Disinfectant Gate Untuk Ternak Ayam Basmi Bibit Penyakit Secara Tuntas

Disinfectant gate untuk ternak ayam diciptakan sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran serta perpindahan bibit penyakit. Hal ini dilakukan untuk membasmi agen penyakit yakni dengan menggunakan bahan kimia atau disinfektan. Pada masa pandemi Corona ini, sanitasi kandang serta peralatan perlu dilakukan secara rutin.

Sanitasi kandang harian dapat dilakukan dengan menyapu kandang setelah proses pemberian pakan. Sedangkan pada sanitasi lingkungan dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar kandang. Dimana dengan membersihkan tanaman serta rumput liar yang ada di sekitar kandang.

Disinfectant Gate untuk Ternak Ayam

wattagnet.com

Disinfectant Gate Untuk Ternak Ayam Basmi Bibit Penyakit Secara Tuntas

Permasalahan yang sering dialami oleh peternak ayam adalah ternak mereka yang sering diserang oleh penyakit. Oleh karena itu, pemeliharaan dalam peternakan ayam adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas ternak. Dalam pemeliharaan kesehatan, diperlukan adanya upaya pengendalian serta pencegahan penyakit.

Salah satu upaya dalam menjaga kesehatan ternak pada masa pandemi ini adalah dengan disinfeksi. Beberapa tempat yang menjadi titik perhatian pelaksanaan disinfeksi dalam usaha perunggasan adalah pintu gerbang, kandang bagian dalam dan luar, penanganan waste product, serta penanganan lalu lintas.

Proses Kerja Disinfectant Gate Untuk Ternak Ayam

Seperti yang kita bahas sebelumnya, disinfeksi merupakan salah satu usaha yang dilakukan dalam upaya membasmi bibit penyakit dengan menggunakan bahan kimia disinfektan. Disinfeksi yang dilakukan pada kandang dan ayam pada periode layer dilakukan setiap dua hari sekali. Sedangkan untuk disinfeksi lalu lalang kendaraan, tamu, serta lingkungan kandang dilakukan secara rutin setiap hari.

Pada peternak ayam konvensional, biasanya penyemprotan disinfektan dilakukan dengan cara keliling pada area kandang. Metode yang digunakan adalah dengan memasang sistem penyemprotan disinfektan yang terdiri dari beberapa nozel penyemprotan. Dimana telah dirangkai dengan instalasi pipa serta pompa listrik yang memiliki daya 300 W.

Pompa tersebut dikendalikan oleh rangkaian kontrol yang dapat dioperasikan secara manual atau otomatis. Dengan demikian, para peternak dapat melakukan penyemprotan disinfektan secara lebih continue pada semua area kandang ayam. Para peternak hanya cukup menekan tombol pada pintu panel pompa, maka waktu penyemprotan pun akan berlangsung relatif lebih singkat.

Recommended Posts

Leave a Comment