Project Fire Alarm Gmedia Semarang

Project Fire Alarm Gmedia SemarangPT Media Sarana Data / GMedia merupakan perusahaan swasta besar yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bromindo mendapat kepercayaan untuk mengerjakan Project Fire Alarm Gmedia Semarang. Commisioning Test Fire Alarm Gmedia Semarang dilakukan pada hari selasa  10 juni 2014 di Kantor Gmedia baru di Jalan Kasipah, Jangli, Kota Semarang. Tim Engineering Bromindo melakukan simulasi terhadap instalasi fire alarm yang telah selesai dipasang beberapa hari sebelumnya. Ruangan yang diproteksi adalah ruang server baru yang menggunakan 4 smoke detektor sebagai alat pemicu alarm yang berada di ruang utama. Smoke detektor akan mengetahui jika ada asap di dalam ruangan server yang kemudian mengirimkan sinyal ke panel kontrol fire alarm, dengan otomatis Alarm akan menyala dan memberi tanda kepada penghuni ruangan untuk mengambil tindakan baik berupa penanganan terhadap api melalui alat pemadam ringan, melakukan evakuasi barang berharga, atau menghubungi petugas pemadam kebakaran kota.

Commisioning Test Project Fire Alarm Gmedia Semarang

Saat dilakukan Commisioning Project Fire Alarm Gmedia Semarang Pak Agung selaku tim Engineering dari Bromindo mencoba semua fungsi – fungsi pada panel kontrol untuk memastikan bahwa instalasi fire alarm dapat berjalan dengan baik. Panel kontrol menggunakan tenaga listrik yang bisa menyimpan energi dalam battery cadangan. Sehingga sewaktu – waktu terjadi listrik mati pada area tersebut, maka panel kontrol dan system fire alarm dapat tetap bekerja dalam memantau kondisi ruang server. Selain memastikan panel kontrol bekerja, kami memastikan smoke detektor sebagai pemicu alarm dapat mendeteksi asap dengan baik. Dengan cara menyalakan rokok di ruangan, asap rokok tersebut dideteksi oleh semua smoke detektor dan dengan otomatis menyalakan alarm.

Commisioning Test Project Fire Alarm Gmedia Semarang di ruang server

Di dalam ruang server Project Fire Alarm Gmedia Semarang ini, selain 4 titik smoke detektor juga dipasang 2 alat pemadam thermatic yang akan bekerja memadamkan api dengan media gas yang ada di dalam tabung. Pemicu dari alat pemadam api tersebut terdapat pada kaca yang menyerupai head sprinkler. Alat ini akan pecah jika ruangan telah mencapai suhu tertentu dan segera mengeluarkan gas dari dalam yang akan memadamkan api. Alat pemadam api thermatic ini terpisah dengan sistem fire alarm yang dipasang. Selain sistem otomatis, disebelah panel kontrol juga dipasang manual pust button yang bisa digunakan jika seseorang melihat api secara visual baik di tempat yang diproteksi atau diluar ruang server untuk menyalakan alarm dan memperingatkan penghuni lain.

Leave a Comment