Pabrik Indomie PT Indofood Terbakar, Begini Klarifikasi Dari Pihak PT Indofood

pabrik indomie pt indofood

Senin 8 Februari 2021 Pukul 2 siang, kebakaran melanda pabrik Indomie di Cikupa Tangerang. Pihak PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Telah memberikan klarifikasi mengenai kejadian kebakaran tersebut.

pabrik indomie pt indofood

Pihaknya mengatakan bahwa yang terbakar merupakan gudang penyimpanan kemasan yang letaknya berada di belakang. Tim penanggulangan kebakaran pabrik dengan dukungan dari petugas pemadam kebakaran setempat berhasil memadamkan api sekitar pukul 15.00 WIB.

pabrik indomie pt indofood

Pabrik Indomie PT Indofood Terbakar Begini Kronologinya

pabrik indomie pt indofood

Kebakaran pabrik indomie tersebut terjadi pukul 2 siang. Untuk bangunan yang terbakar merupakan bangunan gudang kemasan. Dimana letak bangunan berada di bagian belakang.

pabrik indomie pt indofood

Dari kebakaran ini, sejumlah 20 personel pemadam kebakaran dikerahkan. Api sudah dapat dipadamkan dengan cepat, yaitu pukul 3 sore api sudah berhasil dipadamkan oleh petugas. Dari peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa, dan kerugian masih belum bisa diperkirakan.

pabrik indomie pt indofood

Untuk penyebab kebakaran sendiri masih dalam penyelidikan. Tindakan yang cukup cepat dari petugas keamanan yang berada dilokasi. Akan tetapi, gudang yang berisi bahan mudah terbakar membuat api cepat membesar. Bisa kita pelajari dari peristiwa tersebut, bahwa kebakaran dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.

pabrik indomie pt indofood

Oleh sebab itu, kita perlu yang namanya sedia sebuah sistem proteksi kebakaran. Dengan adanya sistem ini, risiko terkena bencana kebakaran yang besar menjadi semakin berkurang. Lantas, untuk bangunan yang berisi pengemasan tersebut, perlindungan apakah yang tepat?

Solusi Terbaik Untuk Perlindungan Gudang Kemasan

Mengacu pada ulasan diatas, bahwa bahan yang terdapat pada gudang merupakan bahan yang mudah terbakar. Hal ini jika disesuaikan dengan teori segitiga api, maka akan mempercepat api itu membesar. Oleh sebab itu kita perlu sistem yang dapat mendeteksi dini kebakaran yang ditambahkan dengan pemadam api.

Fire alarm system dan fire sprinkler.

pabrik indomie pt indofood

Fire alarm akan menjadi pendeteksi dini gejala kebakaran, dimana nantinya akan memonitor kondisi bangunan. Jika bangunan terdeteksi adanya gejala, maka alarm akan terpicu. Lalu, fire sprinkler akan menjadi media pemadam api, lantaran gudang berisi kemasan produk.

pabrik indomie pt indofood

pabrik indomie pt indofood

Dengan adanya alarm juga petugas keamanan di lokasi juga dapat membantu melakukan pemadaman api sehingga api dapat diatasi dengan cepat, dan dideteksi sedini mungkin.

pabrik indomie pt indofood

Untuk informasi sistem proteksi kebakaran lebih lengkap, jangan sungkan untuk menghubungi konsultan ahli kami melalui menu contact yang telah kami sediakan.

Recommended Posts

Leave a Comment

0