleum tabung pemadam api diisi ulang akan lebih bermanfaat jika tabung pemadam api tersebut digunakan untuk training. Sehingga, kita akan lebih memahami bagaimana cara menggunakan alat pemadam api ringan. Juga, kita dapat mengenal lebih dalam bagaimana cara kerja dari alat pemadam api ringan.

cara merawat alat pemadam api ringan

Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan Secara Rutin dengan Aplikasi Firecek

Segala peralatan kebakaran membutuhkan perawatan yang baik dan pemahaman yang benar bagaimana cara mempergunakannya. Jangan sampai alat pemadam api ringan yang tersedia tidak dapat berguna seperti yang diharapkan. Dengan merawat APAR secara berkala diharapkan APAR dapat berfungsi secara optimal.

cara merawat alat pemadam api ringan

Oleh sebab itu, kami memperkenalkan inovasi terbaru untuk melakukan perawatan APAR lebih ringkas, yaitu aplikasi Firecek. Aplikasi ini yang akan membantu Anda me-manage dan me-monitor APAR secara digital via web dan smartphone.

cara merawat alat pemadam api ringan

Fitur-fitur dari aplikasi Firecek akan membantu Anda:

  • Membuat jadwal inspeksi APAR
  • Menyimpan data dan informasi APAR
  • Notifikasi jika APAR memasuki masa kadaluarsa dan membutuhkan refill
  • Notifikasi jadwal inspeksi APAR
  • Penganggaran biaya perawatan APAR
  • Analisa potensi kebakaran

FYI aplikasi APAR ini dapat juga digunakan di semua merek APAR.

cara merawat alat pemadam api ringan

Cara Merawat Alat Pemadam Api Ringan Secara Rutin dengan Aplikasi APAR Firecek

Sangat membantu bukan? Dan terlebih lagi lebih ringkas dan aman daripada pengecekan APAR secara konvensional. Tertarik mencoba? Yuk klik di sini.

cara merawat alat pemadam api ringan

Recommended Posts

Leave a Comment