Pompa Jockey

Pompa Jockey

Pompa JockeyPompa Jockey adalah pompa kecil dalam instalasi fire hydrant atau fire sprinkle yang bekerja bersama pompa hydrant elektrik dan pompa hydrant diesel sebagai pengatur tekanan air dari tandon reservoir ke jaringan pipa. Pompa jockey memungkinkan untuk mengatur tekanan sehingga pompa utama tidak harus menyala sepanjang waktu. Hal ini dapat membantu mencegah sistem dari kerusakan saat kebakaran terjadi. Dalam pompa jockey terdiri dari tiga bagian saat perakitan dan pada saat instalasi mengikuti pedoman dari pemerintah terkait atau standar Internasional untuk memastikan pompa jockey dapat bekerja dengan baik. Untuk memahami bagaimana pompa jockey bekerja, anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana hydrant / sprinkle kebakaran bekerja.
System sprinkle terdiri dari pipa – pipa yang berisi air bertekanan di dalamnya. Tekanan inilah yang didapat dari pompa. Baik pompa elektrik sebagai pompa utama dalam mengalirkan air dari tandon ke sistem perpipaan, pompa diesel yang berfungsi saat pompa elektrik mengalami gagal kerja karena tidak ada supplu listrik saat kebakaran, dan yang terakhir adalah pompa jockey. Kepala sprinkle akan pecah saat melalui suhu panas tertentu, sesaat setelah sprinkle pecah maka air dari jaringan pipa akan keluar dengan deras untuk memadamkan api di lokasi tersebut. saat inilah pompa bekerja untuk menjaga selalu tekanan dalam jaringan. Karena setiap ada mata sprinkle yang pecah, maka tekanan dalam pipa akan turun sehingga dibutuhkan tenaga pompa untuk menstabilkan tekanan agar air pada sprinkle dapat tetap terpancar selama persediaan air di reservoir belum habis.

Pompa Jockey menormalkan tekanan

Pompa jockey juga mencegah sistem sprinkle / hydrant tidak cepat rusak karena aliran air, saat pompa utama mengalirkan air bertekanan tinggi ke pipa – pipa. Perubahan mendadak ini sangat berbahaya karena bisa menghancurkan sistem yang sudah dibangun. Namun jika menggunakan pompa jockey tekanan dalam pipa akan dinormalkan sebelum keluar dari lubang output baik sprinkle atau nozzle dalam system fire fighting.

Komponen dalam Pompa Jockey

Semua pompa jockey terdiri dari pompa, motor, dan kontroller. Dua jenis utama dari pompa yaitu pompa sentrifugal dan turbin regeneratif. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing – masing. Pompa sentrifugal lebih minimal dalam penggunaan energi dan perawatan namun memiliki tekanan yang kurang maksimal. Sebaliknya, pompa turbin regeneratif menciptakan tekanan besar dengan tenaga sedikit namun memerlukan banyak perawatan karena kadang membuat sistem mendapatkan tekanan yang terlalu besar. Jenis mana yang terbaik tentunya harus dilihat dari seberapa besar system yang dibangun di tempat tersebut. untuk skala kecil, pompa sentrifugal lebih cocok namun jika mencakup area yang besar dan luas maka tidak salah jika memilih pompa jockey yang menggunakan turbin regeneratif.

Leave a Comment