Hydrotest Jakarta Membantu Mendeteksi Kebocoran APAR

Hydrotest Jakarta adalah salah satu servis APAR yang tersedia di Bromindo Jakarta. Ini adalah salah satu layanan servis APAR yang wajib dilakukan oleh para pengguna APAR. Lalu, mengapa APAR butuh mendapatkan layanan hydrotest Jakarta? Ini alasannya.

Dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : PER 01/MEN/1982 dinyatakan bahwa tabung APAR termasuk dalam kategori bejanan bertekanan yang harus melakukan pengetesan hydrotest. Karena tabung yang bekerja terus menerus di bawah tekanan yang cukup kuat beresiko mengalami kebocoran. Maka dari itu, tabung APAR harus melakukan hydrotest.

 

Manfaat Hydrotest Jakarta Bagi Pengguna APAR

Melakukan layanan hydrotest Jakarta memang sangatlah penting karena banyak manfaat yang akan didapat dari hydrotest ini. Manfaat utama dari pengetesan APAR ini tidak lain adalah untuk mengetahui secara dini jika ada kebocoran atau potensi kebocoran yang ada pada tubuh tabung APAR.

Hydrotest Jakarta dan Manfaatnya

Dengan mendeteksi kebocoran tabung APAR, maka para pengguna APAR-pun akan terhindar dari kecelakaan fatal yang dapat disebabkan oleh bocornya tabung APAR. Misalnya, tekanan APAR habis karena tabung bocor dan APAR tidak bisa digunakan saat kebakaran terjadi. Atau tekanan APAR tidak stabil karena tabung bocor dan memicu ledakan tabung APAR. Tentu Anda tidak mau kecelakaan itu terjadi bukan?

 

Hydrotest Jakarta untuk Jenis APAR Apa Saja?

Semua jenis APAR wajib mendapatkan layanan hydrotest Jakarta dengan jangka waktu tertentu. Misalnya, untuk APAR CO2 dan HFC-227 wajib melakukan pengetesan paling tidak 5 tahun sekali. Lalu untuk media APAR powder dan foam, selambat-lambatnya melakukan pengetesan 12 tahun sekali.

Hydrotest Jakarta Wajib untuk Semua Jenis APAR

 

Hydrotest Jakarta di Bromindo Dilakukan Sesuai Standar NFPA

Seperti yang sudah diatur dalam NFPA 10 bab 5 halaman 17, pengetesan APAR hydrotest haruslah dilakukan oleh teknisi berpengalaman. Hal ini untuk memastikan hydrotest sudah dilakukan dengan benar dan tepat. Karena jika hydrotest dilakukan oleh orang yang tidak ahli dapat beresiko.

Sebelum APAR mendapat layanan hydrotest Jakarta, teknisi Bromindo akan membersihkan dahulu tabung APAR dari sisa media pemadam api yang ada di dalam tabung. Setelah itu, akan dilakukan pengecekan fisik untuk melihat ada atau tidaknya kerusakaan seperti korosif, penyok dan lain sebagainya. Jika ditemukan kerusakan-kerusakan, maka proses hydrotest pada tabung tidak dilanjutkan karena beresiko meledak.

Hydrotest Jakarta Dilakukan Sesuai Standar oleh Teknisi Bromindo

Jika tabung dianggap siap untuk melakukan layanan hydrotest Jakarta, maka akan diisi dengan cairan berwarna. Setelah itu, tabung juga akan diberi tekanan 1,5 sampai 2,5 tekanan kerja tabung. Lalu, pengetesan akan dilakukan secara eksternal dan internal untuk melihat kebocoran, penyok atau tanda-tanda kerusakan lainnya pada tabung.

Ayo sudah saatnya merawat APAR dan mencegah kebocoran pada tabungnya. Langsung saja serahkan pengetesan APAR dengan layanan hydrotest Jakarta pada ahlinya!

Recommended Posts

Leave a Comment