Fire Sprinkler Tipe Dry Pipe Sistem

Fire Sprinkler Tipe Dry Pipe Sistem

89 Fire Sprinkler Tipe Dry Pipe SistemFire Sprinkler Tipe Dry Pipe Sistem secara umum digunakan untuk proteksi pemadam kebakaran di daerah yang memiliki suhu dingin seperti di Eropa Utara. Perbedaan yang mendasar antara wet system dan dry system adalah terletak dari media yang digunakan untuk memadamkan api. Jika wet system menggunakan air sebagai media utama dan ada di setiap sistem pemipaan, dry system menggunakan media udara yang terdapat didalam pipa. Sementara air untuk pemadaman terletak di tempat yang memiliki suhu rendah sehingga tidak membeku. Penggunaan Fire Sprinkler Tipe Dry Pipe Sistem di negara – negara Eropa mencegah air tidak membeku didalam pipa, jika menggunakan wet system akan ada air membeku didalam pipa Sehingga system sprinkle tidak dapat berfungsi maksimal bahkan bisa merusakkan jaringan pemipaan system tersebut.

Aliran udara Fire Sprinkler Tipe Dry Pipe Sistem

Fire Sprinkler tipe dry pipe system memberikan delay saat aktuasi pada head sprinkle dan water yang ada di tandon air. Karena saat pertama kali head sprinkle pecah terhadap api atau suhu panas yang keluar pertama kali adalah gas yang ada di dalam pipa, setelah itu alarm akan berbunyi yang menandakan bahwa ada api dan air dari tandor segera mengalir untuk memadamkan di area sprinkle yang pecah tersebut. katup pada dry pipe sistem harus ada pasokan udara yang handal setiap saat. Pasokan udara harus memiliki kapasitas yang cukup untuk mengembalikan tekanan udara normal dalam sistem paling tidak dalam waktu 30 menit. Pasokan udara ini dilakukan oleh kompresor yang terhubung dengan pipa – pipa. Saluran bypass mungkin dipasang antara regulator untuk dapat mengisi aliran dalam pipa jika sedang dilakukan valve reset.

Fire Sprinkler Tipe Dry Pipe Sistem

Kondensat beku adalah masalah utama dalam Fire Sprinkle tipe dry pipe sistem, hal ini banyak terjadi di tempat penyimpanan es / freezer. Ketika udara lembab / panas disalurkan langsung ke riser sprinkle air dapat mengembun dan membeku karena memasuki ruangan dingin. Jika hal ini terjadi dan sewaktu – waktu head sprinkle pecah karena ada kebakaran. Setelah gas keluar air yang ada di tandon tidak dapat mengalir ke titik sprinkle yang pecah karena terhalang oleh es yang ada di pipa tersebut. untuk meminimalkan hal ini cara yang digunakan sesuai dengan NFPA Figure A.7.9.2.4 yaitu mengambil udara dari ruangan freezer tersebut untuk mendapatkan udara yang relatif bebas dari kelembapan, udara kemudian dikeringkan dengan alat khusus dan dialirkan kembali ke pipa di ruangan freezer. untuk dapat mengetahui informasi lebih lanjut tentang fire sprinkle tipe dry pipe sistem atau sistem lainnya. hubungi bromindo di nomor 0888-256-0888 atau email emarketing01@bromindo.com

Leave a Comment