Hydrant Gedung: Cara Kerja dan Biaya Instalasinya

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan hydrant gedung sebagai sistem proteksi kebakaran. Mungkin Anda pun berminat untuk menginstalasi sistem fire hydrant ini pada gedung yang Anda miliki.

Namun, mungkin yang membuat pemilik gedung belum juga memasang sistem fire hydrant adalah mahalnya biaya instalasi. Memang berapa sih biaya instalasi hydrant gedung?

Daripada penasaran, simak artikel ini untuk mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan untuk instalasi sistem ini. Selain itu kami juga akan membahas mengapa biaya instalasi sistem tersebut cukup tinggi.

 

Cara Kerja Hydrant Gedung

Hydrant Gedung - Instalasi Hydrant

 

Hydrant gedung merupakan sistem fire hydrant yang didesain dan diinstal pada sebuah gedung. Sistem hydrant gedung menggunakan media air bertekanan untuk memadamkan kebakaran.

Cara kerja sistem ini adalah bekerja secara manual. Konsepnya adalah jaringan hydrant dan sistem pipa yang akan memasok media air untuk dialiri ke titik api.

Sistem ini pun dapat bekerja dengan didukung oleh komponen-komponen di dalamnya. Adapun komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut:

  • Reservoir

Reservoir merupakan sebuah tandon air yang menampung media hydrant untuk memadamkan api. Tandon ini dipersiapkan unutk memasok air yang bisa memadamkan kebakaran selama 30 menit.

  • Hydrant Pump

 

Hydrant pump merupakan pompa hydrant yang akan bekerja dalam pendistribusian media air menuju jaringan hydrant. Pompa hydrant ada tiga jenisnya, yakni jockey, electric, dan diesel pump.

Electric dan diesel pump berfungsi sebagai pemompa air, sementara jockey pump berfungsi untuk menstabilkan tekanan air saat dialirkan agar tidak merusak sistem hdyrant gedung.

  • Siamese Connection

Bila media reservoir dipersiapkan untuk dapat memadamkan api selama 30 menit dan api juga belum padam, lalu bagaimana selanjutnya? Maka dari itu dibutuhkan sebuah siamese connection.

Komponen ini berfungsi untuk menyambungkan jaringan hydrant dengan mobil pemadam kebakaran. Bila tandon habis, maka mobil pemadamlah yang akan mendistribusikan media air.

  • Hydrant Pillar

Hydrant Gedung - Hydrant Pillar

Hydrant pillar merupakan komponen jaringan output tempat kerluarnya media air yang telah dihantarkan oleh jaringan pemipaan hydrant. Pillar ini memiliki tiga jenis, yakni one way, two way, dan three way sesuai dengan jumlah outputnya masing-masing.

  • Hydrant Box

Hydrant box tidak dapat disepelekan keberadaannya dalam sistem hydrant gedung. Box hydrant ini berfungsi menyimpan aksesoris hydrant seperti selang (hose), valve, nozzle, hose rack, yang mendukung bekerja sistem hydrant.

 

Bagaimana Cara Menentukan Biaya Instalasi Hydrant Gedung?

Hydrant Gedung dan Biaya Instalasi - Faktor Penentu Biaya

Dalam sebuah instalasai sistem fire hydrant gedung dapat dikatakan bahwa Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Untuk instalasi hydrant gedung minimalis, biaya instalasinya sekitar Rp500 juta hingga miliyaran rupiah.

Tentunya angka tersebut tergantung proses perencanaan yang telah dirancang oleh konsultan dan pemilik gedung. Biaya yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan peralatan gedung itu sendiri.

Untuk menentukan biaya instalasi hydrant gedung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Adapun penentu biaya instalasi tersebut antara lain:

1. Anggaran Dana Pemilik Gedung

Hal terpenting dalam menentukan biaya instalasi fire hydrant gedung adalah berapa anggaran yang dimiliki oleh pemilik gedung itu sendiri (user). Setelah mengetahui dana yang tersedia, kemudian lakukan konsultasi dengan pihak kontraktor untuk menyesuaikan peralatan dan sistem terbaik yang sesuai dengan budget user.

2. Luas Area Gedung

Semakin luas area gedung Anda, tentunya semakin besar pula biaya yang dibutuhkan untuk instalasi hydrant gedung. Pasalnya, media air dan aksesoris lainnya yang dibutuhkan untuk proses pemadaman api akan semakin banyak pula.

Maka dari itu, wajar bila instalasi hydrant gedung membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sistem hydrant harus mampu memompa air dari tandon hingga lokasi kebakaran. Media hydrant harus dapat bekerja selama 30 menit dalam proses pemadaman api.

3. Peralatan yang Akan Digunakan

Hydrant Gedung - Electric Pump

Peralatan yang akan digunakan dalam instalasi hydrant gedung juga dapat menjadi penentu biaya instalasi fire hydrant. Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, maka instalasi hydrant dapat menggunakan pipa tipe medium.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi pompa dalam fire hydrant. Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, Anda bisa menggunakan pompa berstandar UL FM dan NFPA.

Tiap pompa pun bervariasi kapasitasnya. Mulai dari 250 gpm, 500 gpm, 750 gpm, dan 1000 gpm. Anda bisa menyesuaikannya sesuai luas area dan anggaran yang Anda miliki.

 

Nah, itu dia kira-kira biaya instalasi dan faktor penentunya. Apakah kini Anda berminat memasang hydrant gedung sebagai sistem proteksi kebakaran Anda?

Bila tertarik menginstalasi hydrant gedung, Anda bisa menghubungi kami. Bromindo telah dipercaya oleh banyak perusahaan untuk mengerjakan project sistem proteksi kebakaran mereka. Yuk, hubungi kami sekarang juga!

Hydrant Gedung dan Biaya Instalasi - Hydrant System