Pabrik Briket Blora Terbakar Hebat! Kerugianya Ditafsir Mencapai Ratusan Juta

pabrik briket blora

Jumat 30 April 2021 pukul 04:05 WIB telah terjadi kebakaran hebat di Kabupaten Blora tepatnya di Pabrik Briket jalan raya Blora-Cepu, di Kecamatan Jepon.

Kebakaran ini terjadi di ruang oven. Dugaan sementara bahwa kebakaran terjadi akibat kelebihan kapasitas dari oven pembakaran. Sehingga menimbulkan api.alat pemadam untuk mesin oven

Begini Kronologi Kebakaran Pabrik Briket Blora

Pada kasus kebakaran ini yang terbakar habis yaitu pada ruang oven. Kebakaran tidak sempat menyebar ke bangunan yang terdapat di lingkungan pabrik. Untungnya dari peristiwa ini tidak ditemukan korban jiwa, akan tetapi kerugian pabrik ditaksir hingga 300 juta.

pabrik briket blora

Untuk kronologinya sendiri, pada pukul 04:05 WIB, saksi mata yaitu karyawan pabrik sudah melihat api yang berkobar dari ruang oven. Selang beberapa saat 3 mobil pemadam kebakaran pun diterjunkan untuk mengatasi hal tersebut. Tidak butuh waktu lama bagi pemadam untuk memadamkannya.

kebakaran pabrik briket blora

pabrik briket blora

Dari kasus tersebut kita dapat mengambil sebuah pelajaran, bahwa kita perlu yang namanya memberikan sistem proteksi kebakaran. Dengan begitu setidaknya aset berharga yang kita miliki masih bisa di selamatkan. Lantas, untuk pabrik briket sendiri, proteksi apa yang harusnya digunakan?

Sebelumnya kita lihat terlebih dahulu bangunan atau pabrik seperti apa yang ingin kita proteksi. Jika kasusnya adalah pabrik briket, yang mana pada klasifikasi kelas kebakaran termasuk kelas kebakaran A, sehingga untuk tindakan preventif sediakan APAR dengan media powder.

Sistem Proteksi Maksimal

Menggunakan APAR merupakan langkah pencegahan agar kebakaran tidak membesar dan meluas, tapi jika kasusnya kebakaran sudah membesar bagaimana?

pabrik briket blora

Untuk itu, perlu yang namanya sistem proteksi kebakaran. Anda dapat menggunakan sistem proteksi kebakaran fire alarm system dan fire hydrant Sehingga menjangkau skala gedung yang cukup luas.

Dalam pemasangan fire system sendiri Anda harus memilih kontraktor yang benar-benar memiliki teknisi ahli dan sudah bersertifikat seperti PT Bromindo Mekar Mitra.

kebakaran pabrik briket blora

Bromindo sudah memiliki rekam jejak yang baik selama lebih dari 2 dekade di dunia fire system protection. Kami selalu mengedepankan keamanan mitra kami.

Teknisi kami merupakan teknisi ahli yang memiliki sertifikat NFPA sehingga pemasangan sudah pasti sesuai dengan standar NFPA. Untuk fire hydrant kami, sudah terintegrasi dengan aplikasi  WELMO, sehingga mudah dalam melakukan monitoring fire system Anda.

Untuk informasi lebih lengkap, jangan sungkan untuk konsultasi dengan konsultan ahli kami melalui menu contact yang terdapat pada halaman situs kami.

Recommended Posts

Leave a Comment