Training Pemadam Api Ringan Nasmoco Pemuda

Semarang, Bencana kebakaran belakangan ini terlihat sering terjadi melihat kondisi seperti ini menuntut kita untuk lebih waspada dan dapat mengambil tindakan yang tepat jika bencana itu benar-benar terjadi, Untuk itu PT Nasmoco yang berada di jalan Pemuda, kota semarang mengadakan Training Basic fire sebgai sistem siaga jika terjadi bencana kebakaran yang tidak diinginkan oleh semua perusahaan.  bertempat di aula pada tanggal 25 September 2013 diikuti oleh manager, petugas security dan dan karyawan nasmoco mengikuti pelatihan penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). kegiatan di lakukan selama sehari yang di bagi menjadi 2 session,  Training Class dan Training lapangan. kegiatan ini di lakukan agar peserta memahami cara menanggulangi bahaya kebakaran di lokasi kerja dan serta memahami cara penanggulangan dan prosedur penggunaan alat pemadam api ringan yang benar.

Kegiatan ini di buka resmi oleh Manager HSE Nasmoco Bpk. Agus Triyono di aula dalam sambutannya beliau mengungkapkan “pihak kami sengaja melakukan pelatihan penanggulangan kebakaran untuk mengasah kemampuan para karyawan dalam mencegah dan Menanggulani kebakaran, karena di kantor ini merupakan salah satu tempat yang sangat rawan bencana kebakaran, karena hampir semua lokasi ada bahan-bahan yang mudah terbakar seperti Oli, Solar, peremium dan bahan bakar minyak lainya, semoga setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat memahami prosedur penggunaan APAR serta mengetahui secara dini langkah-langkah penanganan kebakaran yang dapat mengantisipasi dan meminimalisir kondisi kebakaran”

Dalam pelatihan tersebut, para peserta mendapat berbagai materi mulai dari mengetahui teori api, segi tiga api serta bagaimana penanggulangan ketika kebakaran yang sifatnya ringan terjadi dengan menggunakan APAR, Bpk. Nogi Bintoro sebagai Instruktur dari Perusahaan bromindo Mekar Mitra Perusahaan yang bergerak di bidang fire safety dan Security Solutions menyampaikan beberapa arahan seperti teknik PASS, yaitu Pull, Aim, Squeeze dan Sweep. Tegakkan tabung pemadam, tarik kunci pengaman, arahkan ke api, remas dan tekan pegangan, lalu semprotkan ke arah api dan mengetahui beberapa jenis alat pemadam api ringan berikut macam – macam Media yang di gunakan.

Setelah di berikan teori penggunaan APAR para peserta kemudian melakukan simulasi pemadaman api dengan menggunakan APAR di di ruang terbuka di PT Nasmoco Pemuda Semarang. pada kesempatan ini peserta training di dampingi Instruktur dan teknisi dari Perusahaan Bromindo Mekar Mitra secara bergantian para peserta mencoba peralatan yang telah di siapkan untuk memadamkan api, mereka sangat antusias mencoba APAR yang disiapkan, Salah satu peserta mengungkapkan “terima kasih karena kami di beri kesempatan mengikuti, pelatihan, semoga apa yang di pelajari ini dapat bermanfaat”

Training Pemadam Api Ringan Nasmoco Pemuda diadakan tanpa di pungut biaya apapun karena customer Bromindo ketika melakukan pembelian Alat pemadam kebakaran jenis apapun atau refiil dalam jumlah tertentu akan mendapatkan free training dengan syarat dan ketentuan berlaku, dengan materi sebagai berikut :

  • Klasifikasi kebakaran
  • Jenis-jenis media pemadam
  • Teknik Pemadaman API
  • Fire Classes
  • Anatomi tabung pemadam kebakaran
  • Fire Extinguisher Applications
  • Fire Extinguisher Types
  • Fire Extinguisher Summary
  • Fighting the Fire

Training ini biasanya jika dilakukan oleh lembaga training lainya biayanya berkisar antara Rp. 2.000.000 – Rp. 3.500.000 setiap peserta.  anda bisa banyangkan berapa pengeluaran perusahaan anda jika harus memberikan training kepada 20-50 karyawan di perusahaan anda?

Salam Safety
 

Leave a Comment