Jenis Alat Pemadam Api Dry Powder

Jenis Alat Pemadam Api Dry Powder

Jenis Alat Pemadam Api Dry Powder

Jenis alat pemadam api dry powder salah satu media alat pemadam api multi purpose, alat pemadam api media powder banyak diminati karena media dry powder dapat digunakan untuk segala jenis kebakaran, selain harganya yang lebih terjangkau dari media alat pemadam api lain. Jenis alat pemadam api media dry powder ini juga dapat digunakan untuk memadamkan kelas kebakaran A (yang di akibatkan oleh benda padat) kelas kebakaran B (kelas kebakaran yang diakibatkan oleh benda cair yang terbakar) kelas C (kelas kebakaran akibat gas yang terbakar) dan kelas E (kebakaran akibat elektrikal atau listrik yang terbakar).

 

Kandungan Jenis Alat Pemadam Api Dry Powder

Jenis alat pemadam api dry powder memiliki kandungan terdiri dari beberapa macam, antara lain :
Jenis alat pemadam api dry powder monoammoniom phospate di kenal dengan ABC dry chemical powder multi purpose yang mampu memadamkan kebakara kelas A, B, C. Media ini mencair pada suhu 350°F ( 177°C ). media ini memiliki sifat korosif yang dapat merusak jika pasca kebakaran tidak dilakukan pembersihan.

Jenis alat pemadam api dry powder Sodium Bicarbonate hanya mampu memadamkan jenis kebakaran B dan C saja, bahan sodium bicarbonate merupakan kandungan jenis alat pemadam api dry powder yang pertama kali diciptakan. Cara kerja jenis alat pemadam api dry powder sodium bicarbonate, saat media ini di gunakan untuk memadamkan kebakaran akan menghasilkan asap karbon dioksida yang berfungsi mendesak oksigen jauh dari sumber api. seperti yang kita ketahui, reaksi kimia pembakaran tidak akan terjadi jika kadar oksigen tidak ada pada titik api. Sodium bicarbonate kurang efektif untuk memadamkan kebakaran kelas A karena gas karbon dioksida yang dihasilkan dapat hilang dengan cepat, karena pada kebakaran kelas A sisa kebakaran akan menghasilkan bara yang berpotensi menyala kembali saat terkena oksigen.

Jenis Alat Pemadam Api Dry Powder

Jenis alat pemadam api dry powder Potassium Bicarbonate atau diistilahkan dengan PURPLE K, media powder jenis inj sangat cocok digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas B dan C, media Potassium bicarbonate dua kali lebih efektif untuk kebakaran benda cair, tidak salah jika Jenis alat pemadam api dry powder Potassium Bicarbonate banyak diminati oleh industri minyak dan gas, media potassium bicarbonate merupakan satu satunya media yang telah mendapatkan sertifikat dari NFPA untuk digunakan pada ARFF ( Aircraft rescue and firefighting )
Untuk membedakan dengan Jenis alat pemadam api dry powder yang lain media powder potassium bicarbonate diberi ciri khusus dengan menggunakan warna ungu.

Cara Merawat Jenis Alat Pemadam Api Dry Powder

Jenis Alat Pemadam Api Dry Powder

Lakukan pengecekan dan perawatan secara berkala paling lama setahun sekali. efektifnya sebulan sekali untuk memastikan bahwa alat pemadam api dapat berfungsi dengan optimal saat digunakan. Beberapa hal yang harus dilakukan dalam merawat alat pemadam api jenis dry powder

  • Perhatikan tekanan tabung ( biasanya sistem stored pressure dilengkapi dengan alat pengukur tekanan ) pastikan jarum penunjuk berada pada area berwarna hijau, lakukan pengisian ulang jika jarum berada pada warna merah.
  • Tempatkan tabung pemadam api digantung di dinding untuk menghindari kelembaban, kelembaban ekstrim dapat menumbulkan penggumpalan yan berdampak pada kemacetan alat pemadam api saat digunakan.
  • Bersihkan bagian ujung selang, pastikan tidak terjadi penyumbatan pada bagian ujung selang, sering terjadi penyumbatan diakibatkan adanya sarang lebah yang dapat berakibat alat pemadam api macet karena tersumbat.

 

Untuk memenuhi kebutuhan perlindungan dari bahaya kebakaran baik untuk lingkungan rumah tinggal, kebutuhan industri, perkantoran, gedung bertingkat, gedung olah raga, hotel, restaurant, bahkan rumah sakit dan kantor pemerintah Jenis alat pemadam api dry powder adalah media paling ideal. Untuk informasi lebih lanjut dan order anda bisa menghubungi kami dikontak:

Bromindo Mekar Mitra

Jl. Perintis Kemerdekaan 37E Pudak Payung – Semarang, Jawa Tengah
Telp. 024-70702207 ; 7461137 ; 7499802 Fax. 024-7461137
Hot Line/WA : +628882560888, Email : sales@bromindo.com

Leave a Comment