Training Alat Pemadam Api Ringan PT Fukuryo Indonesia

Training Alat Pemadam Api Ringan PT Fukuryo Indonesia

PT Fukuryo Indonesia yang berada di JL Lingkar taman A3 BSB Semarang melakukan Training Alat Pemadam Api Ringan pada hari sabtu, tanggal 21 Juni 2014 bekerja sama dengan tim Bromindo. Training kali ini dilakukan secara outdoor pada halaman luar PT Fukuryo Indonesia yang dimulai pada pukul 09.00 WIB. Bapak Abdul Jalil sebagai perwakilan dari Bromindo memberikan materi dasar mengenai klasifikasi kebakaran, media pemadam kebakaran, tata cara menggunakan alat pemadam api ringan (Apar), dan praktek lapangan kepada sedikitnya 20 karyawan PT Fukuryo Indonesia. Training ini gratis diberikan kepada perusahaan yang melakukan transaksi pembelian atau isi ulang alat pemadam oleh Bromindo dengan jumlah tertentu. setelah training selesai, alat pemadam api yang digunakan untuk latihan langsung direfill oleh teknisi Bromindo di tempat sehingga bisa dimanfaatkan langsung jika dibutuhkan.

Manfaat Training Alat Pemadam Api Ringan PT Fukuryo Indonesia

dari training yang dilakukan tersebut, karyawan PT Fukuryo Indonesia akan mendapatkan manfaat antara lain mengetahui materi dasar klasifikasi kebakaran, media yang bisa digunakan untuk pemadam kebakaran, serta cara penggunaan alat pemadam api ringan. sehingga, jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di tempat tersebut, karyawan dapat mengambil tindakan untuk segera memadamkan kebakaran menggunakan alat pemadam api ringan yang ada. menurut materi yang diberikan Bapak Abdul Jalil, alat pemadam api ringan harus digunakan sesuai dengan jenis kebakaran yang terjadi. misalnya jika kebakaran terjadi di rangkaian elektrik maka tidak cocok dipadamkan menggunakan alat pemadam yang menggunakan media air atau foam, karena sifatnya yang konduktor sehingga berpotensi membahayakan petugas karena dapat menghantarkan listrik. Alat pemadam api ringan yang baik ditempatkan paling tidak 1 meter di atas tanah, agar mudah diambil untuk memadamkan api.

Manfaat Training Alat Pemadam Api Ringan PT Fukuryo Indonesia

Tindakan yang dilakukan saat terjadi kebakaran kecil (kurang dari 3 menit) maka karyawan bisa mengambil alat pemadam api ringan yang tergantung di dinding, memanggul di pundak dan berlari mendekat ke arah api, jarak wajar antara 3-4 meter karena tekanan dari dalam alat pemadam api ringan kurang lebih 13bar sudah mampu mengarahkan media sampai pada jarak 5 meter. setelah dekat dengan titik api, petugas meletakkan alat pemadam api ringan ke tanah, melepas kunci slot, memegang nozzle dan diarahkan ke titik api, serta menekan tuas agar media dapat keluar untuk memadamkan api. secara keseluruhan training Alat Pemadam Api Ringan PT Fukuryo Indonesia pada hari sabtu kemarin dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Leave a Comment