Jenis Alat Pemadam Kebakaran Apa Saja? Cek di Sini!

Jenis alat pemadam kebakaran dapat dikelompokan menjadi 2, yaitu alat pemadam kebakaran ringan dan berat. Untuk mengatasinya kebakaran yang berbeda jenisnya, maka alat pemadam harus disesuaikan dengan kebutuhan potensi kebakaran yang terjadi atau berpotensi terjadi.

Lalu apa itu alat pemadam kebakaran?

Alat pemadam kebakaran adalah alat yang berfungsi untuk memadamkan kebakaran agar tidak meluas sehingga dapat menekan kerugian materiil dan immateril. Agar lebih jelas, mari kita mendalami lebih detail jenis alat pemadam kebakaran untuk kebakaran ringan dan kebakaran besar di bawah ini.

Jenis Alat Pemadam Kebakaran Ringan

Jenis alat pemadam kebakaran ringan adalah alat pemadam kebakaran untuk menghadapi kejadian kebakaran yang penjalaran apinya masih kecil. Pada kondisi tersebut, kebakaran dapat diatasi dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Penggunaan alat pemadam kebakaran ringan disarankan pada saat asap belum pekat menyelimuti ruangan. Namun ketika api mulai membesar dan asap semakin pekat, kita sudah tidak mampu mengendalikan kebakaran dengan alat pemadam api ringan.

Jenis Alat Pemadam Kebakaran Ringan

Maka langkah yang tepat yaitu menghubungi dinas kebakaran setempat. Lalu, lakukan evakuasi kebakaran segera jika api sudah tidak dapat dikendalikan.

Jenis Alat Pemadam Kebakaran Berat

Menghadapi kebakaran yang sudah membesar dan tidak dapat kita padamkan dengan alat pemadam kebakaran seperti APAR. Maka yang kita butuhkan adalah jenis alat pemadam kebakaran dengan kapasitas media pemadam lebih besar atau yang bisa kita sebut Alat Pemadam Api Berat (APAB).

Jenis Alat Pemadam Kebakaran Berat

Alat pemadam kebakaran besar adalah alat pemadam kebakaran yang memiliki kapasitas mulai dari 20 kg hingga 100 kg. Alat pemadam ini juga dilengkapi dengan trolley untuk mempermudah mobilisasi.

Cara Menggunakan Berbagai Jenis Alat Pemadam Kebakaran

Saat kebakaran terjadi, alat pemadam kebakaran untuk kebakaran ringan atau besar dapat disiapkan secara bersamaan. Ingat hanya dipersiapkan secara bersamaan, tidak digunakan secara bersamaan.

Alat pemadam kebakaran ringan APAR memang harus digunakan terlebih dulu saat api masih kecil. Dalam kondisi seperti ini jangan lupa harus kita persiapkan juga alat pemadam kebakaran besar atau APAB sebagai back up. Jika api belum dapat dikendalikan barulah alat pemadam kebakaran besar digunakan.

Cara penggunaan alat pemadam api ringan maupun berat pada dasarnya hampir sama. Dengan mengetahui cara mengggunakan alat pemadam kebakaran yang baik dan benar, Anda akan selalu siap untuk menangani keadaan darurat kebakaran kapan dan di mana saja.

Jenis Alat Pemadam Kebakaran dan Cara Menggunakannya

Recommended Posts

Leave a Comment