Fire Detection Sistem

Fire Detection Sistem

Fire Detection SistemDalam sebuah bangunan gedung sangat penting dirancang dan dipasang Fire Detection Sistem guna memperingatkan penghuni untuk segera melakukan evakuasi diri dan barang setiap ada kemungkinan akan terjadi kebakaran. Fire detections sistem serta fire fighting sistem biasanya dipasang pada bangunan yang memiliki nilai investasi tinggi seperti gudang, rumah sakit, perkantoran, dan lain sebagainya. Sifat kebakaran api akan lebih destruktif dan memakan biaya tinggi untuk memulihkan keadaan seperti semula. Karena api akan cepat menyebar jika bahan pembuat api, udara, dan suhu panas masih ada ditempat tersebut. tentu akan lebih merusak daripada kerusakan bangunan gedung akibat hal-hal minor seperti pencurian, iklim, vandalisme, dan lainnya.

Alarm Fire Detection Sistem

Aspek kunci untuk mendeteksi kebakaran yaitu Fire Alarm, saat pertama kali api terlihat. Seseorang yang terdekat dengan titik api bisa menyalakan alarm untuk memperingatkan penghuni bangunan lain dan petugas pemadam kebakaran yang ada di area tersebut. Alarm ini bisa bekerja secara manual maupun otomatis. Setelah Alarm menyala, dapat segera dilakukan evakuasi dan mengikuti standart tanggap darurat yang ada di gedung tersebut. Jaringan Fire Alarm terhubung dengan panel kontrol sebagai otak untuk pendeteksian kebakaran dan sistem alarm. Alat ini yang memproses masukan dari input manual atau otomatis yang kemudian akan diteruskan menjadi tanda baik bunyi, lampu, dialer telepon darurat dan lain sebagainya.

Smoke, Heat, Flame Fire Detection Sistem

Komponen lain yang berguna sebagai fire detection sistem yaitu Smoke, Heat, dan Flame detector. Fungsi dari ketiga jenis detektor ini sama yaitu mendeteksi kebakaran dengan menggunakan alat khusus yang mirip dengan indera manusia seperti penciuman dan penglihatan. Smoke detector bekerja dengan melakukan identifikasi asap yang mengenai detektor sehingga membunyikan alarm. Sementara heat bekerja berdasarkan suhu, jika ruangan tersebut mencapai suhu tertentu maka alarm akan menyala. Sementara detektor api bekerja dengan menggunakan sinar ultraviolet dan inframerah untuk mendeteksi adanya api di tempat yang diproteksi.

Secara singkat ada beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk Fire detection sistem pada gedung yang bekerja secara manual maupun otomatis. Setiap pemilihan sistem dan komponen ditentukan dengan rancangan gedung, anggaran biaya, type konstruksi, tipe penghuni dan fungsinya. Menghubungi orang yang berkompeten di bidang Fire Fighting menjadi langkah pertama untuk menuju proses selanjutnya memasang fire detection sistem. Hubungi Bromindo yang telah berpengalaman bergerak di bidang ini ke email sales@bromindo.com.

Leave a Comment