Instalasi Fire Suppression System Pabrik Teh Kepala Djenggot

Pabrik teh Kepala Djenggot menjadi salah satu perusahaan yang mempercayakan PT Bromindo Mekar Mitra sebagai kontraktor untuk mengerjakan instalasi sistem proteksi kebakaran. Jenis sistem proteksi kebakaran yang dipilih oleh  perusahaan bernama PT Gunung Subur Sejahtera ini yaitu fire suppression system.

Instalasi Fire Suppression System di Pabrik Teh Kepala Djenggot

pabrik teh kepala djenggot instalasi fire suppressionFire suppression system menjadi salah satu sistem proteksi kebakaran yang sangat penting untuk sebuah pabrik atau industri. Terutama untuk industri dengan pemakaian peralatan yang harus menyala dan bekerja seharian penuh. Menyadari adanya risiko kebakaran, maka pabrik teh Kepala Djenggot melakukan instalasi fire suppression system. 

Project instalasi fire suppression system oleh PT Bromindo Mekar Mitra ini direncanakan selesai dalam 30 hari. Namun, project ini berhasil diselesaikan hanya dalam kurun waktu 14 hari saja.

Tahapan penting instalasi fire suppression system di pabrik teh Kepala Djenggot, yaitu:

  • Survei lokasi dan mengukur dimensi ruangan yang akan diproteksi
  • Identifikasi aset dan alat-alat penting yang akan diproteksi
  • Membuat detail desain dan proses engineering
  • Proses instalasi dan pemasangan seluruh peralatan
  • Commissioning test fire suppression system

Instalasi fire suppression pabrik teh Kepala Djenggot yang berlokasi di Karanganyar Jawa Tengah ini dibangun untuk memproteksi ruang server. Ruang server yaitu ruangan yang berisi database, perangkat jaringan, aplikasi, dan beberapa perangkat lain yang terkait dengan operasional sistem sehari-hari, seperti AC, UPS, dan CCTV. 

Fire suppression system memang menjadi pilihan sistem proteksi yang tepat untuk ruang server. Pasalnya, sistem ini bisa menggunakan media yang aman untuk peralatan bermuatan listrik, yaitu gas clean agent. Media ini sangat cocok digunakan untuk area yang tidak bisa diproteksi dengan media lain, seperti air.

Jenis media pemadam api yang digunakan pada instalasi fire suppression di pabrik teh Kepala Djenggot ini yaitu HFC-227 yang ramah lingkuman dan aman bagi makhluk hidup. Media HFC-227 fire suppression juga bersifat clean agent yang tidak meninggalkan residu atau tidak berbekas.

Baca juga:

Komponen Instalasi Fire Suppression System Standar Internasional

pabrik teh kepala djenggot fire suppression systemFire suppression system merupakan sistem pendeteksi keberadaan api yang sekaligus bisa memadamkan api secara otomatis. Sistem ini memiliki sebuah detector yang akan mendeteksi kebakaran sedini mungkin. Setelah mendeteksi tanda-tanda kebakaran, maka sistem ini akan mengeluarkan media pemadam api secara otomatis. 

Instalasi fire suppression system terdiri atas berbagai komponen yang saling terintegrasi satu sama lain. Untuk memaksimalkan kinerja fire suppression system yang diinstalasi di pabrik teh Kepala Djenggot, maka Bromindo menggunakan komponen pemadam kebakaran yang berkualitas tinggi.

Salah satu produk komponen instalasi fire suppression system yang digunakan oleh Bromindo adalah Secutron. Bromindo merupakan distributor resmi Secutron di Indonesia. Secutron merupakan produsen detector dan fire alarm berstandar internasional yang bersertifikat UL FM, sehingga tidak diragukan kualitasnya.

Komponen instalasi fire suppression system yang digunakan di PT Gunung Subur Sejahtera antara lain.

1. Gas Clean Agent

pabrik teh kepala djenggot instalasi fire suppression systemAda beberapa jenis media pemadam api yang bisa digunakan pada instalasi fire suppression system, salah satunya gas clean agent. Instalasi fire suppression system di PT Gunung Subur Sejahtera menggunakan GuardALL Gas Suppression System (GFTO) HFC-227 25 kg.

Baca juga:

2. Detector

detector secutron berkualitasKomponen ini berfungsi sebagai alat pendeteksi dini kebakaran. Jenis detector yang digunakan pada project instalasi fire suppression system di pabrik teh Kepala Djenggot ini yaitu Mircom Series 65 2 wire Plug in Thermal Detector 15 MHD-65-135 Secutron, Photoelectric Smoke Detector SD-2WP-LED Secutron.

3. Control Panel

control panel secutronControl panel adalah pusat kontrol yang memonitor, mengatur, serta mengendalikan kinerja dari sistem fire suppression. Perangkat control panel yang digunakan oleh pabrik teh Kepala Djenggot yaitu Control Panel MR2320 Secutron. Jenis panel ini berupa Release Suppression Panel yang merupakan control panel pelepas ganda.

4. Fire Alarm Bell

fire alarm bell secutronJenis peralatan output pada fire suppression system ini berfungsi untuk memberikan peringatan dini kepada penghuni gedung jika ada bahaya kebakaran. Perangkat yang digunakan pada instalasi fire suppression di pabrik teh Kepala Djenggot ini yaitu Fire Alarm Bell Secutron.

5. Suppression System Abort Station

Manual Abort Station SS 2004 SecutronPerangkat ini berfungsi untuk menunda atau membatalkan terjadinya pelepasan media gas pemadam api apabila terjadi kesalahan sistem. Jenis suppression system abort yang digunakan pada project ini yaitu Manual Abort Station SS 2004 Secutron dan Manual Station Conventional MRM-710U w/ Back Box Secutron.

6. Horn Strobe

Horn Strobe SecutronInstalasi fire suppression system pabrik teh Kepala Djenggot menggunakan Horn Strobe Secutron yang bekerja dengan menggabungkan fungsi alarm bell dan indicating lamp. Perangkat ini dapat mengeluarkan bunyi dan indikasi visual untuk memberikan peringatan bahwa sistem alarm telah aktif.

Ingin Melakukan Instalasi Fire Suppression Seperti Pabrik Teh Kepala Djenggot?

pabrik teh kepala djenggot fire suppressionKeberadaan fire suppression system sangat penting karena bisa memproteksi gedung dari bahaya kebakaran. Sistem pemadam kebakaran otomatis ini cocok digunakan untuk memproteksi ruang server, ruang panel listrik, ruang produksi, dll. 

Jika ingin memiliki fire suppression system seperti pabrik teh Kepala Djenggot, pastikan kamu pilih PT Bromindo Mekar Mitra. Kami merupakan kontraktor fire system yang telah mendapatkan kepercayaan dari perusahaan berskala nasional maupun internasional.

Bromindo telah berhasil menyelesaikan berbagai proyek instalasi sistem pemadam kebakaran. Bukan hanya di Pulau Jawa saja, layanan kami juga sudah mendapatkan kepercayaan dari luar Jawa. 

Kamu bisa cek portofolio proyek yang sudah kami kerjakan di sini.

Kenapa harus mempercayakan instalasi sistem pemadam kebakaran kepada Bromindo?

Alasannya karena Bromindo memiliki teknisi yang profesional dan berpengalaman. Dalam proses pengerjaan proyek, teknisi Bromindo selalu mengedepankan standar NFPA. Selain itu, kami juga selalu menggunakan produk atau material yang berkualitas standar internasional.

Tunggu apa lagi? Segera lakukan instalasi fire suppression system seperti pabrik teh Kepala Djenggot bersama PT Bromindo Mekar Mitra. Kami juga melayani instalasi sistem pemadam kebakaran lainnya, seperti fire alarm dan fire hydrant. Untuk konsultasi, hubungi kami di sini.

Recommended Posts

Leave a Comment

0