Strobo Fire Alarm

strobo fire alarmKeselamatan kerja Lingkungan merupakan aspek yang penting dalam suatu kawasan Industri. Aktivitas di Indsutri yang beragam tidak menutup kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja yang dapat membahayakan individu atau kelompok, bahkan keseluruhan industri. Salah satu potensi bahaya yang ada di Industri ialah Kebakaran. Kebakaran di Industri dapat terjadi karena banyak faktor, seperti tindakan tidak aman dari pelaku industri atau juga kondisi operasi yang berjalan tidak semestinya.

Dalam menanggapi hal ini, tindakan perlindungan terhadap kebakaran penting dilakukan karena dapat menyelamatkan nyawa manusia dan miliaran rupiah. salah satu sistem yang sering diaplikasikan yang dapat mendeteksi tanda-tanda kebakaran yang kemudian mengolahnya dan memberikan keluaran sebagai peringatan dapat membantu tindakan perlindungan adalah fire alarm. Bentuk-bentuk peringatan sistem sensor bisa berupa horn (alarm), strobe (lampu), ataupun penggabungan keduanya, biasanya disebut sebagai Strobo Fire Alarm. perangkat output dalam fire alarm ini memiliki keunggulan karena dapat menunjukkan tanda kebakaran melalui dua hal, yaitu suara dan lampu. Detektor yang kaya dengan fitur-fitur pilihan menjamin waktu pemasangan yang singkat serta keuntungan yang maksimal.

Fitur dalam Strobo Fire Alarm

dalam perangkat strobo fire alarm, biasanya terdapat fitur atau perlengkapan sebagai berikut:

  1. plat bantalan yang sesuai dengan berbagai ukuran back box
  2. tiga pengaturan intensitas cahaya dalam satuan candela, yaitu 15, 75, dan 115
  3. Mudah untuk disetel dalam memilih candela dan horn
  4. strobe dapat terus menyala selama 30 menit
  5. strobe tersertifikasi dalam UL 1638 sedangkan horn dalam UL 464
  6. Horn dalam tipe horn-strobe dapat diatur tinggi rendahnya dan pola bunyinya.
  7. Terdapat simbol api universal
  8. pengaturan dering tersedia untuk alat yang menempel di langit-langit

salah satu merk Strobo Fire Alarm yang sering dipakai adalah system sensor. produk ini menawarkan kualitas yang paling fleksibel dan mudah digunakan untuk industri. Dengan simbol api universal, yaitu rumah berwarna merah dan aksesori untuk langit-langit membuat alat ini dapat memenuhi di hampir semua penerapan. Ukuran back box juga beragam sehingga memudahkan konsumen dalam pemasangannya. Perangkat ini bekerja dengan tegangan 24 volt DC atau daya dengan gelombang penuh.

System sensir Strobo fire alarm

Spesifikasi strobo ini dapat ditinjau dari 2 sisi, yaitu aspek arsitek/teknik dan fisik/listrik.

  1. Aspek arsitek/teknik

Secara umum, sistem sensor strobe dan horn-strobe dapat dipasang pada back box dengan ukuran 2 x 4 inch, 4 x 4 inch, geng tunggal, geng ganda, 105 x 105 mm, 86 x 86 mm, 60 x 60 mm , dan diameter 65 mm. Alat ini beroperasi pada tegangan 24 volt dengan temperatur antara 32 – 120 F dari DC yang diatur atau power supply dengan gelombang penuh tanpa filter. Strobe yang digunakan merupakan tipe ST atau ST-R yang tersertifikasi dalam UL 1638 dan telah diterima sebagai servis perlindungan kebakaran. Terdiri dari tabung xenon dan lensa yang terhubung/sistem pemantulan. Untuk jenis horn-strobe juga tersertifikasi dalam UL 1638 dan UL 464 yang semestinya dapat berfungsi sebagai alat pemberitahuan sinyal primer dan sesuai dengan standar Amerika dan persyaratan disabilitas untuk peralatan dengan sinyal yang berkedip di 1 Hz. Horn harus memiliki dua pilihan kemampuan bunyi dan pilihan untuk mengatur temponya, apakah berkelanjutan atau putus-putus. Untuk horn yang kecil, back box digunakan dengan plat pengaturan dan bunyi yang berkelanjutan.

  1. Aspek fisik/ listrik

Aspek ini meninjau alat secara fisikal dan elektrikal. Temperatur standar yang diizinkan untuk alat ini beroperasi yaitu, 32-120 dalam Fahrenheit atau 0-49 dalam celcius, pada tegangan 24 volt, 10-93% kelembaban, dengan 1 flash cahaya setiap detiknya, serta dimensi strobe dan horn strobe sebesar 131 x 127 x 33 mm.

Penggunaan System sensor Strobo fire alarm ini sebagai titikĀ  awal yang menandakan terjadinya kebakaran. sehingga dapat membuat pelaku industri cepat mengambil langkah selanjutnya untuk menangani masalah kebakaran sebelum terjadi kebakaran yang lebih besar di industri tersebut. Tindakan ini lebih baik dibandingkan jika kebakaran sudah terjadi lebih besar yang bisa berpotensi menghabiskan aset maupun nyawa.

Leave a Comment