APAR untuk Listrik Apa Saja & Bagaimana Cara Pemadamannya?

APAR untuk Listrik Apa Saja? dan Bagaimana Cara Pemadamannya?

APAR untuk listrik harus Anda persiapkan untuk menghadapi jika suatu saat terjadi kebakaran. Dalam memadamkan kebakaran yang disebabkan karena korsleting listrik tidak bisa sembarangan. Mengingat didalamnya terdapat unsur elektrikal yang harus Anda perhitungkan agar tidak memperparah keadaan.

Maka dari itu, Anda harus memilih media alat pemadam kebakaran yang tepat. Sebelum membahas lebih detail, kita bahas terlebih dahulu tentang potensi dan hal-hal yang menyebabkan terjadinya kebakaran.

apar untuk listrik panel

Mengenali Potensi Kebakaran dan APAR untuk Listrik

Seperti yang kita tahu bahwa, sekian banyak kasus kebakaran di Indonesia bahkan dunia, yang sering menjadi penyebab utama adalah karena listrik. Ada beberapa penyebab yang sering terjadi, seperti terjadinya korsleting, arus pendek listrik, dan terjadi kerusakan/malfungsi pada komponen yang terdapat arus listrik didalamnya. 

Jika berbicara tentang kelas kebakaran, tipe kebakaran yang disebabkan karena electrical problem ini dikategorikan dalam kelas kebakaran C. Nah, untuk mengatasi kebakaran kelas C, APAR yang harus Anda pilih pun tidak boleh sembarangan. Anda harus menggunakan APAR untuk listrik sesuai dengan standar yang berlaku.

Apa yang akan terjadi jika salah menggunakan APAR? Tentu akan menyebabkan kebakaran semakin membahayakan.

Loh, kok bisa? Misalkan, nih! Sedang terjadi kebakaran kelas C di sebuah instalasi panel listrik dan ditangani dengan cara pemadaman kelas B. Bukannya api padam, justru akan membuat arus pendek listrik/korsleting menjadi semakin parah dan membahayakan orang-orang yang ada di sekitar panel.

Belum mengenal kelas-kelas kebakaran?

Baca: Klasifikasi Kelas Kebakaran di Indonesia

APAR untuk Listrik Seperti Apa yang Harus Dipilih untuk Proteksi Bisnis?

Pada kasus seperti ini, Anda harus benar-benar tepat dalam memilih APAR untuk listrik. Lalu, APAR yang cocok untuk memadamkan api dari korsleting listrik apa saja? Berikut beberapa APAR yang direkomendasikan untuk instansi maupun perusahaan guna memadamkan kebakaran yang terjadi karena listrik.

1. APAR CO2/Karbon Dioksida

APAR untuk Listrik Apa Saja?

APAR jenis ini menjadi pilihan paling populer untuk memadamkan api kelas kebakaran C, terutama di ruang panel listrik. Mengapa bisa sepopuler itu? Karena APAR untuk listrik ini memiliki sifat non-konduktor dan tidak meninggalkan residu/bekas. Jadi, akan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya dalam memadamkan kebakaran.

2. APAR Liquid Gas

apar untuk liquid gas

Liquid Gas menjadi salah satu media alat pemadam api yang ramah lingkungan. Tabung APAR berisikan campuran bahan kimia untuk menggantikan media Gas Halon. Tentu itu akan lebih efektif dan efisien dalam hal memadamkan kebakaran kelas C.

Jenis apar untuk listrik ini juga tidak meninggalkan residu dan tidak beracun maupun berbahaya untuk manusia/hewan. Jadi, Anda tak perlu khawatir ketika menggunakan tipe APAR untuk listrik ini.

Misalkan Anda tertarik dan ingin membeli APAR jenis clean agent liquid gas, bisa hubungi tim sales Bromindo, ya! Dapatkan penawaran harga terbaik dari Bromindo sekarang juga.

Lalu, Jenis APAR Seperti Apa yang Cocok untuk Proteksi Rumah maupun UMKM?

apar untuk listrik powderJika ingin memproteksi rumah maupun tempat usaha UMKM, Anda bisa gunakan APAR powder. Biasa juga dikenal dengan APAR ABC ini memiliki kegunaan yang cukup luas. Dikarenakan bisa digunakan di kelas kebakaran A dan B, dan juga kelas kebakaran C. APAR jenis ini juga menjadi alternatif bagi Anda, karena harga jual APAR powder lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kedua jenis APAR di atas.

Alat pemadam api yang memiliki media powder ini menjadi salah satu tipe APAR yang cocok untuk listrik. Namun, setelah alat ini digunakan akan meninggalkan residu atau bekas. Jadi, setelah memadamkan api, Anda harus langsung membersihkan lantai maupun benda-benda yang terkena residu untuk menghindari korosif.

Cara Memadamkan Kebakaran yang Disebabkan karena Listrik

Disaat terjadi kebakaran yang disebabkan karena listrik, jangan panik dan hindari melakukan pemadaman menggunakan air! Agar korsleting tidak menjadi semakin parah. Nah, coba Anda simak beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama, Anda matikan terlebih dahulu sumber daya pada sistem kelistrikan.
  • Kemudian Anda bisa gunakan APAR untuk listrik, seperti yang sudah dituliskan di atas.
  • Semprotkan ke arah sumber api secara merata hingga api benar-benar padam.

Lalu, dimana tempat untuk membeli APAR untuk kebakaran kelas C? Tenang, Anda bisa membelinya di Bromindo, distributor alat pemadam kebakaran terpercaya di Indonesia. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, karena kamu selalu memberikan yang terbaik kepada customer. Jika Anda tertarik untuk membeli APAR untuk listrik, bisa hubungi kami sekarang!

Recommended Posts

Leave a Comment

0