Manfaat Fire Suppression System Alat Berat dan Cara Kerjanya

Alat berat seperti buldozer, eskavator, dan truk tambang memiliki peran penting dalam berbagai industri. Namun, penggunaan alat berat ini juga berisiko mengalami kebakaran. Untungnya, sekarang ada teknologi fire suppression system untuk alat berat.

Sejak beberapa tahun terakhir, teknologi fire suppression system untuk alat berat semakin berkembang pesat. Sistem ini sangat penting untuk membantu meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam operasi alat berat ini.

Mengapa Alat Berat Harus Dilengkapi Fire Suppression System?

Berbagai jenis alat berat seringkali digunakan dalam kondisi yang keras dan berisiko mengalami kebakaran. Alat ini bekerja di lingkungan yang penuh dengan bahan bakar, minyak, serta beberapa material mudah terbakar lainnya.

Alat berat harus bekerja terus-menerus selama seharian penuh, sehingga bisa menimbulkan suhu panas tinggi pada ruangan mesin. Ini artinya, sudah terbentuk satu faktor yang dapat menyebabkan kebakaran, yaitu sumber panas.

Meurut teori segitiga api, ada tiga faktor yang bisa menyebabkan timbulnya api, yaitu sumber panas, bahan bakar, dan oksigen.

fire suppression system alat berat standar internasional

Selain itu, keausan, gesekan, dan tekanan yang tinggi dari aktivitas sehari-hari juga bisa menyebabkan kerusakan atau kebocoran pada sistem pelumas dan bahan bakar. Hal ini bisa menjadi sumber potensial kebakaran.

Beberapa area yang berpotensi menimbulkan api adalah mesin, rem tangan, dan baterai atau komponen listrik. Sementara itu, bahan bakar juga bisa menjadi sumber api, seperti minyak, oli, ban atau karet, kain pelapis, hingga serpihan.

Pada bagian blok mesin, hot turbochargers, hot manifolds, dan sistem pembuangan juga menjadi perhatian khusus. Sebab, bagian-bagian tersebut memiliki risiko kebakaran yang tinggi pada alat berat.

Terjadinya kebakaran pada alat berat tentu bisa menyebabkan kerugian finansial yang besar akibat kerusakan peralatan. Belum lagi, kebakaran juga berisiko bagi nyawa operator alat berat dan para pekerja yang ada di sekitarnya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan reaksi api yang menyebar cepat, maka harus ada sistem proteksi kebakaran pada alat berat. Dengan adanya sistem ini, risiko terjadinya kebakaran menjadi berkurang, bahkan bisa jadi lebih aman.

Cara Kerja Fire Suppression System Melindungi Alat Berat dari Kebakaran

fire suppression system alat berat berkualitas

Fire suppression system adalah teknologi yang dirancang khusus untuk mendeteksi, mengendalikan, serta memadamkan api secepat mungkin. Cara kerja fire suppression system dalam mengatasi dan mencegah kebakaran di alat berat adalah sebagai berikut.

1. Mendeteksi Kebakaran

Fire suppression system dilengkapi dengan sensor dan detektor. Fungsinya adalah untuk mendeteksi api atau sumber panas yang menjadi tanda-tanda terjadinya kebakaran. Dengan begitu, tanda-tanda kebakaran bisa diketahui sejak awal.

Sensor yang digunakan bisa berupa sensor pendeteksi panas, asap, atau api. Canggihnya lagi, detektor pada sistem ini terhubung dengan pusat kontrol yang mengawasi kondisi di sekitar alat berat tersebut.

Baca juga: Jenis Detektor Kebakaran dan Fungsinya

2. Memicu Pemadaman

Saat detektor mendeteksi sumber panas yang mencurigakan, fire suppression system akan memicu proses pemadaman. Hal ini bisa dilakukan secara otomatis maupun melalui kontrol manual yang dapat dioperasikan oleh operator.

3. Mengeluarkan Media Pemadam

fire suppression system alat berat teknologi canggih

Ada beberapa jenis media pemadam yang bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran pada alat berat. Termasuk media busa, gas, dan cairan pemadam api. Media tersebut mampu menghentikan perambatan api, sehingga kebakaran bisa padam.

Fire Suppression System Alat Berat Dilengkapi Teknologi Canggih

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, fire suppression system alat berat kini jadi lebih canggih dan efisien. Sistem ini menggunakan teknologi terkini, sehingga fungsi dan kinerjanya lebih efektif. Teknologi tersebut antara lain:

1. Sensor Cerdas

Sensor pada fire suppression system alat berat menggunakan kecerdasan buatan serta pemrosesan data untuk mendeteksi kebakaran secara akurat. Teknologi ini bisa membedakan antara situasi yang aman dan situasi yang berbahaya.

Dengan teknologi ini, maka akan mengurangi potensi pemicuan palsu. Media pemadam bisa lebih hemat karena hanya akan dikeluarkan pada saat api muncul atau kebakaran benar-benar terjadi saja.

2. Pemadaman Lebih Tertarget

fire suppression system alat berat terbaik

Teknologi ini memungkinkan fire suppression system untuk mengarahkan media atau bahan pemadam langsung ke sumber kebakaran dengan akurasi yang tinggi. Hal ini akan mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh pemadaman yang tidak tepat sasaran.

3. Pemantauan Jarak Jauh

Beberapa fire suppression system bisa dipantau dari jarak jauh menggunakan koneksi internet. Hal ini memungkinkan petugas atau operator untuk mengawasi kondisi dan mengendalikan sistem dari jarak jauh.

4. Ketersediaan Media Pemadam Beragam

Fire system modern bisa menggunakan berbagai jenis media pemadam. Pemilihan media pemadam bisa disesuaikan dengan jenis bahaya yang ada di alat berat tersebut. Dengan begitu, maka pemadaman bisa lebih aman dan efektif.

Apa Manfaat Menggunakan Fire Suppression untuk Alat Berat?

Menggunakan fire suppression system bisa membantu perusahaan memenuhi standar keamanan dan lingkungan yang ditetapkan oleh otoritas pemerintah. Disamping itu, penggunaan sistem pemadam ini juga memberikan banyak manfaat lain, yaitu:

1. Keamanan Pekerja Lebih Terjamin

fire suppression system alat berat keamanan tinggi

Manfaat menggunakan fire suppression pada alat berat adalah untuk melindungi keselamatan para operator dan pekerja. Dengan kemampuannya untuk memadamkan kebakaran secepat mungkin, sistem ini akan mencegah cedera serius bahkan kematian.

Operator dan para pekerja bisa bekerja dengan lebih nyaman dan aman. Hal ini akan meningkatkan kinerja mereka, sehingga proyek yang sedang dijalankan oleh perusahaan bisa berlangsung dengan lancar sampai selesai.

2. Aset Alat Berat Terlindungi

Kebakaran bisa mengakibatkan kerusakan yang cukup parah pada alat berat. Hal ini sangat merugikan karena pada umumnya alat berat sangat mahal. Fire suppression system akan mengurangi kerusakan peralatan dan menghemat biaya perbaikan.

Bayangkan jika ada alat berat yang hangus terbakar, tentu perusahaan akan mengalami kerugian yang besar. Sebab, biaya perbaikan alat berat umumnya sangat mahal. Jika rusak parah, perusahaan mungkin harus membeli alat berat yang baru dan mahal.

3. Mengurangi Downtime

Saat alat-alat berat rusak akibat kebakaran, ini bisa menyebabkan downtime yang lama dan mengganggu berjalannya proyek. Untuk itu, fire suppression akan mencegah risiko ini, sehingga memastikan alat berat bisa tetap beroperasi secara optimal.

Dengan berkurangnya downtime, maka perusahaan bisa terus melanjutkan proyek tanpa ada hambatan. Ini memungkinkan perusahaan menyelesaikan proyek tepat waktu, sehingga mendapatkan kepercayaan dan meningkatkan kepuasan client.

Mau Pasang Fire Suppression System untuk Alat Berat Anda?

Pemasangan fire suppression system pada alat berat tentu membutuhkan peralatan dan teknik khusus. Ini hanya bisa dilakukan oleh teknisi yang profesional dan berpengalaman di bidangnya. Jadi, pastikan Anda memilih distributor dan kontraktor terbaik.

fire suppression system alat berat standar NFPA

PT Bromindo Mekar Mitra berpengalaman lebih dari 25 tahun sebagai konsultan, kontraktor, dan distributor sistem proteksi kebakaran. Jadi, Bromindo adalah pilihan terbaik untuk Anda dalam menyediakan sistem proteksi kebakaran yang handal.

Kami memiliki teknisi member resmi NFPA yang akan membantu pemasangan fire suppression system di alat berat Anda dengan profesional. Material dan produk yang kami gunakan juga dijamin sudah teruji dan bersertifikat nasional maupun internasional.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera lindungi alat berat Anda dengan fire suppression system yang berkualitas. Untuk mendapatkan penawaran fire system terbaik dari Bromindo, silahkan datang ke kantor kami atau hubungi kontak kami sekarang.

Recommended Posts

Leave a Comment

0