Smoke Detektor 4 Wire, Pengertian dan Cara Kerja

Smoke detektor 4 wire

Di artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari apa itu smoke detektor, dan juga jenis smoke detektor. Yaitu smoke detektor 2 wire dan smoke detektor 4 wire. Detektor merupakan komponen dari instalasi fire alarm yang dapat membantu berjalannya sistem fire alarm.

Smoke detektor 4 wire ini hampir sama dengan smoke detektor 2 wire, kecuali jika detektor tersebut menerima daya dari catu daya tambahan dari Sirkuit Pemicu Perangkat konvensional. Smoke detektor 4 wire dan 2 wire sama sama dapat mendeteksi partikel di udara, jadi ia dapat langsung mengenali kepekatan sebuah asap.

Apa yang dimaksud dengan smoke detektor 4 wire?

Smoke detektor 4 wire adalah detektor asap yang menggunakan 4 kabel, dimana tegangannya diperoleh dari 2 kabel yang memiliki plus minus pada control alarm dan dua kabel sisa lainnya untuk sinyal.

smoke detector 4 wireSaat asap mulai masuk ke detektor dan kepadatannya sudah memenuhi ambang batas, maka akan mengaktifkan rangkaian elektronik pada detektor dan membunyikan fire alarm . Tidak hanya itu, detektor asap juga memiliki 2 tipe yang bekerja dengan cara yang berbeda, yaitu sebagai berikut.

Detektor ini bekerja menggunakan sensor cahaya dan diarahkan pada sensor photoelectric tersebut. Dari picuan inilah, yang nantinya akan diteruskan ke fire alarm dalam bentuk sinyal. Sayangnya, detektor ini masih memiliki kelemahan, yaitu mudah terpicu oleh debu dan menimbulkan false alarm yang berujung kepanikan.

Detektor ini bekerja menggunakan metode ionization chamber. Tapi sayangnya detektor ini masih memiliki kekurangan, yaitu dianggap tidak ramah lingkungan. Karena mengandung senyawa radioaktif. Setelah melewati batas umur pakainya, alat ini dikategorikan sebagai limbah radioaktif sebab didalamnya terdapat ameisium.

Prinsip kerja dari smoke detektor 4 wire.

Prinsip kerja dari smoke detektor 4 wire hampir sama dengan smoke detector 2 wire. Detektor akan mendeteksi kepadatan asap yang masuk pada alat detektor. Jika kepekatan asap sudah melebihi ambang batas, maka detektor akan mengirimkan sinyal ke fire alarm, sehingga alarm berbunyi.

Setiap smoke detektor memiliki spesifikasinya masing-masing. Pada saat pemasangan smoke detektor, teknisi akan melakukan survey dan melakukan perhitungan yang akan disesuaikan dengan kebutuhan gedung. Sehingga dapat disimpulkan, sebaiknya memasang smoke detektor 4 wire atau smoke detektor 2 wire.

Pemasangan smoke detektor 4 wire.

Memasang smoke detektor tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus melalui teknisi yang sudah berpengalaman dan profesional. Seperti Bromindo Mekar Mitra. Dimana sudah menangani pemasangan fire alarm di beberapa kota di seluruh Indonesia.

Anda tidak perlu bingung, harus memasang smoke detektor 4 wire atau 2 wire. Sebelum melakukan pemasangan fire alarm, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada kami. Agar kami dapat menganalisis kebutuhan fire alarm Anda. Silahkan konsultasikan ke kantor kami di

Cohive 101 Building, Jl. Mega Kuningan Barat No.1, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

Atau hubungi (021) 50102088 Untuk wilayah jakarta dan sekitarnya. Untuk wilayah semarang dan jawa tengah hubungi (024) 7499802. Atau datang langsung ke :

Jalan Perintis Kemerdekaan No.37 E, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50265.

Tidak hanya itu, kami juga melayani pemasangan fire hydrant maupun isi ulang Alat pemadam api ringan. Percayakan perlindungan aset Anda kepada kami!

Smoke detektor 4 wire

Recent Posts

Leave a Comment