Rotor Pompa Hydrant

Rotor pompa hydrant merupakan salah satu merek hydrant pump populer. Mengapa demikian? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Rotor Pompa Hydrant sebagai Pendistribusi Air

Rotor Pompa Hydrant - Pompa Bergaransi

Pompa menjadi bagian terpenting dalam pemasangan jaringan instalasi fire hydrant, baik itu jockey, electric, atau diesel pump. Struktur pemasangan ketiga pompa hydrant tersebut dapat mengacu pada standar NFPA 20, baik standarnya dan sekaligus regulasi yang mengatur tentang fire fighting.

Dalam praktiknya, beberapa produk pompa yang beredar di Indonesia sebagian telah memiliki sertifikat NFPA 20 dan beberapa type lain belum memiliki standar NFPA. Meskipun begitu, masing-masing pompa masih dapat digunakan sebagai fire fighting pump.

Pompa yang banyak di gunakan untuk fire hydrant di Indonesia saat ini masih didominasi merk-merek ternama. Seperti Torishima, Rotor pompa hydrant, Ebara, Fairbank Morse, dan Versa.

Spesifikasi Rotor Pompa Hydrant

Rekayasa engineering yang tidak pernah berhenti berinovasi menghasilkan produk Rotor pompa hydrant yang berkualitas. Hal tersebut dapat dilihat dari desain sempurna pada pump casing, casing cover, impeller, shaft, dan lainnya.

Rotor Pompa Hydrant - Fire Pump Rotor

Rotor pompa hydrant sendiri telah memiliki ISO90001 Quality System Certificate, Registed by FMRC America dan Vounching Technical Inspection LTD (VTI). Rotor fire pump digunakan untuk electric fire pump, yakni Centrifugal end Suction (pompa yang sistem kerjanya menghisap air yang dengan putaran impeler yang digerakkan oleh motor listrik atau diesel).

Misalnya saja pada pompa Rotor pompa hydrant type RA 65/26A. Pompa ini memiliki total head sebesar 80m Kapasitas @500 USGPM (1900liter/menit), dan power sebesar 45Kw/3Ph/2pole/50Hz.

Maintenance Rotor Pompa Hydrant

Rotor Pompa Hydrant - Fire Hydrant

Pompa hydrant umumnya dapat digunakan hingga 25-30 tahun. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan khusus yang harus rutin dilakukan agar pompa hydrant siap kerja kapanpun dan tidak ada masalah ketika dioperasikan. Perawatan Rotor pompa hydrant yang perlu dilakukan antara lain:

  • Menutup Gate Valve pada pipa pembuangan secara bertahap dan matikan listrik.
  • Menutup manometer dan Vacuum Gouge dari inlet dan outlet. Tambahan; inlet gate valve harus ditutup.
  • Apabila suhu berada di bawah 0 derajat celcius, alirkan air yang tersisa di dalam pompa untuk mencegah pembekuan.
  • Ketika dibiarkan tidak aktif dalam waktu yang cukup lama, putar Rotor pompa secara berkala untuk memastikan mesin pompa mudah di jalankan.
  • Ketika pompa telah berhenti untuk waktu yang lama, bongkar komponen pompa. setelah itu, berikan spare part pompa dengan minyak anti karat- dan kembalikan komponen yang telah di lepas dan simpan di tempat yang aman.

Rotor Pompa Hydrant - Rotor Pump

Recent Posts

Leave a Comment