Standar Penempatan APAR yang Harus Anda Tahu

Standar penempatan APAR harus diperhatikan dengan baik, hal ini ditujukan supaya APAR mudah diakses dan terlindung dari potensi-potensi yang dapat merusak APAR. Lalu bagaimana standar penempatan APAR yang baik? Yuk simak detail-detailnya yang sudah dirangkum dari Permenakertrans tentang APAR.

Detail-detail Standar Penempatan APAR

Ada beberapa hal yang harus dicermati oleh pemilik APAR sebelum menempatkan APAR, yaitu pemilihan tempat APAR, posisi penempatan APAR yang ideal dan pemberian tanda APAR dengan detail sebagai berikut:

  • APAR harus diletakan pada area yang tidak terhalang benda-benda lain dan mudah diakses.
  • Tempatkan atau pasang APAR pada dinding dengan jarak 125 cm dari atas lantai atau minimal 15 cm dari atas lantai.
  • Jangan lupa pasang tanda APAR di atas APAR ketika sudah dipasang.
  • Jarak APAR satu dengan lainnya adalah 15 meter, namun bisa dirubah dan diatur ulang sesuai saran dari pakar K3.

Standar PenempatanAPAR Ini Detailnya

Dengan detail standar penempatan APAR di atas, diharap APAR bisa dengan mudah ditemukan pada saat kebakaran terjadi dan tidak rusak karena salah metode penyimpanannya.

Standar Penempatan APAR Outdoor dengan Box APAR

Selain mengikuti keempat detail pemasangan APAR di atas, jika APAR diletakkan di luar ruangan atau outdoor diharuskan untuk menyimpannya di dalam box APAR. Box APAR di sini berfungsi untuk melindungi APAR dari paparan cuaca ekstrem secara langsung.

Standar Penempatan APAR Outdoor dengan Box APAR

APAR yang terpapar cuaca ekstrem terus menerus akan mendapat efek buruk. Hal tersebut dapat mengakibatkan komponen APAR terutama tabung APAR mengalami korosif. Selain itu, media dalam APAR juga bisa rusak karena terkena cuaca ekstrem. Box APAR selain menghindarkan APAR dari paparan cuaca ekstrem, juga akan menghindarkan APAR dari pencurian atau vandalisme, maka dari itu penggunaan box APAR sangat penting.

Standar Penempatan APAR dan Pengecekan APAR Berkala Sama Pentingnya

Setelah APAR ditempatkan dengan baik dan benar sesuai dengan standar penempatan APAR, jangan lalai untuk selalu melakukan pengecekan berkala. Dewasa ini pengecekan APAR berkala bisa Anda lakukan lebih mudah dengan bantuan aplikasi APAR dari Bromindo.

Aplikasi APAR ini memiliki fitur schedule yang akan membantu Anda menjadwalkan pengecekan APAR. Selain itu, aplikasi APAR ini juga akan mengingatkan jadwal-jadwal pengecekan APAR Anda melalui notifikasi yang akan keluar di smartphone Anda.

Tidak hanya itu, informasi APAR dan juga hasil pengecekan juga akan terekam secara lengkap dan aman di dalam aplikasi APAR Bromindo. Dan yang paling menguntungkan adalah, Anda dapat menyimpan banyak data APAR sebanyak yang Anda miliki dan dapat mengecek data tersebut kapanpun dan dimanapun, sangat ringkas bukan?

Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi APAR ini, Anda bisa segera menghubungi tim kami. Dengan senang hati kami akan memberikan pada Anda pengalaman baru memanage APAR secara digital.

Standar Penempatan APAR Sama Pentingnya dengan Inspeksi APAR

Recommended Posts

Leave a Comment