Penempatan Sprinkler Pendent dan Sprinkler Upright yang benar

Penempatan Sprinkler Pendent dan Sprinkler Upright yang benar

Penempatan Sprinkler Pendent dan Sprinkler Upright yang benarPenempatan Sprinkler Pendent dan Sprinkler Upright yang benarakan membuat aliran dalam jaringan instalasi fire sprinkle berjalan dengan baik, pancaran air dari pipa akan maksimal dalam memadamkan kebakaran yang terjadi di area tersebut. Sprinkle pendent adalah head sprinkle yang umumnya dipasang di dalam ruangan, baik dengan plafon (ceiling) atau tanpa ruang ceiling. Sedangakan upright sprinkler dipasang pada tempat seperti parkir basemen, diatas plafon. Kedua jenis head sprinkle ini memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai output dalam pengeluaran air dari jaringan fire sprinkle. Kedua jenis ini memiliki detektor khusus berupa cairan atau plat yang akan terpecah saat mencapai suhu tertentu. Pecahnya detektor ini akan membuka saluran air dan mengalirkan air bertekanan dari tandon hydrant dan otomatis menyalakan alarm kebakaran untuk mengantisipasi penghuni agar segera melakukan evakuasi.

Penempatan Sprinkler Pendent dan Sprinkler Upright yang benar Meminimalkan Kerusakan

Penempatan Sprinkler Pendent dan Sprinkler Upright yang benar akan meminimalkan kerusakan yang terjadi dalam jaringan pipa tersebut. Pemasangan tiap – tiap sprinkler diatur dengan jarak tertentu sesuai standar NFPA.  Terdapat dua kategori aktivasi dalam pengiriman air di Sprinkler system, yang pertama adalah fusible element, disana terdapat stopper metal yang menyumbat saluran air, jika stopper metal tersebut panas akan membuka aliran air. Sementara aktivasi lain yaitu bulb type, ini adalah type sprinkler yang memiliki bohlam kaca kecil (glass bulb) dan berisi cairan didalamnya. Saat ada suhu panas cairan tersebut akan memecahkan bohlam kaca sehingga aliran air memancar. Yang paling umum digunakan dan banyak terdapat di Indonesia adalah type bulb ini.

Penempatan Sprinkler Pendent dan Sprinkler Upright yang benar sesuai standart

Penempatan Sprinkler Pendent dan Sprinkler Upright yang benar sesuai Standart NFPA 13 “Installation of sprinkler systems” antara lain mengatur jarak area yang diproteksi. Dalam beberapa kasus, area maksimal yang dapat dilindungi oleh fire sprinkle tidak boleh melebihi 225 ft2 (21 m2).Sementara jarak sprinkle ke dinding minimal 4 inch (102 mm) dan jarak antar sprinkle yang diukur dari pusat sprinkle tidak boleh kurang dari 6ft (1.8m). demikian Penempatan Sprinkler Pendent dan Sprinkler Upright yang benar. Jika anda ingin memasang system fire sprinkle untuk antisipasi kebakaran hubungi kami di nomor 0888-256-0888.

Leave a Comment