FAQ Alat Pemadam Api Ringan

FAQ Alat Pemadam Api Ringan

FAQ Alat Pemadam Api Ringan (APAR) akronim Frequently asked questions tentang alat pemadam api, Apar dapat membantu dalam keadaan darurat, tapi tidak dimaksudkan untuk kebakaran dalam skala besar. Menurut Palang Merah Amerika /American Red Cross, lebih dari 400 orang di AS meninggal setiap tahun ketika berusaha untuk memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran Portable. Seringkali, hal ini karena mereka tidak tahu bagaimana menggunakan alat pemadam kebakaran dengan baik atau karena mereka mencoba untuk memadamkan api terlalu lama atau terpapar oleh asap atau gas lainnya. Untuk Mengetahui lebih lanjut tentang alat pemadam kebakaran dan memahami penggunaan dan pemeliharaan untuk membantu anda tidak masuk dalam statistik.

FAQ Alat Pemadam Api Ringan

FAQ Alat Pemadam Api Ringan

FAQ Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
1. Bagaimana anda memilih alat pemadam api ringan?
Klasifikasi kebakaran dikategorikan berdasarkan bahan yang terbakar. bahan reguler seperti produk kayu, kertas, plastik dan bahan kain masuk kategori kebakaran Kelas A, sementara cairan yang mudah terbakar dan mudah terbakar, seperti bensin, cat, thinner, atau propana, masuk kategori kebakaran Kelas B. Kebakaran kelas C adalah kebakaran listrik, seperti yang melibatkan alat-alat listrik, panel listrik atau peralatan. Semua ini mungkin terjadi di rumah anda. Solusi terbaik adalah dengan membeli alat pemadam kebakaran multi fungsi artinya bisa di gunakan untuk kategori kebakaran kelas ABC.

2. Bagaimana anda menggunakan alat pemadam api ringan?
Empat langkah yang harus di perhatikan untuk menggunakan alat pemadam kebakaran, dapat diingat dengan menggunakan akronim “P.A.S.S” Mulailah dengan “P” Pull/Menarik pin, dan kemudian “A” Aiming/ membidikan nozzle pemadam kebakaran ke arah api, “S” squeezing/menekan pelatuk sementara Tabung pemadam di tegakan, dan kemudian “S” lagi adalah sweeping/menyapu pemadam dari sisi ke sisi, untuk menutupi area yang terbakar telah benar-benar tertutup.

3. Kapan anda harus meninggalkan lokasi yang terbakar?
Palang Merah Amerika/American Red Cross menganjurkan agar anda hanya mencoba untuk memadamkan api tidak lebih dari sekitar 30 detik Kemudian menelepon pemadam kebakaran dan keluar. karena anda tidak bisa berbuat apapun hanya dengan APAR jika api mulai membesar kecuali anda mau dalam bahaya yang serius. Alat pemadam kebakaran dimaksudkan untuk kebakaran api kecil, jadi jika api mengancam dan jika media pemadam telah habis lebih baik untuk keluar dengan aman dan cepat.

4. Bagaimana anda merawat alat pemadam api?
Seharusnya perawatan/maintenance di lakukan oleh teknisi yang telah memiliki kemampuan untuk perawatan fire extinguisher, Anda hanya memastikan jarum tekanan pemadam dalam keadaan stabil di area hijau, Segel masih terpasang baik. Tetap lakukan seperti itu secara teratur sehingga siap dalam keadaan darurat dan jika itu rusak segera beritahukan kepada pen-jual dimana anda mem-beli alat pemadam api ringan untuk di servis atau di ganti yang baru jika memang di garansikan.

FAQ Alat Pemadam Api Ringan (APAR) mungkin juga sering menjadi pertanyaan anda. Salam Safety..

Leave a Comment