Jenis Alat Pemadam Api Ringan yang Wajib Anda Tahu!

Jenis alat pemadam api mungkin masih banyak orang yang belum memahami alat pemadam api yang mereka miliki, baik dari jenis dan sistem kerjanya seperti apa. Jika sistem alat pemadam api tidak dipahami, maka yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mereka dapat mengoperasikan alat pemadam api tersebut dengan benar.

Jenis alat pemadam api mengacu pada sistem kerja yang terdiri dari tiga sistem, yaitu sistem stored pressure, cartridge dan plug system. Nah, ketiga sistem inilah yang akan dibahas di bawah ini!

Kenali Jenis Alat Pemadam Api Stored Pressure

Stored pressure sistem sesuai dengan namanya, bekerja dengan menggunakan tekanan langsung. Artinya tabung pemadam api yang berisi media baik media powder, foam maupun media gas menyatu dengan gas pendorong nitrogen kering.

Nitrogen kering atau N2K sangat tepat digunakan sebagai gas pendorong alat pemadam api karena gas ini bersifat kering dan tidak memiliki kandungan air. Sehingga tidak akan memberikan efek terhadap media, khususnya powder yang sangat rentan akan kelembaban, yang dapat mengakibatkan APAR powder menjadi membeku, sehingga tidak dapat bekerja secara optimal.

Jenis Alat Pemadam Api Stored PressureCiri khas dari sistem stored pressure, biasanya dilengkapi dengan alat pengukur tekanan (pressure gauge). Pada umumnya APAR stored pressure memiliki tekanan antara 13-15 bar.

Cari Tahu Apa Itu Alat Pemadam Api Cartridge

Jenis alat pemadam api cartridge pada jaman dahulu mendominasi pasar alat pemadam api di Indonesia. APAR cartridge pada waktu itu banyak diminati terutama pada industri yang keberadaan lokasinya sangat terpencil, karena APAR ini mudah dalam hal perawatan dan isi ulang. Karena media dan gas pendorong tidak bercampur menjadi satu, sehingga dalam proses pengisian ulang bisa lebih mudah.

Jenis Alat Pemadam Api Cartridge

Namun, seiring perkembangan teknologi jenis APAR cartridge mulai berkurang peredarannya. Hal ini akibat mahalnya harga pengisian ulang APAR jenis ini. Karena dalam proses isi ulang, selain medianya, tabung cartridge-nya pun harus diisi ulang atau bahkan harus dilakukan penggantian. Ditambah lagi harga unit baru tabung cartridge harganya sangat mahal jika dibandingkan dengan jenis APAR lain.

Mari Pahami Cara Kerja Alat Pemadam Kebakaran Plug System

Prinsip kerja alat pemadam api plug system hampir mirip dengan stored pressure system. Tapi yang membedakan adalah saat mengeluarkan medianya.

Pada sistem stored pressure media akan keluar pada saat head alat pemadam ditekan. Pada saat head ditekan spindle akan bergerak turun dan lobang head secara otomatis akan terbuka dan media dengan dibantu gas pendorong akan keluar.

Jenis Alat Pemadam Api Plug System

Untuk plug system, saat head ditekan maka secara otomatis akan mematahkan pipa bagian atas. Pada saat pipa patah, media bertekanan akan keluar untuk melakukan proses pemadaman.

Jenis Alat Pemadam Api,Jenis Alat Pemadam Api,Jenis Alat Pemadam Api, Jenis Alat Pemadam Api

Rekomendasi Alat Pemadam Berkualitas yang Cocok untuk Anda!

Setelah mengetahui jenis-jenis alat pemadam api di atas, tentunya Anda semakin paham bahwa alat ini tidak diciptakan tanpa sebab. Alat pemadam api atau sering disingkat APAR, memiliki kemampuan untuk memadamkan api sesuai dengan klasifikasi kebakaran.

Nah, oleh sebab itu segera miliki APAR untuk proteksi jiwa dan aset Anda dari bahaya kebakaran! Kami punya rekomendasi APAR terbaik bagi Anda, yaitu APAR Firefix. Dengan APAR Firefix Anda dapat menyesuaikan kebutuhan Anda sesuai dengan potensi kelas kebakaran:

Jenis Alat Pemadam Api Ringan Rekomendasi Damkar

  • Powder untuk proteksi kelas kebakaran ABC tersedia kapasitas 0,5 Kg, 1 Kg, 2 Kg, 3 Kg, 3,5 Kg, 4 Kg, 4,5 Kg, 5 Kg, 6 Kg & 9 Kg.
  • CO2 untuk proteksi kelas kebakaran B & C tersedia kapasitas 2,2 Kg, 3 Kg, 5 Kg & 6,8 Kg.
  • Foam untuk proteksi kelas kebakaran A & B tersedia kapasitas 6 Kg & 9 Kg

    APAR Firefix adalah APAR rekomendasi Lab Damkar DKI Jakarta (nomor sertifikasi Firefix: LAB-DAMKAR-DKI-NO. 11/LHU/I/2020) yang telah terkoneksi aplikasi cek APAR Firecek dan bergaransi 5 tahun.

Dapatkan APAR di atas dengan harga yang sangat terjangkau, bisa cek harga dan belanja online di sini. Selain itu dapatkan gratis pengiriman tanpa minimum order untuk area Jakarta, Surabaya dan Semarang. Untuk info lebih lanjut dan penawaran cepat bisa tekan tombol berikut:

Recommended Posts

Leave a Comment