Pompa Hydrant Standar NFPA

Dalam artikel ini kita akan bahas mengenai Pompa Hydrant Standar NFPA yang digunakan salah satu instalasi fire hydrant. NFPA (National fire protection Association) merupakan asosiasi yang bergerak dalam perlindungan bahaya akan kebakaran yang telah memiliki standar komponen yang akan dipakai.

Pompa Hydrant Standar NFPA

Kegunaan pompa hydrant standar NFPA ini digunakan untuk memompa atau menghisap air dari tandon air untuk outdoor dan hydrant valve untuk indoor. Pompa hydrant ini membantu para pemadam kebakaran (fire fighter / fire brigade) ketika terjadi musibah kebakaran. Pompa hydrant biasanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mendapatkan tekanan air yang maksimal serta untuk dapat mengalirkan air keseluruh pipa hydrant, sehingga sudah dapat digunakan untuk memadamkan kebakaran.

Pompa hydrant (fire pump) dalam instalasinya, kontraktor harus mengikuti atau mengacu kode NFPA 20 (National Fire Protection Association) mengenai standar instalasi stationary pompa kebakaran untuk proteksi terhadap kebakaran. Dengan adanya kode ini menjadi standar untuk mempermudah, serta menjadi alur kerja saat instalasi pompa kebakaran.

Beberapa Pompa Hydrant Standar NFPA 20 yang Harus Ada

Didalam instalasi fire hydrant harus ada pompa hydrant standar NFPA 20. Beberapa pompa yang harus ada didalamnya antara lain yaitu Electric pump, diesel pump, dan jockey pump. Berikut penjelasan dari beberapa pompa hydrant standar NFPA 20:

Electric pump

Pompa ini tergolong pompa hydrant standar NFPA 20. Pompa hydrant ini digunakan memompa air yang disedot dari tandon air (reservoir) untuk disalurkan baik ke hydrant valve untuk indoor, fire hydrant (outdoor), maupun sprinkler. Pompa hydrant ini mampu menghasilkan air yang bertekanan tinggi. Inti dari kegunaan pompa hydrant ini sebagai pompa pendorong yang digunakan pada saat terjadi kebakaran.

Diesel pump

Pompa ini sebagai back up ketika power listrik yang mensupply / memberi pasukokan listrik ke electric pump mati. Selain sebagai backup pada electric pump, diesel pump berfungsi sebagai pompa yang mendistribusikan air ke sprinkler maupun ke fire hydrant pillar. Jadi pompa ini juga termasuk kriteria pompa hydrant standar NFPA 20.

Jockey Pump

Pompa ini juga temasuk salah satu pompa hydrant standar NFPA 20 yang harus di pasang di setiap proyek instalasi fire hydrant. Bentuk dari jockey pump biasanya vertical. Pompa hydrant ini digunakan untuk menjaga atau menstabilkan tekanan air di dalam pipa.

Syarat Menggunakan Pompa Hydrant Standar NFPA Elevasi Tandon Air Harus Plus

Harus diingat untuk instalasi fire hydrat berjalan dengan baik harus diperhatikan juga mengenai elevasi tandon air. Elevasi Tandon air harus Plus tidak boleh min, karena kebutuhan akan memadamkan kebakaran cukup tinggi akan kebutuhan pasokan air. Jadi harus selalu di check akan elevasi tandon air supaya tetap berapa pada ketinggi air harus plus.

Pompa pemadam kebakaran di produksi oleh para produsen dengan berbagai merek (brand), memiliki varian ukuran, dan jenis pompa pemadam kebakaran sesuai kegunaannya. Untuk hal tersebut kami dari bromindo menyediakan pompa hydrant standar NFPA berbagai jenis dan memiliki kualitas yang baik. Kami tidak menjual pompa pemadam kebakaran yang asal bisa digunakan. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang fire pump atau fire hydrant equipment yang anda butuhkan bisa langsung hubungi kami atau bisa datang ke kantor kami di Jalan Perintis Kemerdekaan 37E Pudak Payung, Semarang.

 

Showing 2 comments
  • Dhimas Prasetio

    Apakah dijelaskan di NFPA 20 ataupun di SNI 03-6570 jika suatu instalasi pemadam kebakaran harus memiliki minimal : sebuah pompa electric, sebuah pompa diesel, dan sebuah pompa jockey? Mohon dijelaskan ada di point berapa dan dimana. Terimakasih

  • Stevie

    Selamat sore
    saya mau menanyakan perihal :
    apakah menjual alat pengisi tabung pemadam kebakaran (recharge unit)

    tks

Leave a Comment