Fire Detection Sistem: Jenis & Cara Kerja untuk Deteksi Kebakaran

Fire Detection Sistem: Jenis & Cara Kerja untuk Deteksi Kebakaran

Dalam sebuah bangunan gedung sangat penting diproteksi dengan fire detection sistem. Sistem ini berguna untuk memberi peringatan dini kepada penghuni gedung agar segera melakukan evakuasi diri pada saat terjadi kebakaran sesuai dengan prosedur evakuasi keadaan darurat kebakaran.

Fire detection system umumnya diinstalasi pada bangunan yang memiliki nilai investasi tinggi, seperti gudang, rumah sakit, perkantoran, dan lain sebagainya. Untuk memproteksi aset-aset berharga tersebut, maka sangat disarankan untuk setiap gedung atau bangunan melakukan instalasi sistem proteksi kebakaran.

Kenapa Harus Menggunakan Fire Detection Sistem?

fire detection sistem untuk gedungSetiap bangunan atau gedung sangat penting untuk diproteksi menggunakan fire detection system. Terutama jika gedung tersebut berisi aneka macam barang yang bersifat mudah terbakar. Alat ini akan membantu meminimalisir kerugian jika kebakaran bisa dideteksi sejak dini.

Seperti yang kita tahu bahwa tidak ada orang yang bisa memprediksi kapan kebakaran akan datang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan sejak awal untuk menghadapi kebakaran dengan membangun sistem proteksi kebakaran yang tepat. Fire detection sistem terdiri dari dua jenis yaitu:

Bayangkan jika tidak ada sistem proteksi kebakaran, maka Anda bisa mengalami kerugian besar akibat kebakaran. Belum lagi, kebakaran juga bisa memakan korban jiwa. Jadi, membangun sistem proteksi kebakaran merupakan investasi yang sangat besar untuk melindungi aset berharga dalam bangunan dan nyawa orang-orang di dalamnya.

Prinsip Kerja Alarm Fire Detection Sistem

fire detection system kualitas terbaikFire alarm system adalah alat yang berfungsi untuk mendeteksi kebakaran pada saat pertama kali terjadi. Seseorang yang terdekat dari titik api bisa menyalakan alarm untuk memperingatkan penghuni bangunan lain dan petugas pemadam kebakaran yang ada di area tersebut.

Sistem fire alarm bisa bekerja secara manual maupun otomatis. Fire detection sistem ini bisa bekerja secara otomatis dengan mengeluarkan bunyi alarm setelah komponen detector mendeteksi tanda-tanda kebakaran. Setelah alarm menyala, maka dapat segera dilakukan evakuasi dan mengikuti standar tanggap darurat yang ada di gedung tersebut.

Fire detection sistem ini terhubung dengan control panel sebagai otak untuk pendeteksian kebakaran dan sistem alarm. Alat ini yang memproses masukan dari input manual atau otomatis yang kemudian akan diteruskan menjadi tanda darurat kebakaran. Baik berupa bunyi, lampu, atau panggilan telepon darurat.

Cara Kerja Smoke, Heat, dan Flame Detection

fire detection sistem standar NFPAKomponen lain yang termasuk dalam fire detection sistem adalah smoke detector, heat detector, dan flame detector. Fungsi dari ketiga jenis detektor ini sama, yaitu mendeteksi tanda-tanda terjadinya kebakaran. Namun, cara kerja ketiga system sensor tersebut berbeda dalam mendeteksi kebakaran.

Cara kerja fire detection sistem tersebut adalah sebagai berikut:

  • Smoke detector: bekerja dengan melakukan identifikasi asap yang mengenai detector, sehingga munculnya asap di sekitar ruangan akan membunyikan alarm.
  • Heat detector: bekerja berdasarkan suhu panas, yaitu saat ruangan tersebut mencapai suhu tertentu akibat kebakaran, maka alarm akan menyala.
  • Flame detector: bekerja dengan menggunakan sinar ultraviolet dan inframerah untuk mendeteksi adanya api pada area yang diproteksi.

Secara singkat ada beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk fire detection sistem pada gedung yang bekerja secara manual maupun otomatis. Setiap pemilihan sistem dan komponen ditentukan dengan rancangan gedung, anggaran biaya, tipe konstruksi, tipe penghuni, dan fungsinya.

Jika ingin bangunan dan aset berharga Anda terlindungi dari bahaya kebakara, maka pastikan untuk menginstalasi fire detection sistem. Sistem pendeteksi kebakaran akan bekerja secara maksimal jika menggunakan produk berkualitas serta diinstalasi oleh teknisi yang profesional. Hubungi Bromindo untuk mendapatkan layanan instalasi fire detection system yang terbaik.

Recommended Posts

Leave a Comment

0