Bengkel Mobil Terbakar di Pekanbaru, Begini Penyebab dan Solusinya

Bengkel Mobil Terbakar di Pekanbaru, Begini Penyebab dan Solusinya

Sebuah bengkel mobil di Pekanbaru ludes terbakar pada 1 Juni 2022 sekitar pukul 13.00 WIB. Peristiwa ini tepatnya terjadi di Jalan Imam Munandar, Harapan Raya, Kelurahan Tangkerang Selatan. Kebakaran bengkel mobil di Pekanbaru ini membuat masyarakat panik karena api membesar hingga melahap seluruh bangunan berlantai tiga tersebut.

Penyebab dan Kronologi Terjadinya Kebakaran

Saksi mata yang melihat kejadian kebakaran bengkel mobil mengatakan bahwa api berasal dari lantai satu bangunan bengkel mobil tersebut. Tidak butuh waktu lama, api dengan cepat langsung menjalar ke lantai atas bangunan. Warga yang melihat kejadian langsung berteriak untuk memanggil warga lainnya dan berusaha membantu memadamkan api.

Tidak lama setelahnya, petugas akhirnya datang dengan mengerahkan 5 unit mobil pemadam kebakaran. Nur Mukhlis, Komandan Regu Pemadam Kebakaran Pekanbaru mengatakan bahwa api berasal dari korsleting listrik pada mobil pick up yang ada di dalam bengkel tersebut.

Api selanjutnya menyambar bensin dan membakar lantai satu gedung yang dipenuhi oleh ban mobil tersebut. Setelah 1 jam, api akhirnya bisa dipadamkam. Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran yang menghanguskan gedung tiga lantai tersebut. Namun, kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Peristiwa yang hampir sama dengan kebakaran bengkel mobil di Pekanbaru juga pernah terjadi di Kudus, tepatnya di Istana Ban Kudus. Kebakaran menyebabkan gudang penyimpanan ban tiga lantai ini ludes terbakar. Terdapat sekitar 2000 ban terbakar yang membuat pemilik mengalami kerugian hampir Rp2,5 milyar.

Ini Alasan Kenapa Bengkel Mobil Berpotensi Mengalami Kebakaran

kebakaran bengkel mobil pekanbaruBengkel mobil menjadi salah satu tempat yang rawan mengalami kebakaran. Alasannya karena di dalam bengkel mobil biasanya ada banyak benda padat mudah terbakar, seperti karet dan plastik. Ini berarti bahwa bengkel mobil termasuk dalam klasifikasi kebakaran kelas A.

Selain itu, di bengkel mobil juga banyak benda cair yang mudah terbakar. Mulai dari bensin, minyak, hingga oli. Artinya, bengkel mobil juga merupakan tempat yang berpotensi mengalami kebakaran kelas B. Kebakaran kelas B sendiri merupakan klasifikasi kebakaran yang penyebabnya adalah bahan-bahan cair mudah terbakar.

Selain itu, bengkel mobil juga termasuk sebagai tempat yang berpotensi mengalami kebakaran kelas C. Penyebab kebakaran pada kelas C adalah masalah instalasi daya listrik dan komponen elektronik. Banyak aktivitas di bengkel mobil yang menggunakan listrik. Hal ini dapat memicu terjadinya masalah korsleting atau arus pendek listrik dan masalah instalasi listrik lainnya.

Terjadinya korsleting listrik akan menimbulkan percikan api yang dapat membakar benda-benda di sekitarnya. Belum lagi, mobil yang ditangani oleh bengkel mobil juga rentan mengalami masalah yang memicu terjadinya kebakaran. Baik karena terjadinya korsleting, overheat pada mesin, tumpahan bahan bakar, atau masalah lainnya. Hal inilah yang menjadi penyebab bengkel mobil terbakar di Pekanbaru, yaitu akibat korsleting listrik pada mobil.

Itulah beberapa alasan yang menyebabkan kenapa bengkel mobil berpotensi mengalami kebakaran. Oleh karena itu, setiap bengkel mobil harus dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran yang memadai agar dapat mengatasi kebakaran yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Cara Proteksi Mobil dari Bahaya Kebakaran

apar mobil standar nfpaMelihat kronologi kebakaran bengkel mobil di Pekanbaru yang berawal dari korsleting listrik pada mobil, tentu ada pelajaran yang bisa kita ambil. Salah satunya adalah pentingnya menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam mobil. Keberadaan APAR akan sangat membantu memadamkan api pada saat kebakaran baru saja terjadi.

Meningkatnya potensi kebakaran di dalam mobil membuat pemerintah Indonesia menetapkan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat No: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang kewajiban penyediaan APAR di dalam mobil. Tujuannya untuk meminimalisir kebakaran pada mobil cepat meluas, sehingga meminimalisir adanya kerugian materi serta korban jiwa.

apar mobil 0,5 kg firefix

Setiap pemilik mobil disarankan untuk menyediakan APAR sebagai proteksi pertama terjadinya kebakaran.  Jenis APAR yang paling cocok sebagai proteksi mobil adalah APAR dengan media powder. Sebab, APAR dry chemical powder sangat efektif untuk mengatasi hampir semua kelas kebakaran, yaitu kelas A, B, dan C.

Media dry chemical powder akan dengan cepat menutup titik api sekaligus memadamkannya. Powder juga dapat mencegah titik api meluas ke benda-benda di sekitarnya. Sebagai alat proteksi mobil, Anda bisa menggunakan APAR Powder 0,5 kg Firefix atau APAR Powder 1 kg Firefix karena ukurannya kecil, sehingga lebih ringkas.

Solusi Proteksi Kebakaran Terbaik untuk Bengkel Mobil

bengkel mobil terbakar di pekanbaru riauPeristiwa terbakarnya bengkel mobil di Pekanbaru tentu membuat kita sadar akan pentingnya memiliki alat proteksi kebakaran. Terutama di tempat usaha yang terdapat banyak aset berharga. Untuk memberikan proteksi pada awal terjadinya kebakaran, maka penyediaan APAR di bengkel mobil sangat diharuskan.

Bengkel mobil termasuk dalam klasifikasi kelas kebakaran A, B, dan C. Hal ini karena di dalam bengkel mobil terdapat benda-benda seperti plastik, karet, cat, oli, bensin, serta perlengkapan bermuatan listrik. Untuk itu, sebaiknya proteksi bengkel Anda menggunakan alat pemadam api media powder yang sangat ideal untuk memberikan proteksi pada semua kelas kebakaran.

Nah, salah satu produk APAR Powder yang paling cocok untuk melengkapi proteksi bengkel Anda adalah APAR Powder 3 Kg Firefix, APAR Powder 4,5 kg Firefix, APAR Powder 6 kg Firefix atau ukuran lain sesuai kebutuhan. Sementara untuk jumlah APAR yang harus disediakan, bisa Anda sesuaikan dengan luas bengkel tersebut.

Pemasangan fire alarm pada bengkel juga sangat penting untuk mendeteksi asap pada saat kebakaran baru dimulai. Dengan adanya fire alarm yang mampu mengidentifikasi potensi kebakaran, petugas jaga bisa segera melakukan pemadaman dan langsung memanggil DAMKAR untuk meminta bantuan.

Menginstalasi fire sprinkler system juga menjadi pilihan tepat untuk bengkel mobil yang memiliki area luas dengan nilai aset yang tinggi. Saat terjadi kebakaran, temperatur udara di dalam ruangan otomatis akan meningkat. Fire sprinkler dilengkapi dengan glass bulb yang berisi air raksa. Ketika suhu ruangan mencapai 68 °C, glass bulb tersebut akan pecah. Pada saat inilah, fire sprinkler akan mengeluarkan air secara otomatis pada area yang diproteksi.

Sistem proteksi kebakaran hanya bisa bekerja optimal jika dikerjakan oleh tim ahli yang berpengalaman. Oleh karena itu, pastikan Anda mempercayakan kebutuhan sistem proteksi kebakaran kepada PT Bromindo Mekar Mitra. Bromindo merupakan kontraktor alat pemadam kebakaran berstandar NFPA dan bersertifikasi UL FM. Segera hubungi kontak kami agar kejadian kebakaran bengkel mobil di Pekanbaru tidak menimpa Anda.

Recommended Posts

Leave a Comment

0