Wet System Fire Sprinkler

Wet System Fire Sprinkler

66 Wet system fire sprinklerWet system fire sprinkler merupakan sistem yang paling umum digunakan untuk proteksi kebakaran menggunakan sprinkle di gedung – gedung Indonesia. Wet system fire sprinkler merupakan sebuah sistem yang mempertahankan tekanan secara konstan dalam pipa sprinkle. Ketika terjadi kebakaran dan suhu di sprinkle mencapai titik tertentu yang mengakibatkan kepala sprinkle pecah maka air didalam pipa akan segera memancar dari sprinkle dan memadamkan kebakaran yang terjadi di area tersebut dengan segera.

Keuntungan menggunakan Wet system fire sprinkler

Ada beberapa keuntungan kenapa di dalam gedung menggunakan Wet system fire sprinkler sebagai alat proteksi terhadap kebakaran yang terjadi. Diantaranya sebagai berikut:

[list type=”arrow”]

  • Wet system fire sprinkler sederhana namun teruji handal. Sistem ini memiliki perangkat instalasi dan penunjang yang lebih sedikit dari pada sistem sprinkle lainnya. Kelebihannya adalah mudah untuk melakukan inspeksi serta maintenance rutin sehingga jika ada kerusakan dapat dengan mudah diperbaiki. Wet system fire sprinkler minimalis namun tetap teruji secara fungsi.
  • Dari segi ekonomis, Wet system fire sprinkler lebih murah. Biaya yang dikeluarkan saat instalasi maupun pemeliharaan relatif lebih murah karena perangkat – perangkat dalam system ini juga sedikit. Penghematan ini bisa menjadi jalan keluar bagi perusahaan yang menginginkan proteksi kebakaran gedung handal namun terkendala dengan modal.
  • Kemudahan Modifikasi, Wet system fire sprinkler lebih menguntungkan. Karena saat proses modifikasi pada system melibatkan pasokan air dari sumber, pengosongan pipa – pipa, dan tindakan lainnya. Karena Wet system fire sprinkler lebih ringkas, maka proses modifikasi bisa lebih efektif, cepat, dan bisa digunakan kembali dengan segera. Setelah proses modifikasi sistem, sprinkle dikembalikan dan diuji untuk mengetahui modifikasi berhasil atau tidak. Hal ini tentunya menghemat anggaran yang dikeluarkan untuk deteksi kerusakan yang menggunakan peralatan kontrol khusus pada system sprinkle lainnya.
  • Waktu downtime singkat. Saat terjadi kebakaran, head sprinkle pecah dan memancarkan air bertekanan dari pipa – pipa pada jaringan. Setelah api pada area tersebut padam, head sprinkle bisa langsung diganti dengan yang baru kemudian mengisi kembali sumber air dari saluran yang disediakan. Dan hal ini tidak membutuhkan waktu lama. Jika menggunakan type sprinkle lain, mungkin anda harus mereset peralatan kontrol terlebih dahulu untuk system sprinkle dapat digunakan kembali.

[/list]

Wet System Fire Sprinkler memiliki kekurangan dan kelebihan

Setiap system sprinkle memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk Wet system sprinkler ini kelemahannya adalah tidak cocok dipasang pada area lingkungan yang dingin extrema (sub beku). Karena pipa – pipa pada system jika tidak kuat menahan suhu akan pecah sehingga mengakibatkan kerusakan parah yang akhirnya membuat kebocoran pada wet system springkler. Namun untuk wilayah Indonesia system sprinkle ini sangat cocok untuk proteksi kebakaran di gedung. Untuk mengetahui detail pemasangan mengenai wet system fire ini anda bisa menghubungi tim kami di nomor 08882560888 / email emarketing01@bromindo.com

Leave a Comment