Siamese Fire Department Connection

Siamese cennection atau splitter dalam system instalasi fire hydrant adalah sebuah fitting pipa yang memungkinkan dua atau lebih selang fire hose terhubung ke satu pipa tegak di tempat yang sama. Peletakan siamese connection berada di luar gedung, pabrik, pusat pertokoan, rumah sakit, gudang dan sebagainya. Fungsi dari alat ini adalah untuk menyuplai air dari mobil pemadam kebakaran ke hydrant jika sewaktu-waktu air dalam tandon penampungan habis atau kerja pompa pada system instalasi fire hydrant tidak optimal. Untuk selanjutnya air tersebut dapat dipancarkan untuk menanggulangi kebakaran melalui system springkle yang dipasang atau melalui box hydrant indoor yang ada di dalam gedung. Jumlah siamese connection yang dipasang, disesuaikan dengan kebutuhan serta luas gedung tersebut.Siamese Fire Department Connection
Tidak seperti komponen dalam system instalasi fire hydrant lainnya, Siamese connection ini tidak diatur dalam Standart yang baku. Seperti dalam SNI 03-1745-2000 tentang (Tata cara perencanaan dan pemasangan sistem pipa tegak dan slang untuk pencegahan bahaya kebakaran pada bangunan gedung) SNI 03-6570-2001 (Instalasi Pompa Yang Dipasang Tetap Untuk Proteksi Kebakaran) atau badan standarisasi Internasional seperti NFPA 14 (Standart untuk instalasi pipa tegak dan system selang). Sehingga pemasangan dan penentuan dimensi siamese connection tergantung pada luas gedung serta jarak siamese connection tersebut.
Persamaan yang digunakan adalah persamaan debit yang ada pada instalasi fire hydrant gedung serta daya pompa air yang ada pada mobil pemadam kebakaran yang akan mengalirkan air ke instalasi fire hydrant melalui siamese connection. Secara umum, semakin kecil ukuran dimensi siamese connection maka kecepatan dari aliran akan semakin besar. Tentunya hal yang berpengaruh pada proses mengalirkan air melalui siamese connection ini adalah kapasitas air dalam mobil pemadam kebakaran itu sendiri.
Jadi penggunaan siamese connection tidak semudah yang dibayangkan. jangan sampai kapasitas air yang telah disuply oleh mobil pemadam kebakaran hanya bertahan sementara dan hasil dari pancaran melalui sprinkle atau nozzle yang ada di dalam gedung tidak merata dan maksimal. Karena pancaran ini membutuhkan tekanan dari pompa yang ada pada system instalasi fire hydrant seperti jockey pump, dan main pump. Jika kedua pompa ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka pengaliran air melalui siamese connection akan percuma.Untuk itu perlu dilakukan inspeksi berkala untuk maintenance fire hydrant agar jika ada kerusakan dapat segera ditanggulangi. Bromindo siap menjadi partner sebagai konsultan maupun kontraktor dalam menangani setiap masalah instalasi fire hydrant di seluruh Indonesia. Hubungi kami sekarang juga.

Leave a Comment