Alat Pemadam Kebakaran di Gedung Bertingkat Lengkap Standar NFPA

Alat pemadam kebakaran di gedung bertingkat tentu harus tersedia secara lengkap. Hal ini mengingat bahwa gedung bertingkat biasanya menyimpan aset-aset berharga, sehingga harus diproteksi dari ancaman kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Apalagi, gedung bertingkat memiliki risiko kebakaran yang tinggi.

Jenis Alat Pemadam Kebakaran di Gedung Bertingkat

Gedung bertingkat memiliki risiko yang tinggi terhadap terjadinya kebakaran. Oleh karena itu, setiap gedung bertingkat harus dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran yang lengkap dan sesuai standar. Apa saja jenis alat pemadam kebakaran di gedung bertingkat? Inilah alat-alat pemadam kebakaran di gedung bertingkat.

Fire Hydrant System

alat pemadam kebakaran di gedung sertifikasi ul fmFire hydrant system merupakan serangkatan alat pemadam kebakaran yang paling standar digunakan di gedung bertingkat. Alat pemadam kebakaran ini berupa sistem pemasok air untuk sistem proteksi kebakaran. Fire hydrant digunakan apabila kebakaran tidak bisa diatasi atau dipadamkan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Instalasi fire hydrant terdiri atas berbagai komponen yang saling terintegrasi satu sama lain. Setiap komponen  fire hydrant memegang peran penting bagi berlangsungnya kinerja dari alat pemadam kebakaran ini. Beberapa komponen utama dalam fire hydrant system diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Water Reservoir
    Alat pemadam kebakaran gedung dilengkapi dengan water reservoir atau ground tank merupakan tempat penyimpanan pasokan air untuk sistem hydrant. Komponen ini berbentuk seperti sebuah tanki yang letaknya berada di bawah maupun di atas tanah.
  • Hydrant Pump
    Hydrant pump merupakan komponen berupa pompa dalam instalasi fire hydrant. Pompa hydrant berfungsi untuk memompa pasokan air dari water reservoir menuju ke jaringan hydrant dan pipa distribusi untuk kemudian dikeluarkan melalui hydrant pillar.
  • Hydrant Pillar
    Hydrant pillar merupakan komponen output pada rangkaian sistem fire hydrant. Alat inilah yang nantinya dihubungkan dengan fire hose atau selang pemadam kebakaran untuk menjangkau titik api kebakaran. Komponen ini biasanya terletak di luar area gedung yang strategis dan mudah terlihat.
  • Hydrant Box
    Komponen ini berupa sebuah kotak yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan yang dibutuhkan dalam pemadaman kebakaran. Beberapa alat yang terdapat dalam hydrant box antara lain fire hose, nozzle, valve, dan hose rack. Hydrant box diletakkan tidak jauh dari hydrant pillar.

Fire Sprinkler System

alat pemadam kebakaran di gedung bertingkat standar nfpaSistem pemadam kebakaran gedung juga harus dilengkapi dengan fire sprinkler system. Alat pemadam kebakaran di gedung ini bekerja dengan mendeteksi adanya kebakaran sejak dini. Fire sprinkler akan langsung bekeja secara otomatis ketika suhu di dalam ruangan mengalami peningkatan akibat kebakaran.

Salah satu komponen pada fire sprinkler system adalah head sprinkler. Alat pemadam kebakaran gedung ini secara otomatis akan mengeluarkan air apabila mendeteksi suhu ruangan yang mengalami kenaikan hingga 68 ⁰C. Banyak sedikitnya air yang keluar dari sprinkler system tergantung dari besar kecilnya api pada ruangan tersebut.

Alat pemadam kebakaran gedung ini juga terhubung langsung dengan fire alarm system. Alarm akan berbunyi secara otomatis saat terdeteksi adanya kebakaran. Karena memiliki kemampuan untuk mendeteksi perubahan suhu secara otomatis, maka alat pemadam kebakaran ini sangat bisa diandalkan untuk mencegah kebakaran besar.

Fire Extinguisher System

APAR PowderBerbeda dengan dua jenis alat pemadam kebakaran gedung sebelumnya yang dapat bekerja otomatis, fire extinguisher merupakan alat pemadam api yang hanya bisa digunakan secara manual. Meski begitu, bukan berarti alat pemadam kebakarna gedung ini tidak efektif dalam menjalankan fungsinya.

Disebut juga sebagai alat pemadam api ringan (APAR), fire extinguisher ini berbentuk tabung yang dilengkapi dengan selang kebakaran. Tabung APAR berisi media yang berguna untuk memadamkan api dengan cepat. Beberapa media alat pemadam api ringan diantaranya adalah sebagai berikut:

Meskipun gedung bertingkat sudah diinstalasi dengan fire hydrant system dan fire sprinkler system, namun APAR tetap dibutuhkan. Alat pemadam api ini sangat bisa diandalkan pada situasi darurat, misalnya saat beberapa alat pemadam api otomatis tidak dapat memadamkan api secara menyeluruh karena api berada di luar jangkauan.

Percayakan Instalasi Alat Pemadam Kebakaran Pada Ahlinya!

alat pemadam kebakaran di gedung sertifikasi UL FLMSistem pemadam kebakaran gedung hanya dapat bekerja dengan optimal jika dirancang dan diinstalasi secara tepat. Artinya, instalasi alat pemadam kebakaran gedung tidak boleh dilakukan sembarangan. Oleh karena itu, pastikan kamu mempercayakan kebutuhan instalasi alat pemadam kebakaran kepada ahlinya.

PT Bromindo Mekar Mitra adalah solusi tepat bagi kamu yang ingin mengadakan instalasi alat pemadam kebakaran gedung. Kami melayani jasa konsultan, kontraktor, distributor, service, hingga perawatan alat pemadam kebakaran yang meliputi fire hydrant, fire extinguisher, dan fire alarm.

Dengan didukung oleh teknisi ahli yang profesional dan berpengalaman, maka kualitas layanan yang kami berikan tidak perlu kamu ragukan. Kami juga menghadirkan produk yang telah lulus uji sertifikasi internasional, yaitu UL dan FM. Produk alat pemadma kebakaran yang kami gunakan juga sudah sesuai dengan standar NFPA.

Bromindo merupakan solusi cerdas untuk melindungi bisnis dan investasi kamu dari bahaya kebakaran. Segera hubungi kami untuk konsultasi terkait alat pemadam kebakaran yang kamu butuhkan. Kami siap membantu kamu untuk menemukan solusi terbaik terkait proteksi aset-aset berharga dari kebakaran.

Recommended Posts

Leave a Comment

0