Valve Hydrant untuk Distribusi Air pada Sistem Hydrant

Valve hydrant merupakan salah satu aksesoris hydrant yang perlu Anda lengkapi. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui fungsinya dan mencari tempat jual valve berkualitas. Jangan khawatir, Bromindo hadir sebagai solusi hydrant Anda!

Apa itu Valve Hydrant?

Valve Hydrant - Distributor Hydrant Valve

Valve hydrant adalah aksesoris hydrant yang serupa dengan keran air. Fungsinya pun sama, yakni merupakan katup pengatur keluarnya media air.

Namun bedanya adalah valve hydrant mengatur keluarnya media air bertekanan. Valve hydrant ini bisa mengatur air bertekanan hingga 10 bar.

Tujuan diaturnya media air tersebut tentunya agar menjaga tekanan air yang keluar pada hydrant pillar. Pasalnya, bila air keluar secara tiba-tiba dengan tekanan yang besar, dapat memicu kerusakan pada jaringan hydrant.

Karena ukurannya yang cukup kecil, Anda perlu berhati-hati dalam merawatnya. Anda bisa menyimpan valve bersama dengan aksesoris hydrant lainnya di dalam hydrant box.

Jenis-Jenis Valve Hydrant

Sudah paham dengan fungsi utama valve? Kini saatnya Anda mengetahui jenis-jenisnya! Valve hydrant hadir dalam berbagai jenis, dengan bentuk dan fungsi yang berbeda.

Adapun jenis-jenis valve adalah sebagai berikut:

1. Gate Valve

Gate Valve

Gate valve adalah tipe katup yang berfungsi untuk membuka aliran air dari hydrant pillar dengan cara mengangkat gerbang penutupnya yang berbentuk bulat atau persegi panjang. Tipe valve ini harus benar-benar terbuka saat digunakan, bila hanya setengah terbuka maka akan terjadi turbulensi pada sistem hydrant.

2. Ball Valve

Ball valve merupakan sebuah katup berbentuk bola dan berfungsi mengatur aliran air. Valve ini juga digunakan umumnya di dunia industri. Pasalnya, valve sangat serbaguna karena dapat menahan tekanan hingga 1000 bar dan suhu hingga 482° F (250° C).

3. Butterfly Valve

Butterfly Valve

Butterfly Valve adalah katup yang berfungsi untuk mengisolasi atau mengatur aliran air. Cara kerjanya mirip dengan ball valve, yang memungkinkan cepat untuk menutup.

Valve jenis ini cukup digemari karena harganya yang lebih terjangkau di banding valve jenis lainnya. Valvenya juga terbilang lebih ringan daripada valve yang lain.

4. Check Valve

Check valve adalah katup yang berfungsi untuk membuat aliran air hanya mengalir ke satu arah saja untuk menghindari terjadinya reversed flow/back flow.

5. Globe Valve

Globe Valve

Globe valve adalah katup yang arah geraknya secara linier dan didesain sebagai penutup dan pembuka aliran, serta mengatur aliran air tersebut.

6. Angle Valve

Seperti halnya globe valve, angle valve juga digunakan pada situasi dimana pengaturan besar kecil aliran diperlukan (throttling).

Valve dan Perlengkapan Hydrant Berkualitas

Sudah menentukan tipe valve idaman Anda? Tentu Anda semakin tak sabar untuk melengkapi hydrant dengan aksesoris satu ini! Pastikan membelinya hanya di Bromindo!

Bromindo merupakan distributor perlengkapan fire system. Kami menjual valve dan perlengkapan hydrant segala merek dan tipe dengan kualitas mumpuni.

Valve Hydrant - Jual Fire Alarm

Selain hydrant, kami juga menjual perlengkapan fire alarm hingga APAR berbagai media. Bahkan, kami juga telah meluncurkan aplikasi Firecek, demi kemudahan pengguna untuk mengontrol kelayakan dan masa berlaku APAR yang dimiliki.

Masih bingung dengan proteksi kebakaran seperti apa yang sesuai untuk Anda? Konsultasikan saja pada kami! Bromindo memiliki tenaga ahli berpengalaman yang siap membantu Anda.

Kami menyediakan jasa konsultasi, instalasi, hingga service fire system. Tunggu apalagi? Yuk, hubungi kami sekarang juga dan dapatkan proteksi kebakaran terbaik!

Valve Ozeki

 

 

 

Recommended Posts

Leave a Comment