Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk di Tomang Jakarta Barat

Kebakaran pemukiman padat penduduk terjadi di daerah Tomang, Jakarta Barat. Kebakaran tersebut terjadi pada hari Senin (21/1/2019).

Lebih dari dua puluh unit pemadam kebakaran dikerahkan. Untuk informasi selengkapanya, mari kita tilik kronologi kebakaran pemukiman padat penduduk di bawah ini!

 

Kronologi Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk di Tomang

Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk - Kebakaran di Tomang Jakarta Barat

Dok: Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Barat -TribunJakarta

Kebakaran kerap melanda wilayah ibu kota Jakarta. Umumnya kebakaran pemukiman padat penduduk lah yang cukup sering terjadi. Seperti yang terjadi pada kebakaran pemukiman padat penduduk di daerah Tomang, Jakarta Barat pada Senin, 21 Januari 2019.

Kejadian kebakaran ini terjadi tepatnya di Jalan Tomang Utara I, RT 01 RW 10, yakni dibelakang pusat elektronik Roxy Square, Jakarta Barat. Bencana yang menimpa pemukiman tersebut terjadi sekitar pukul 02.55 WIB.

Menurut Rompis Romlih, selaku Kasie Ops Damkar Jakarta Barat, pihaknya telah menerjunkan 22 unit pemadam kebakaran dengan 88 personel. Namun naas, kebakaran baru dapat dipadamkan sekitar pukul 09.30 WIB.

Hingga sampai saat ini belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa. Namun, menurut laporan, ada sekitar 240 rumah warga yang hangus terbakar. Berdasarkan olah TKP, dilaporkan bahwa titik api bermula dari salah satu rumah warga yang sedang memasak.

 

Antisipasi Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk

Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk - Jual APAR Dexter

Kebakaran pemukiman padat penduduk dapat terjadi kapan saja dan dengan berbagai macam penyebab. Mulai dari korsleting listrik, hingga api dari dapur seperti yang terjadi pada kebakaran di daerah Tomang di atas. Lalu bagaimana antisipasi yang dapat dilakukan?

Jika Anda bertinggal di pemukiman padat penduduk, ada baiknya memikirkan betapa pentingnya proteksi kebakaran untuk hunian Anda. Memiliki hunian di kawasan padat penduduk sangatlah rawan terkena dampak kebakaran.

Pasalnya, meskipun kebakaran yang terjadi merupakan kebakaran kelas kecil, jika tidak segera ditangani akan menimbulkan kebakaran besar. Selain itu, si jago merah pun akan cepat merambat ke hunian di sekitarnya.

Untuk mengantisipasi kebakaran pemukiman padat penduduk, Anda bisa menggunakan APAR dengan media cair, dry powder, dan foam. Namun bila mengingat kebakaran dapat terjadi kapan saja termasuk malam hari saat Anda dan keluarga tertidur, ada baiknya Anda juga menggunakan Independent Smoke Detector.

Smoke detector akan mendeteksi adanya asap yang merupakan tanda-tanda terjadinya kebakaran pada ruangan di rumah. Tujuannya, agar Anda dapat segera mengatasi kebakaran tersebut dengan cepat sebelum api membesar agar menghindari kebakaran pemukiman padat penduduk seperti yang ada di daerah Tomang.

Gunakan APAR untuk memadamkan api pada ruangan Anda. Bila api sulit dipadamkan dan kian membesar, hubungi damkar di 113 atau 1131.

 

Ayo Lindungi Hunian Anda dengan Produk Pemadam Kebakaran Berkualitas!

Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk - Distributor APAR Bergaransi

Jangan biarkan kebakaran pemukiman padat penduduk seperti di daerah Tomang terjadi lagi. Tentunya Anda tidak ingin bencana tersebut terjadi pada Anda bukan?

Yuk, segera percayakan proteksi kebakaran Anda dengan produk-produk dari Bromindo. Bromindo merupakan distributor pemadam kebakaran yang hanya menjual produk dengan brand ternama dan berkualitas.

Mulai dari Independent Smoke Detector hingga segala jenis APAR dengan berbagai merk ada di sini. Mulai dari GuardAll, Dexter, hingga brand Hooseki.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan APAR, kami punya kabar gembira untuk Anda! Kini Bromindo telah meluncurkan aplikasi Firecek. Aplikasi ini mempermudah Anda untuk mengontrol langsung kualitas APAR yang Anda miliki. Menarik bukan?

Nah, tunggu apa lagi? Yuk segera hubungi Bromindo sekarang juga agar terhindar dari kebakaran pemukiman padat penduduk!

Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk - APAR GuardAll

Recommended Posts